Pentingnya Memahami Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik Sekolah Dasar untuk Memaksimalkan Pembelajaran

Penulis

  • Wita Ermayanti Universitas PGRI Semarang, Indonesia
  • Arri Handayani Universitas PGRI Semarang, Indonesia, Indonesia
  • Dini Rakhmawati Universitas PGRI Semarang, Indonesia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v7i1.3357

Abstrak

This article was created with the aim of providing knowledge to readers about the importance of understanding the factors that influence the growth and development of elementary school students in maximizing learning. This article was written using the library study method, by examining various sources or references such as books and several other journals that are relevant to the topic being studied. The results and discussion explain that understanding student development can help teachers choose the best learning environment and get to know their students' personalities better. Thus, with the teacher's understanding of the growth and development of students, it can provide an overview of appropriate learning procedures to maximize learning and foster feelings of comfort in studying at school.

Biografi Penulis

Wita Ermayanti, Universitas PGRI Semarang

Mahasiswa Pendidikan Dasar/Pasca Sarjana/Universitas PGRI Semarang 

Arri Handayani, Universitas PGRI Semarang, Indonesia

Dosen Pendidikan Dasar/Pasca Sarjana/Universitas PGRI Semarang  

Dini Rakhmawati, Universitas PGRI Semarang, Indonesia

Dosen Pendidikan Dasar/Pasca Sarjana/Universitas PGRI Semarang 

Referensi

Azizah, Nadia Nur and Richval, Aan Asef (2018) Pertumbuhan Dan Perkembangan Dalam Psikologi Perkembangan. Pertumbuhan Dan Perkembangan Dalam Psikologi Perkembangan. Halaman 1-13.

Depdiknas. 2003. U U Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Kemdiknas.

Hanafy, Muh.Sain. (2014). Konsep Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Lentera Pendidikan, Vol. 17 No. 1 Juni 2014: 66-79.

Hermawan, A. (2014). Mengetahui Karakteristik Peserta Didik untuk Memaksimalkan Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(1), 14-25.

Honggowiyono, Puger. 2015. Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik untuk Guru dan Calon Guru. Penerbit Gunung Samudra.

Kenedi, A. K., Hendri, S., & Ladiva, H. B. (2018). Kemampuan Koneksi Matematis Peserta didik Sekolah Dasar Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Numeracy, 5(2), 226-235.

Kurniawan, M. I. (2015). Tri pusat pendidikan sebagai sarana pendidikan karakter anak sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 4(1), 41-49.

Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru Edisi Revisi, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2004), hal 41.

Mustikaati, W., Sari, S., Ramanda, N., & Agustia, Y. 2023. Pentingnya Memahami Perkembangan Peserta Didik bagi Guru dan Calon Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Berkarakter: Vol. 6 No. 2 July 2023, Hal 125-130.

Safitri A, Rusmiati M, Fauziyyah, Prihartini. 2022. Pentingnya Memahami Karakteristik Peserta Didik Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Efektivitas Belajar dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai. Volume 6Nomor 2Tahun 2022 Halaman 9333-9339.

Samio. 2018. Aspek – Aspek Pertumbuhan Dan Perkembangan Peserta Didik. Journal of Biology Education, Science & Technology. Vol. 1 No. 02 Hal. 36 – 43.

Soemanto, W. 1990. Psikologi Pendidikan (Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan). Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sudirjo, E., Alif, M, N. (2018). Pertumbuhan dan Perkembangan Motorik: Konsep Perkembangan dan Pertumbuhan Fisik dan Gearak Manusia. Jawa Barat: UPI Sumedang Press.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Wasty Soemanto, Psikologi Pendidikan (Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan), (Jakarta: PT Rineka Cipta, 1990) hal 41.

Zulfira, Neviyarni, Irdamurni. 2021. Karakteristik Peserta didik Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai. Volume 5 Nomor 1 Halaman 1846-1851.

Diterbitkan

2024-04-01

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check