Memahami dan Mengukur Kecerdasan Logis Matematis: Sebuah Telaah Pustaka
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v3i2.742Keywords:
Influence, Logical-Mathematical Intelligence, Profile, Relationship.Abstract
References
Akhmad, M. W. (2019). Pengaruh Kecerdasan Logis-Matematis dan Kecerdasan Spasial-Visual terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Geometri Siswa Kelas IV di MI Darul Ulum Kota Batu. UIN Maulana Malik Ibrahim.
Ananingsih, S. (2016). Pengaruh Kecerdasan Matematis-Logis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Materi Luas Bangun Datar Kelas V di SD Muhammadiyah 09 Malang. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.
Anjani, A. D. (2017). Hubungan Kecerdasan Logis-Matematis Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Kontekstual Matematika Peserta Didik Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. UIN Mataram.
Armstrong, T. (2014). You’re Smarter Than You Think : A Kid’s Guide to Multiple Intelligences (Revised an.). Free Spirit Publishing. Retrieved from http://gen.lib.rus.ec/book/index.php?md5=CEE16B79E4BA37A7280D9D24AE650C69
Arum, D. P., Kusmayadi, T. A., & Pramudya, I. (2018). Students’ logical-mathematical intelligence profile. Journal of Physics: Conf. Series, 1008(012071), 0–8.
Budiyanto, R., Yohanie, D. D., & Widodo, S. (2018). Pengaruh Kecerdasan Logis-Matematis terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Penyelesaian Soal Cerita Materi SPLDV. Simki-Techsain, 2(10), 1–8.
Budrina, E. G. (2017). Gender Characteristics of Intelligence and Academic Achievement of Younger Schoolchildren. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 237(June 2016), 1390–1397. The Author(s). Retrieved from http://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2017.02.201
Esmaeili, F., Behnam, B., & Esmaeili, K. (2014a). A Study of Relationship between Multiple Intelligences and Writing Ability of Iranian Female and Male Students. Mediterranean Journal of Social Sciences, (September 2014).
Esmaeili, F., Behnam, B., & Esmaeili, K. (2014b). A Study of Relationship between Multiple Intelligences and Writing Ability of Iranian Female and Male Students. Mediterranean Journal of Social Sciences, 5(September 2014), 2663.
Fauzi, & Monawati. (2018). Hubungan Antara Kecerdasan Logis Matematis dan Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Pagar Air Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Pesona Dasar, 6(1), 1689–1699.
Fauziah, K. R., Nurhayati, & Arsyad, M. (2015). Analisis Hubungan Antara Kecerdasan Logis-Matematis Dengan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri Di Kabupaten Jeneponto. Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika, 11(3), 239–244.
Gardner, H. (2011). Frames of Mind : The Theory of Multiple Intelligence (2nd ed.). New York: Basic Book.
Hasanah, W., & Siswono, T. Y. E. (2013). Kecerdasan Logis-Matematis Siswa Dalam Memecahkan Masalah Matematika Pada Materi Komposisi Fungsi. MATHEdunesa, 2(2). Retrieved from https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/mathedunesa/article/view/2709
Irvaniyah, I., & Akbar, R. O. (2014). Analisis Kecerdasan Logis Matematis dan Kecerdasan Linguistik Siswa Berdasarkan Jenis Kelamin (Studi Kasus Pada Siswa Kelas XI IPA MA Mafatihul Huda). Eduma, 3(1), 138–159.
Jayantika, I. G. A. N. T., Ardana, I. M., & Sudiarta, I. G. P. (2013). Kontribusi Bakat Numerik, Kecerdasan Spasial, Dan Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SD Negeri Di Kabupaten Buleleng. Jurnal Jurusan Pendidikan Matematika Ganesha, 2(1).
Khiyarusoleh, U. (2018). Kecerdasan Logika-Matematika Di Lihat Dari Kecerdasan Majemuk Siswa Sma Di Brebes Selatan. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 3(1), 240–246.
Khodadady, E., & Dastgahian, B. S. (2013). Logical-Mathematical Intelligence and Its Relationship with English Language Proficiency. American Journal of Scientific Research, (89), 57–68.
Korkmaz, O. (2012). Logical-Mathematical Intelligence on Algorithmic Design Skills *. J. Educational Computing Research, 46(2), 173–193.
Kosasih, N., & Sumarna, D. (2013). Pembelajaran Quantum dan Optimalisasi Kecerdasan. Bandung: Alfabeta.
Milsan, A. L., & Wewe, M. (2018). Hubungan Antara Kecerdasan Logis Matematis dengan Hasil Belajar Matematika. Journal of Education Technology, 2(2), 65–69.
