Penerapan Metode Kooperatif Tipe PJBL Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SDN 64 Parepare
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdasmatappa.v7i3.3667Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika tentang bangun datar dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif. Pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Fokus penelitian adalah fokus proses dan fokus hasil. Dilaksanakan di UPTD SD Negeri 64 Parepare tahun ajaran 2023/2024 dengan subjek penelitian yaitu 1 orang guru dan 16 orang siswa terdiri dari 7 siswa perempuan dan 9 siswa laki-laki. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus dilaksanakan dengan 2 kali pertemuan yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dari pelaksanaan penelitian diperoleh data yang dikumpulkan dengan menggunakan teknik observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil pembelajaran pada siklus I, proses pembelajaran berada pada kualifikasi cukup (C) dan hasil tes belajar kualifikasi cukup (C). Pada siklus II, proses pembelajaran berada pada kualifikasi baik (B) dan hasil tes belajar kualifikasi baik (B). Sehingga dapat disimpulkan penerapan metode pembelajaran PjBL dapat meningkatkan proses dan hasil belajar pada mata pelajaran Matematika siswa di kelas III UPTD SD Negeri 64 Parepare.
Referensi
Dewi, E., & Indrawati, T. (2023). Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik di Kelas V SD. Tsaqofah, 3(6), 1119–1131.
Haderani, H. (2018). Tinjauan Filosofis tentang Fungsi Pendidikan dalam Hidup Manusia. Jurnal Tarbiyah : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1), 41–49. https://doi.org/10.18592/tarbiyah.v7i1.2103
Hidayat., A., (2021). Menulis Narasi Kreatif dengan Model Project Based Learning dan Musik Instrumental Teori dan Praktik di Sekolah Dasar. Yogyakarta: DEEPUBLISH. http://www.oecd.org/pisa/ diakses pada tanggal 25 maret 2024 pukul 23.14 WIB.
Jalaluddin. (2016). PjBL untuk Meningkatkan Kreativitas Mahasiswa. Jurnal Dosen Universitas PGRI Palembang, 4(2)
Karimah, C. D., Cahyadi, F., & Subekti, E. E. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa Kelas Iii Pada Materi Pengukuran Waktu Sd Negeri Tlogosari Wetan 02 Semarang. Jurnal Sinektik, 4(1), 19–31. https://doi.org/10.33061/js.v4i1.4634
Kementerian Hukum dan HAM. (2012). UU RI No. 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi. Undang Undang, 18.
Kumalasari, O. D., NSamsiyah, N., & Pujiati, W. (2023). Implementasi Model Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Luas Dan Keliling Bangun Datar Kelas III SDN Pilangkenceng 01 Madiun. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(01), 5561–5573.
Permendiknas No. 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Rati, N. W., Nyoman, K., & Nyoman, R. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Kreativitas, dan Hasil Belajar Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia. Vol. 6. No. 1. Hal. 60-71
Restuh., N., K, Siti., R, Asep., S. (2020). Kemampuan Representasi Matematis Bilangan Pecahan Pada Siswa Sd Kelas Iii Dengan Menggunakan Model Project Based Learning. Journal of Elementary Education,3(3)
Saeful, Pupu. (2019). Strategi Belajar Mengajar. Surabaya: Scopindo Media Pustaka
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science2, 2(1), 58–67.
Surya, A. P., Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) untuk meningkatkan hasil belajar dan kreatifitas siswa kelas III SD Negeri Sidorejo Lor 01 Salatiga. Jurnal Pesona Dasar, 6(1).
Winarti., N., Luthf., H., M, Arsyi., R., A, Liany., A., P, Nandang. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3).
Yusuf, Munir. (2018). Pengantar Ilmu Pendidikan. Palopo: Kampus IAIN Palopo.