Penerapan Word Square untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri 38 Parepare
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v6i1.2595Kata Kunci:
Cooperative Learning Model, Learning Process, Learning Outcomes.Abstrak
Referensi
Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O. P. (2013). Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Unissula Press. https://doi.org/10.1016/j.cpc.2008.12.005
Afwadi. (2021). Guru Kreatif Mutu Pembelajaran Meningkat. CV. Bintang Semesta Media.
Darmawan, D., & Wahyudin, D. (2018). Model Pembelajaran Di Sekolah. PT Remaja Rosdakarya.
Djabba, R., & Ilmi, N. (2022). Penerapan Model Learning Cycle Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V SD. Jurnal Pendidikan & Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(2).
Hasan, K. (2014). Membangun Kultur Sekolah (Menuju Pendidikan Berbasis Iman dan Taqwa). CV. Bina Karya Utama, 18.
Herwandanu, B., & Suprayitno. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Word Square Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 3 Sdn 2 Slempit Kedamean Gresik. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(12), 2201–2210. https://core.ac.uk/download/pdf/230636207.pdf
Kurniasih, I., & Sani, B. (2016). Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalisme Guru. kata Pena.
Lismina. (2019). pengembangan kurikulum di sekolah dan perguruan tinggi. Uwais Inspirasi Indonesia.
Maasrukhin, A. R., & Ratnasari, K. (2019). Proses Pembelajaran Inquiry Siswa MI untuk Meningkatkan Kemampuan Matematika. Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(1), 100–109. https://doi.org/10.36835/au.v1i1.166
Maryam M, S., Asti, A. F., & Djabba, R. (2022). Penerapan Metode Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 65 Parepare. 583–589.
Pasinggi, Y. S. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Tentang Pembelajaran Soal Cerita Operasi Hitung Campuran Melalui Model Kooperatif Tipe Stad Di Kelas Iii Sdn 44 Parepare. Publikasi Pendidikan, 6(2). https://doi.org/10.26858/publikan.v6i2.1900
Ratnasari, D. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Word Square Terhadap Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII MTS Aulia Cendekia Palembang. 210093.
Rofiah, D. A. (2018). Perolehan Belajar Siswa Kelas III Dengan Model Pembelajaran Word Square Pada Materi Pelajaran PKn di SD Negeri Besani Kabupaten Batang. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 2(2).
Rusman. (2018). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Pers.
Zainal, Z., Halik, A., & Madania. (2019). Pengaruh model pembelajaran Treffinger Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SD Negeri 37 Model Parepare. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 3(3), 294–306.