Survei Minat Siswa Terhadap Pembelajaran Online Siswa Kelas VI SDN Wonokusumo V Surabaya Di Tengah Pandemi Covid-19

Authors

  • Fajar Albana Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia
  • Fajar Setiawan Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia
  • Kunti Dian Ayu Afiani Universitas Muhammadiyah Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v4i1.765

Keywords:

Online learning, Student interest, The Covid-19 outbreak.

Abstract

This article aimed to inform students' interest in participating in online learning during the Covid-19 pandemic in sixth grade SDN Wonokusumo V/44 Surabaya. During the Covid-19 outbreak, student interest in learning is different. This type of research used a qualitative descriptive survey. The subjects of this study were teachers, parents of students, and sixth-grade SDN Wonokusumo V Surabaya. This study used data triangulation with questionnaires and interview guidelines. The data were analyzed using qualitative descriptive analysis techniques. The results of this study indicated that there were obstacles to online learning experienced by students, lack of effectiveness of online learning, and decreased student interest in learning amid the COVID-19 pandemic.

Author Biographies

Fajar Albana, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Mahasiswa PGSD, FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya

Fajar Setiawan, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Dosen PGSD, FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya

Kunti Dian Ayu Afiani, Universitas Muhammadiyah Surabaya

Dosen PGSD, FKIP Universitas Muhammadiyah Surabaya

References

Adit, A. (2020). 12 Aplikasi Pembelajaran Daring Kerjasama Kemendikbud, Gratis

Alsa, Asmadi. (2004). Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif serta Kombinasinya dalam penelitian Psikologi. Yogjakarta: Pustaka Pelajar.

Gumilar, A. 2013. Kejenuhan belajar pada siswa kelas 2 di sd it alhidayah cibinong.

https://edukasi.kompas.com/read/2020/03/22/123204571/12-aplikasi-pembelajaran-daring-kerjasama-kemendikbud-gratis?page=all Diakses 28 agustus 2020

Masri Singarimbun dan Sofian Effendi. 1982. Metode Penelitian Survai. Jakarta: Lembaga Penelitian, Pendidikan dan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES).

Muazizah, N. M., Nurhayati, S., & Cahyono, E. (2016). Keefektifan Penggunaan E-learning Berbasis Moodle Berpendekatan Guided Inquiry terhadap Hasil Belajar siswa. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 10(2), 1760-1768.

Mulyani, W. (2013). Pengaruh Pembelajaran Berbasis E-Learning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Impuls dan Momentum. Skripsi. Program Studi Pendidikan Fisika FTK UIB SyarifHidaytullahJakarta. http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/26232/3/WIWI%20MULYANI-FITK.pdf.

Naserly, M. K. (2020). IMPLEMENTASI ZOOM, GOOGLE CLASSROOM, DAN WHATSAPP GROUP DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN DARING (ONLINE) PADA MATA KULIAH BAHASA INGGRIS LANJUT (Studi Kasus Pada 2 Kelas Semester 2, Jurusan Administrasi Bisnis, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Bina Sa. Aksara Public, 4(2), 155-165.

Nasrallah, R. (2014). Learning Outcomes’ Rrole in Higher Education Teaching. Education, Business and Society: Contemporary Middle Eastern Issues , 7 (4), 257-276.

Nisa, LC. (2002). Pengaruh Pembelajaran E-Learning Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Statistics Mahasiswa Tadris Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah IAIN Walisongo. Jurnal Phenomenon 2(1),8-26. http://journal.walisongo.ac.id/index.php/Phenomenon/article/view/416DOI:http://dx.doi.org/10.21580/phen.2012.2.1.416

Pabundu Tika, Moh. 1997. Metode Penelitian Geografi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka utama.

Qomariyah, N. 2014. Upaya mengatasi kejenuhan belajar siswa melalui layanan informasi dengan teknik relaksasi berbasis film edukasi. Skripsi. Kudus: program study bimbingan dan konseling fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas muria kudusKhusumawati, Z. 2014. Penerapan kombinasi antara teknik relaksasi dan self-instruction untuk mengurangi kejenuhan belajar siswa kelas xi ipa 2 SMA Negeri 22 Surabaya. jurnal BK UNESA. 1-10.

Rosalin.(2020). Dampak Covid 19 terhadap Anak. Jakarta : Kementrian PPPAKemendikbud. (2020). Dampak Covid-19 Bagi Pendidikan. Jakarta : Kemendikbud

Sagala, Syaiful. 2013. Etika dan Moralitas Pendidikan Peluang dan Tantangan. Jakarta : Kencana.

Santoso, E. (2009). Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Prestasi Belajar Kimia Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa. Tesis. Program Pasca Sarjana Universitas Sebelas Maret Surakarta.https://core.ac.uk/download/pdf/12351793.pdf

Sardiman. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:Rajawali

Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Downloads

Published

2021-04-25

Issue

Section

Articles

Citation Check