Muncarno, & Yulina. (2017). Hubungan Kecerdasan Verbal dan Kecerdasan Logika Matematika dengan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa SD. Aksioma Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 421–431.
Natasya, N. D., Surya, Y. F., & Marta, R. (2019). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar Matematika di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 004 Bangkinang Kota (Materi Pecahan). Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 3(2), 47–54.
Niroo, M., Nejhad, G. H. H., & Haghani, M. (2012). The Effect of Gardner Theory Application on Mathematical/Logical Intelligence and Student’s Mathematical Functioning Relationship. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 47, 2169–2175. Elsevier B.V. Retrieved from http://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2012.06.967
Nisa, K. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TS-TS) Ditinjau Dari Intelligence Quotient (IQ) Terhadap Kemampuan Kecerdasan Logika Matematika Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 31 Bandar Lampung sebagai. UIN Raden Intan Lampung.
Nur, I. R. D., Herman, T., & Mariyana, R. (2018). Logical-Mathematic in Early Childhood Students. International Journal of Social Science and Humanity, 8(4), 105–109.
Nurzaelani, M. M., & Wibowo, S. (2015). Hubungan Antara Kecerdasan Logis-Matematis dan Komunikasi Interpersonal dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan, 4(1), 56–72.
Pehlİvan, A., & Durgut, M. (2017). The Effect of Logical-Mathematical Intelligence on Financial Accounting Achievement According to Multiple Intelligence Theory. Journal of Education & Social Policy, 4(3), 132–139.
Purwanto, N. (2011). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Puspitasari, A., Rapani, & Ambarita, A. (2018). Hubungan Kecerdasan Verbal dan Logika-Matematika dengan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Pedagogi, 7(2), 430–439.
Raehanah, & Apriani, R. (2019). Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika Dasar. J. Pijar MIPA, 14(3), 112–117.
Roikha, M. (2016). Pengaruh Kecerdasan Matematis-Logis dan Kecerdasan Visual-Spasial terhadap Prestasi Belajar Matematika Materi Bangun Ruang Kelas V di SD Tamansiswa Turen. UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang.
Roth, B., Becker, N., Romeyke, S., Schäfer, S., Domnick, F., & Spinath, F. M. (2015). Intelligence and school grades : A meta-analysis. Intelligence, 53, 118–137. Elsevier Inc. Retrieved from http://dx.doi.org/10.1016/j.intell.2015.09.002
Šafranj, J. (2016). Logical/Mathematical Intelligence in Teaching English as a Second Language. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 232, 75–82.
Shero Malo Zebari, S., Ali Ahmed Allo, H., & Mohammedzadeh, B. (2018). Multiple Intelligences - Based Planning of EFL Classes. Advances in Language and Literary Studies, 9(2), 98.
Soelistyarini, T. (2013). Pedoman Penyusunan Tinjauan Pustaka Dalam penelitian Dan Penulisan Ilmiah. Retrieved from https://www.academia.edu/7304163/Pedoman_Penyusunan_Tinjauan_Pustaka_dalam_Penelitian_dan_Penulisan_Ilmiah
Subariyanto, Muhammad Isro’i, Muncarno, & Supriyadi. (2017). Hubungan Kecerdasan Verbal dan Kecerdasan Logika-Matematika dengan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal P, 6(7), 1–13.
Subariyanto, Muhammad IsroÃ. (2017). Hubungan Antara Kecerdasan Verbal dan Kecerdasan Logika-Matematika dengan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Kelas V SD Negeri 8 Metro Timur Tahun Pelajaran 2016/2017. Universitas Lampung. Retrieved from http://www.albayan.ae
Suhendri, H. (2011). Pengaruh Kecerdasan Matematisâlogis Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 1(1), 29–39.
Triwinarni, D., Fauzi, F., & Monawati. (2017). Pengaruh Kecerdasan Logika Matematika Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 1 Pagar Air Kabupaten Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah, 2(1), 16–29. Retrieved from https://media.neliti.com/media/publications/187270-ID-pengaruh-kecerdasan-logika-matematika-te.pdf
Tyagi, T. K. (2016). Is there a causal relation between mathematical creativity and mathematical problem-solving performance? International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 47(3), 388–394.
Tyagi, T. K. (2017). Mathematical Intelligence and Mathematical Creativity: A Causal Relationship. Creativity Research Journal, 29(2), 212–217. Routledge. Retrieved from https://doi.org/10.1080/10400419.2017.1303317
U.S., S. (2014). Peran kedisiplinan belajar dan kecerdasan matematis logis dalam pembelajaran matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(2), 80–88. Retrieved from http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/142/136
Undang-Undang Tentang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003. (2003). (p. 6). Indonesia.