PENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KONSEP PERUBAHAN SIFAT BENDA MELALUI METODE EKSPERIMEN PADA MURID KELAS IV SD NGERI LEMOA KECAMATAN BONTOLEMPANGAN KABUPATEN GOWA

Penulis

  • Abrina Maulidnawati Jumrah Universitas Islam Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v2i1.321

Abstrak

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research)yang bertujun penelitian ini yaitu Untuk mengetahui bagaimanakah penerapan metode eksperimen dalam meningkatkan hasil belajar IPA konsep perubahan sifat benda pada murid kelas IV SD Ngeri Lemoa Kecamatan Bontolempangan Kabupaten Gowa dan Untuk mengetahui apakah hasil belajar IPA konsep perubahan sifat benda dapat meningkat melalui penerapan metode eksperimen pada murid kelas IV SD Ngeri Lemoa Kecamatan Bontolempangan Kabupaten Gowa. Subjek penelitian ini adalah murid kelas IV SD Ngeri Lemoa Kecamatan Bontolempangan Kabupaten Gowa yang berjumlah 43 murid yang terdiri dari 23 laki-laki dan 20 perempuan pada semester ganjil. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, setiap siklus terdiri atas komponen perencenaan tindakan, pelaksanaan tindakan, obserVsi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar dan lembar obserVsi. Tes kemampuan membaca dapat diukur dari hasil belajar dianalisis secara kuantitatif dan hasil lembar obserVsi dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menujukkan Pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar murid 62.91 dan berada pada kategori sedang sedangkan pada siklus II nilai rat-rata murid berada pada 78.72 dan berada pada kategori Tinggi. Ketuntasan belajar murid meningkat setelah digunakan Metode Eksperimen yaitu pada siklus I terdapat delapan murid yang belum tuntas dan pada siklus II seluruh murid menjadi tuntas. Semangat dan antusias murid dalam mengikuti proses belajar mengajar sangat tinggi, hal ini ditunjukkan semakin minimnya murid yang melakukan aktivitas lain yang dapat mengggangu kegiatan pembelajaran, sehingga berimplikasi pada keaktifan murid dalam proses belajar mengajar. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar IPA konsep perubahan sifat benda dapat meningkat melalui penerapan metode eksperimen pada murid kelas IV SD Ngeri Lemoa Kecamatan Bontolempangan Kabupaten Gowa.

Biografi Penulis

Abrina Maulidnawati Jumrah, Universitas Islam Makassar

Dosen PGSD Universitas Islam Makassar

Referensi

Abimanyu, soli. Dan Samad, sulaiman, 2003. Pedoman penulisan skripsi Makassar. FIP UNM

Abied. 2009. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Alwi Hasan. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Aras, Latri. 2004. Pembelajaran Bangun Ruang Secara Kontruktivis Dengan Menggunakan Alat Peraga Di Kelas V SDN 10 Watampone. Tesis Tidak Dipublikasikan: Universitas Negeri Malang.

Bundu, Patta. 2007. Assesmen Pembelajaran. Padang: Hayfa Press Padang..

Djamarah. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Emzir, Gay. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Haling. 2004. Belajar Pembelajaran. FIP UNM: Makassar

Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bumi Aksara. Jakarta

Martiningsih. Macam-macam Metode Pembelajaran, (Online), (http: //Martiningsih. blogspot.com, diakses 12-o4-2009)

Mc Taggart .1988. MetodePenelitian Tindakan Kelas. , (Online), (http: //Martiningsih. blogspot.com, diakses 12-04-2009)

Muchtar. 2003. Sepuluh Kiat Sukses Mengajar di Kelas. Jakarta: Nimas Multima.

Mulyasa. 2008. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurkancana. 1986. EVluasi Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.

Rahadi. 2003. Faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar. www.google.com (diakses 04/07/2011)

Rahman, dkk. 2003. Metode Eksperimen dalam Pembelajaran IPA. www.google.com (diakses 04/07/2011)

Roestiyah, N.K. 2001. Strategi Belajar Mengejar. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Soeditarjo. 2008. Psikologi Belajar. PT Raja Grafindo. Jakarta.

Sukardi. 2008. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Sumantri, Mulyani dkk. 1999. Metode ekspimen untuk pembelajaran IPA. Jakarata: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan

Tating, Rahman. 2003. Alam Sahabatku. Ilmu Pengetahuan Alam. Untuk Kelas V SD. Jakarta: Yudistira.

Tiro, Arif, Muhammad. 1999. Dasar-Dasar Statistika. Makassar: Badan Penerbit Ujung Pandang.

Diterbitkan

2019-04-01

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check