Analisis Materi Pembelajaran IPS SD Kelas VI Tema 1-3 dalam Buku Penerbit Kemendikbud di Sekolah Dasar

Authors

  • Muhammad Syahrul Irawan Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Wawan Priyanto Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Singgih Adhi Prasetyo Universitas PGRI Semarang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v4i3.885

Keywords:

Social Studies Learning, Kemendikbud, Thematic Textbook.

Abstract

The focus of research is how to analyze social studies learning material in primary school class VI themes 1-3 in the Kemendikbud publishers book. The purpose of this research is to find out and analyze how the social studies learning material for primary school class VI themes 1-3 in the book publish by Ministry of Education and Culture. This type of research is qualitative research. The research was conducted at SDN Tambahsari and SDN Payang 3 Pati for the 2020/ 2021 school year. Sources of data in this study were thematic textbooks class VI themes 1-3 published by the Ministry of Education and Culture, class VI teachers, and lecturers. The result of this study indicate that the scope of Social Sciences (IPS) class VI themes 1-3 in a book published by Ministry of Education and Culture contains geography, history, and economic learning material. In each theme there are only ono and two scopes of Social Sciences (IPS). Geographical scope is in theme 1, historical scope is in theme 2 and theme 3, economic scope is in theme 1 and theme 3.

Author Biographies

Muhammad Syahrul Irawan, Universitas PGRI Semarang

Mahasiswa PGSD, FIP, Universitas PGRI Semarang

Wawan Priyanto, Universitas PGRI Semarang

Dosen PGSD, FIP, Universitas PGRI Semarang

Singgih Adhi Prasetyo, Universitas PGRI Semarang

Dosen PGSD, FIP, Universitas PGRI Semarang

References

Admodiwiro, Soebagio. 2000. Manajemen Pendidikan. Jakarta: PT Ardadizya, hlm 65.

Ahmadi, Abu. 2009. Ilmu Sosial Dasar.Jakarta: PT RINEKA CIPTA. hlm.18-19.

Alhamid, Thala, dkk. 2019. “Instrumen Pengumpulan Dataâ€. Makalah. STAIN Sorong.

Amri, Sofan. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Anggito, Albi dan Setiawan, Johan. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sukabumi: CV Jejak.

Anshori, Shodiq. 2016. Kontribusi Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Pendidikan Karakter.http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/edueksos/article/view/363. Diakses pada 14 Oktober 2020.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Bachri, Bachtiar. S. 2010. Meyakinkan validitas data melalui triangulasi pada penelitian kualitatif. http://yusuf.staff.ub.ac.id/files/2012/11/meyakinkan-validitas-data-melalui-triangulasi-pada-penelitian-kualitatif.pdf. Diakses tanggal 14 Oktober 2020.

Darsono dan Widya Karmilasari. 2017. Ilmu Pengetahuan Sosial. https://www.usd.ac.id/fakultas/pendidikan/f1l3/PLPG2017/Download/materi/SD/ILMU-PENGETAHUAN-SOSIAL.pdf. Diakses pada 14 Oktober 2020.

Daryanto. 1997. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2004. Kerangka Dasar Kurikulum 2004. Jakarta.

Hadi, Sumasno. 2017. Pemeriksaan Keabsahan Data Penelitian Kualitatif Pada Skripsi. Jurnal Ilmu Pendidikan, 22.1

Hakim, Lukmanul. 2017. Analisis Perbedaan Antara Kurikulum KTSP dan Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, 17 (2).

Hamid, M Abdul, dkk. 2008. Pembelajaran Bahasa Arab Pendekatan, Metode, Strategi, Materi, dan Media. Malang: UIN-Malang Press. hlm 124.

Karli, Hilda. 2016. Penerapan Pembelajaran Tematik SD Di Indonesia. EduHumaniora, 2(1), 4.

Kurniasih Imas dan Sani Berlin. 2014. Implementasi Kurikulum 2013: Konsep & Penerapan. Surabaya: Kata Pena.

