Implementasi Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Pembelajaran IPA di Kelas V SD N Batu 1 Tahun Pelajaran 2022/2023
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v5i3.2199Kata Kunci:
Learning Model, Problem Based Learning, Science.Abstrak
Referensi
Andini, S. R., Putri, V. M., Devi, M. Y., & Erita, Y. 2021. “Mendesain Pembelajaran PKN dan IPS yang Inovatif dan Kreatif dengan Menggunakan Model Pembelajaran pada Tingkat Sekolah Dasarâ€. Jurnal Basicedu, 5 (6), 5671-5681. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1760.
Arsil, A. 2019. Implementasi Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Di Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4 (1), 1–9. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6905.
Asrifah, S., & Arif, A. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Siswa Kelas V SDN Pondok Pinang 05. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 16 (30), 183–193. https://doi.org/10.36456/bp.vol16.no30.a2719.
Fatimah, S., & Kartika, I. 2013. Pembelajaran IPA Sekolah Dasar Berbasis Pendidikan Karakter. Jurnal Al-Bidayah, 5 (2), 281–297. https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/article/view/125.
Hidayat, Sholeh. 2018. Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kurniasih dan Sani. 2017. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalisme Guru. Jakarta: Kata Pena.
Mariana, I Made Alit. 2018. Pengantar Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Bali: LPMP Bali.
Pane, A., & Dasopang, M. D. 2017. Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3 (2). https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945.
Ramadhani, Sulistyarini Puteri. 2019. Konsep Dasar IPA. Depok: Yiesa Media Karya.
Rusman. 2018. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raya Grafida Persada.
Setyawati, S., Kristin, F., & Anugraheni, I. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SD. VI (2), 93–99.
Soegeng, A. Y. 2017. Kapita Selekta Landasan Kependidikan. Yogyakarta: Magnum.
Sofyan, H., Wagiran., Komariah, K., & Triwiyono, E. 2017. Problem Based Learning dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, Agus. 2017. Model-Model Pembelajaran Emansipatoris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.