PERAN PERMAINAN PETAK UMPET DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v7i3.3622Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peran Permainan Petak Umpet untuk meningkatkan Tanggung jawab dan kemandirian anak usia dini. Dapat kita lihat dimana kondisi saat ini menggambarkan banyaknya kasus anak yang kecanduan dengan permainan modern yang berdampak buruk pada perkembangannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi pustaka. Sehingga pengumpulan data dilakukan dengan cara mengumpulkan data-data dari berbagai jurnal dan mencatat. Oleh karena itu, pada penelitian ini menggunakan tiga analisi model interaktif yaitu: mereduksi data, mendisplay data, dan gambaran kesimpulan. Adapun validasi data mengunakan trigulasi data, sehingga hasil yang diperoleh adalah permainan petak umpet dapat membentuk kemandirian anak usia dini. Hasil penelitian menunjukan bahwa peranan petak umpet dalam membentuk kemandirian anak diakui positif asalkan tetap dikembangkan secara berkelanjutan sesuai kondisi sosial, emosional, dan fisik setiap anak.
Kata Kunci: Permainan Petak Umpet, Kemandirian, Anak Usia Dini
Referensi
Dr. Parwoto, M. P. (2024). Bermain, Belajar dan Model Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini. penerbit deepublish.
Geofanny, R. (2016). Perbedaan Kemandirian Anak Usia Dini Ditinjau Dari Ibu Bekerja dan Ibu Tidak Bekerja. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(4), 464–470. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i4.4230
Fink, A. (2019). Conducting research literature reviews: From the internet to paper. SAGE Publications.
Hart, C. (2018). oing a literature review: Releasing the research imagination. SAGE Publications.
Hasnida. (2014). Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini. Luxima Metro Media.
Heryati, E., Rochyadi, E., Aprilia, I. D., Homdijah, O. S., Tarsidi, I., & Handayani, R. (2023). Meningkatkan Kemampuan Orientasi dan Mobilitas Anak Usia Dini Tunanetra melalui Permainan Petak Umpet yang Dimodifikasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(2), 2361–2372. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.4172
Machi, L. A., & McEvoy, B. T. (2016). The literature review: Six steps to success. Corwin Press.
Muharrahman, Loka, N., Syarfina, A., Kibtiyah, M., & Sari, N. (2023). Implementasi Permainan Tradisional Petak Umpet Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 07(02), 131–138. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i2.3474
Pahrul, Y. (2022). Bermain Anak Usia Dini. Universitas Pahlawan, 41.
Sari, D. P., Saparahayuningsih, S., & Wembrayarli. (2020). Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Petak Umpet Pada Anak Kelompok B. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 40–44.
Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104, 333–339.
Trawick-Smith, J. (2014). Early childhood development: A multicultural perspective (6th ed.). Pearson.
Wiyani, N. A. (2014). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Grava Media.
Wohlin, C. (2014). Guidelines for snowballing in systematic literature studies and a replication in software engineering. ACM International Conference Proceeding Series. https://doi.org/10.1145/2601248.2601268
Yanti, A. S., Halida, Lukmanulhakim, & Ramadhani, A. (2024). Keefektifan Permainan Tapo ’ Pipit untuk Menstimulasi Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. 7(2), 342–352. https://doi.org/10.31004/aulad.v7i2.652