Implementasi Asesmen Kinerja Berpikir Kritis Berbasis ESD Pada Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v4i3.1251Kata Kunci:
Performance Assessment, Critical Thinking, ESD, Online Learning.Abstrak
Referensi
Abduh, M., Hadiana, D., & Asrijanty. (2019). Panduan Penilaian Kinerja. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan.
Abidin, Y. (2014). Desain Sistem Pembelajaran Dalam Konteks Kurikulum 2013. Bandung: PT Refika Aditama.
Artini, N. L. P. E. W., Agung, A. A. G., & Widiana, I. W. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Savi Dan Asesmen Kinerja Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa. Mimbar PGSD, 2(1). Retrieved from https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/view/3792
Hartanto. (2020). Pengembangan Instrumen Asesmen Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V Sekolah Dasar Pada Pelajaran Tematik. Retrieved from https://online210.psych.wisc.edu/wp-content/uploads/PSY-210_Unit_Materials/PSY 210_Unit01_Materials/Frost_Blog_2020.pdf%0Ahttps://www.economist.com/special-report/2020/02/06/china-is-making-substantial-investment-in-ports-and-pipelines-worldwide%0Ahttp://
Kurniasih, Y., Hamdu, G., & Lidinillah, D. A. M. (2020). Rubrik Asesmen Kinerja Berpikir Kritis pada Pembelajaran STEM dengan Media Lightning Tamiya Car. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 174. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i2.25172
Listiawati, N. (2013). Pelaksanaan Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan oleh Beberapa Lembaga. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 19(3), 430. https://doi.org/10.24832/jpnk.v19i3.302
Murti, B. (2019). Berpikir Kritis dan Problem Base Learning. Jurnal Kedokteran UNS, 20(12), 75.
Oktaviani, I., & Hamdu, G. (2018). PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR Instrumen Penilaian Kinerja Pada Pembelajaran Outdoor Permainan Tradisional Berbasis STEM di Sekolah Dasar. All Rights Reserved, 5(4), 74–84. Retrieved from http://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/index
Prasetyo, T. (2017). Pengembangan perangkat penilaian hasil belajar dalam pembelajaran tematik integratif kelas V SD. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 102–111. https://doi.org/10.21831/jpe.v5i1.7528
Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460
Rieckmann, M., Mindt, L., & Gardiner, S. (2017). Education for Sustainable Development Goals Learning Objectives.
Sari, P. R., Tusyantari, N. B., & Suswandari, M. (2021). Dampak Pembelajaran Daring Bagi Siswa Sekolah Dasar Selama Selama Covid-19 Universitas Veteran Bangun Nusantara , Sukoharjo. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(1), 9–15.
Setiadi, H. (2016). Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 166–178. https://doi.org/10.21831/pep.v20i2.7173
Setiawan, H. (2017). Pengembangan Instrumen Asesmen Autentik Kompetensi Pada Ranah Keterampilan Untuk Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. 874–882. Retrieved from http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Widyaningsih, O. (2020). Penerapan Pembelajaran Online ( Dalam Jaringan ) di Sekolah Dasar. 2(2), 50–60.