Pembelajaran FPB Dan KPK Menggunakan Problem Based Learning Berbantuan Media Dakota Kelas IV SDN Sukun 3 Malang
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v3i1.578Keywords:
Problem Based Learning, Dakota, Lesson Study, FPB and KPKAbstract
This paper aims to describe the application of the Dakota assisted Problem Based Learning to FPB and KPK material in class IV. This activity is carried out in the form of Lesson Study covering three stages, namely: Plan, Do, See. The Plan, phase is carried out with discussion and review of the Learning Implementation Plan (RPP). The Do, phase is conducted by the model teacher learning observed by the observer. Stage See, is carried out a reflection to study the implementation of learning conducted by the model teacher. This study was held for students of class IVB elementari school Sukun 3 Malang, who numbered 35 students. Collection through observation, interviews and documentation. The results of this learning show that by applying the model of problem-based learning assisted by Dakota, students can solve the problems given by the teacher and can also understand the concepts of FPB and KPK, thus making students more active in the learning process.
Tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model Problem Based Learning berbantuan media Dakota pada materi FPB dan KPK di kelas IV. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk Lesson Study mencakup tiga tahap yaitu Plan, Do, See. Tahap Plan dilakukan dengan diskusi dan mengkaji Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Tahap Do dilakukan pembelajaran oleh guru model yang diamati oleh observer. Tahap See dilakukan refleksi untuk mengkaji pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru model. Pembelaran ini dilaksanakan pada siswa kelas IVB SDN Sukun 3 Malang, yang berjumlah 35 siswa. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil pembelajaran ini menunjukkan bahwa dengan penerapan model problem based learning berbantuan media Dakota adalah siswa dapat menyelesaikan masalah yang diberikan oleh guru dan juga dapat memahami konsep FPB dan KPK, sehingga menjadikan siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran.
References
Memuat sumber-sumber yang dirujuk dan minimal 80 Akcay, B. 2009. Problem-Based Learning in Science Education. Journal of Turkish Science Education. 6 (1), hlm 26-36.
Arends, R. I. 2012. Learning to Tech Ninth Edition. Newyork: Megraw-Hill
Arsyad, A. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Barell, J. 2007. Problem-Based Learning An Inquiry Approach. United States of America: Corwin Press
Bryan, L. H. & Virginia T. 2011. A Re-Examination of the Argument Against Problem – Based Learning in the Classroom. Journal of Research in Education, 21 (2)
Fernandez, C. & Yoshida, M. 2004. Lesson study: A Japanese Approach to Improving Mathematics Teaching and Learning. London: Lawrence Erlbaum Associates.
Hendayana, S. 2009. Lesson Study Suatu Strategi Untuk Meningkatkan keprofesionalan Pendidik. Bandung: FPMIPA UPI dan JICA
Kumullah, R., Djatmika, E. R., & Yuliati, L. 2018. Kemampuan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Siswa dengan Problem Based Learning pada Materi Sifat Cahaya. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 3 (12). 1583-1586
Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.
Mustofa, Z., Susilo, H., & Muhdhar, M. H. I. A. 2016. Penerapan Model Pembelajara Problem Based Learning Melalui Pendekatan Kontekstual Berbasis Lesson Study Untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMA. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 1 (5). 885-889.
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Shoimin, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. A-Ruzz Media: Yogyakarta
Susilana, R., & Riyana, C. 2012. Media Pembelajaran. Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.
Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. PT Remaja Rosda Karya: Bandung
Syafik, A.,& Siti Khanifah. 2009. Pembelajaran FPB Dan KPK Dengan Dan Tanpa Alat Peraga Pada Siswa Kelas V SD Negeri Blengorkulon Kecamatan Ambal Kabupaten Kebumen Tahun Pelajaran 2008/2009. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.