Pengembangan LKPD Berbasis HOTS dalam Pembelajaran IPA Siswa SD Kelas V Tema 5
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v4i3.1245Kata Kunci:
Student Worksheet Development, Higher Order Thinking Skill (HOTS), Science Learning.Abstrak
Referensi
Astawan, I.G., I Gusti A.T.A. (2020). Pendidikan ipa sekolah dasar di era revolusi. Bali: NILACAKRA.
Eni, UA., dkk. (2020). Pengembangan alat permainan edukatif karambol berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) sebagai media pembelajaran ipa kelas IV sekolah dasar. Jurnal Pijar MIPA Vol. 15 no. 5. E-ISSN 2410-1500. diakses melalui https:// jurnalfkip.unram.ac.id/indek
Fanani, A & Kusmaharti, D. (2018). Pengembangan pembelajaran berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skill) di sekolah dasar kelas V. JPD (Jurnal Pendidikan Dasar) Vol. 9 No. 1. Surabaya: Universitas PGRI Adi Buana. Diakses melalui https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081
Hisbullah, N. (2018). Pembelajaran ilmu pengetahuan alam di sekolah dasar. Makassar: Aksara Timur.
Latumahina, F. dkk. (2019). Respon semut terhadap kerusakan ekosistem hutan di pulau kecil. Bandung: CV. Media Akselerasi.
Lestari, E.A. (2018). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) berbasis eksperimen IPA kelas V SD/MI. Skripsi. FKIP, PGMI. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan. Diakses melalui http://repository.radenintan.ac.id.
Lubis, M.A, Nashran, A. (2020). Pembelajaran tematik sd/mi. Jakarta: Kencana.
Manik. (2016). Pengelolaan lingkungan hidup. Kencana: Jakarta.
Muzayyanah, A, dkk. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik (LKPD) tematik berbasis HOTS (higher order thinking skill) kelas IV sekolah dasar. Journal Pijar MIPA Vol. 15 no. 5. E-ISSN 2410-1500. Semarang: Universitas PGRI Semarang. Diakses melalui https://shorturl.at/iHTX4.
Retnaningdyah, C. (2019). Cyanoobacterial harmful algal blooms (cyanohabs: microcytis di ekosistem perairan tawar dan cara pengendalian. Malang: UB Press.
Sani, R.A. (2020). Pembelajaran berbasis HOTS (higher order thinking skills). Tirta Smart: Tangerang.
Sugiyono. (2017). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan r&d).Bandung: Alfabeta.
Sukmadinata, N.S. (2016). Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.
Sutarti, T., Edi I. (2017). Kiat sukses meraih hibah penelitian pengembangan. Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.
Tim Pusat Penilaian Pendidikan. (2019). Panduan penulisan soal HOTS- higher order thinking skills. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan.