PENINGKATAN KESADARAN METAKOGNITIF DAN HASIL BELAJAR MELALUI PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA PEMBELAJARAN IPS
DOI:
https://doi.org/10.31100/dikdas.v2i2.461Kata Kunci:
discovery learning model, metacognitive awareness, learning outcomesAbstrak
Referensi
Arifah, A. N. & Saenab, S. 2014. Perbandingan Kesadaran Metakognitif Siswa yang Diajar Menggunakan Model Problem-Based Instruction (PBI) dengan Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS). Jurnal Bionature, Vol. 15, No. 2, 81-89.
Balim, A. G. 2009. The Effects of Discovery Learning on Students’ Success and Inquiry Learning Skills. Egitim Arastirmalari-Eurasian Journal of Educational Research, Vol. 3, No. 5.
Hala, Y., & Taiyeb, A. M. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Untuk Meningkatkan Motivasi, Aktivitas, Dan Hasil Belajar Biologi Kelas X. 1 Sman 1 Dua Boccoe Kabupaten Bone. Jurnal Nalar Pendidikan, No.4, Vol. 2.
Hamid, H., Nurhayati, B., & Ali, A. 2015. Peningkatan Aktivitas, Hasil Belajar Afektif dan Kognitif pada Mata Pelajaran Biologi melalui Penerapan Model Brain Based Learning Peserta Didik Kelas VII-A SMP Negeri 4 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Sainsmat, Vol. 3, No. 1.
Kristin, F., & Rahayu, D. 2016. Pengaruh penerapan model discovery learning terhadap hasil belajar IPS pada siswa kelas IV SD. Jurnal ilmiah kependidikan, Vol. 6, No 1.
Munandar, H. 2014. Hubungan Kesadaran Metakognitif dan Gaya Kognitif dengan Kemampuan Metakognitif Peserta Didik Kelas XI IPA SMA Negeri di Kota Pare-Pare. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Putri, W. A, Andreas P. B. P & Supriyanto. 2012. Pengaruh Penerapan Strategi Metakognitif dalam Metode Inkuiri terhadap Hasil Belajar. Unnes Journal of Biology Education, 1 (3), 266-271.
Silberman, M. L. 2013. Active Learning (Strategi Pembelajaran Aktif). Yogyakarta: Nusa Media.
Sukaisih, R. & Muhali. 2013. Meningkatkan Kesadaran Metakognitif dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Pembelajaran Problem Solving. Jurnal Pengkajian Ilmu dan Pembelajaran Matematika dan IPA “PRISMA SAINSâ€, Vol. 2, No. 1, 244-255.
Tapantoko, A. A. 2011. Penggunaan Metode Mind Map (Peta Pikiran) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Depok. Disertasi. Dipublikasi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.