Kurniawan, Aris. 2020. Analisis-Pengertian, Contoh, Tahap, Tujuan. https://www.gurupendidikan.co.id/analisis/. Diakses tanggal 14 Oktober 2020.

Lubis, Nur Apidah, dkk. 2019. Pendidikan IPS dalam Kurikulum 2013. https://osf.io/preprints/inarxiv/qcrfe/download. Diakses pada 14 Oktober 2020.

Maksum, Arifin, dan Juwita. 2016. Analisis Kualitas Buku Pelajaran IPS SD. PERSPEKTIF Ilmu Pendidikan, 30(1), 42.

Mardikarini, Susi dan Suwarjo. 2016. Analisis Muatan Nilai-Nilai Karakter pada Buku Teks Kurikulum 2013 Pegangan Guru dan Pegangan Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 2 (2).

Mu'min, S. A. 2013. Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Al-Ta'dib, 6(1), 89-99.

Nasution, Toni dan Maulana Arafat Lubis. 2018. Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial. Yogyakarta: Samudra Biru, hlm 3.

Permendikbud. 2013. Peraturan Menteri dan Kebudayaan tentang Standar Proses.

Pratiwi, Meilia, dan Syamsul Arif. 2015. Analisis Buku Ajar Bahasa dan Sastra Indonesia Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kelas IX. https://media.neliti.com/media/publications/55487-ID-analisis-buku-ajar-bahasa-dan-sastra-ind.pdf. Diakses tanggal 24 Oktober 2020.

Putri, Rahma. 2018. Pengaruh Kebijakan Perubahan Kurikulum Terhadap Pembelajaran di Sekolah. https://osf.io/8xw9z/download/?format=pdf. Diakses tanggal 09 November 2020.

Riadi, Muchlisin. 2020. Pembelajaran Tematik (Pengertian, Karakteristik, Ciri, Jenis, dan Langkah-langkahnya). https://www.kajianpustaka.com/2020/06/pembelajaran-tematik.html. Diakses tanggal 24 Oktober 2020.

Saputri, Mulat. 2017. Analisis Materi IPA pada Buku Siswa Kurikulum 2013 Kelas V Sekolah Dasar ditinjau dari Standar Isi dan Pendekatan Saintifik. http://eprints.ums.ac.id/50912/. Diakses tanggal 24 Oktober 2020.

Setiadi, Hari. 2016. Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpep/article/view/7173. Diakses pada 14 Oktober 2020.

Setiawan, Samhis. 2020. Studi Kepustakaan. https://www.gurupendidikan.co.id/studi-kepustakaan/. Diakses pada 15 Oktober 2020.

Setiyorini, Nunung Dwi. 2013. Analisis kesesuaian buku ajar kelas IV SD/MI tema peduli terhadap makhluk hidup dengan kurikulum 2013. Thesis, IAIN Walisongo.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Elfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RnD. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan RnD. Bandung: Alfabeta.

Suyati. 2011. Upaya Meningkatkan Kerjasama Kelompok Melalui Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Dalam Pembelajaran IPS Kela V SDN 2 Wadunggetas Kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Tasrif. 2008. Pengantar Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Yogyakarta: Genta Press.

Utami, I. W., & Putra, A. P. 2017. Analisis Fakta pada Muatan IPS dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 Kelas IV SD. JPDN, 57.

Wedan. 2016. Materi Pembelajaran. https://silabus.org/materi-pembelajaran/. Diakses pada 14 Oktober 2020.

Widodo, Suwarno, dan Iin Purnamasari. 2014. Konsep Dasar IPS Suatu Pendekatan Praktis. Semarang: UNIV. PGRI Semarang Press.

Yulianto, E. 2019. Manajemen Pembelajaran IPA menggunakan Media Audiovisual di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Pendidikan. Volume 1, Nomor 1.

Downloads

Published

2021-10-02

Issue

Section

Articles

Citation Check