PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V SD KATOLIK 13 SANTU PAULUS MANADO

Penulis

  • Bernadette J Kaunang SD Katolik 13 Santo Paulus Manado, Indonesia
  • Kosmas Sobon Universitas Katolik De La Salle Manado, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/dikdas.v3i1.638

Kata Kunci:

Image media, Learning result, IPA

Abstrak

The purpose of this research to describe the using of image media to improve science learning result in thirteen Chatolict elementary school of Saint Paul, Manado City. This research uses class actions research methods. The data sources are 25 students. The results showed that: (1) teacher’s skill in the first cycle are 87,5% with good criteria and in second cycle obtained 90,65% with very good criteria; (2) student activity in the first cycle  are 73,75% with the criteria of active enough and in second cycle obtained 78,13% with active criteria; (3) student learning result in the first cycle 52% and the second cycle 84%. Suggestions in this researh was that using of image media could become as a teacher’s solution to improve the quality of natural science learning and they have to study the using  learning methods, models and media to give learning spirit for the students.


Tujuan dari penelitian ini untuk menggambarkan tahap penggunaan media gambar untuk meningkatkan hasil belajar IPA di sekolah dasar khususnya di SD Katolik 13 Santu Paulus Manado. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Sumber data dari penelitian ini adalah siswa-siswa kelas V SD Katolik 13 Santu Paulus Manado pada Tahun Akademik 2018/2019 untuk 25 siswa. Teknik pengumpulan data adalah tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: keterampilan dalam siklus I 87,5 % dengan kriteria baik dan pada siklus II 90,65 % dengan kriteria bai. Aktivitas siswa dalam siklus I 73,75% dengan kriteria cukup aktif dan dalam siklus II 78,13% dengan kriteria aktif. Hasil belajar siswa pada siklus I 52% dan siklus II 84%. Adapun saran dalam penelitian ini adalah penggunaan media gambar dapat dijadikan solusi dari pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA di sekolah dan guru harus belajar menggunakan metode, model dan media pembelajaran untuk memberikan semangat belajar bagi siswa-siswa.

Biografi Penulis

Bernadette J Kaunang, SD Katolik 13 Santo Paulus Manado

Guru SD Katolik 13 Santo Paulus Manado

Kosmas Sobon, Universitas Katolik De La Salle Manado

Dosen Universitas Katolik De La Salle Manado

Referensi

Aqib, Zainal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung:Yrama Widya

-------------. 2012. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendekia.

Arlita Agustina, dkk. Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas Iiib Mi Almaarif 03 Langlang Singosari. Universitas Negeri Malang

Asyhar, rer.nat. H. Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Cahyo N. Agus. 2012. Panduan Apliikasi Teori-Teori Belajar-Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Yogyakarta: Diva Press.

Djamarah, Syaiful Bahari dan Aswan Zain. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ekawarna. 2013. Penelitian Tindakan Kelas, Edisi Revisi. Jakarta: Referensi GP Press Group.

Hamruni. (2012). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.

Haryono. (2013). Pembelajaran IPA yang Menarik dan Mengasyikkan: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Kepel Press.

Kunandar. (2012). Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas sebagai Pengembangan Profesi Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Lisnawati, Achmad Ramadahni, dan Bustamin. “Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Mata Pelajaran IPA tentang Alat Pernapasan Manusia dan Hewan dengan menggunakan Media Gambar pada Siswa Kelas V SD Inpres 2 Ampibabo.†FKIP Universitas Tadulako. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 5 No. 3 ISSN 2354-614X

Nini Subini, dkk. (2010). Psikologi Pembelajaran. Yogyakarta: Mentari Pustaka.

Rusman. (2013). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru, Edisi Kedua. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, H. Wina. (2006). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sadiman, Arief. (2012). Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sitiatava, Rizema Putra,. (2013). Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta: Diva Press.

Slameto. (2012). Belajar & Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Solhan T. W, dkk. (2007). Pendidikan Bahasa Indonesia di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suparman, Hj. Musdalifah Nurdin, Vanny M. A. Tiwow. (2012). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPA melalui Media Gambar di Kelas II SDN 03 Lakea Kab. Buol. FKIP Universitas Tadulako. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 5 No. 3 ISSN 2354-614X.

Tim Penyusun PPG Unima. (2010). Penelitian Tindakan Kelas: Materi Pendidikan danLatihan Profesi Guru Rayon 27 Universitas Negeri Mando.

Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

---------, (2011). Panduan Lengkap Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Teori & Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Wiyani, Novan Ardy. (2013). Desain Pembelajaran Pendidikan: Tata Rancang Pembelajaran Menuju Pencapaian Kompetensi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Wulansari, Enis. (2011). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPA Materi Pengaruh Perubahan Lingkungan Fisik Terhadap Daratan. Univeristas Pendidikan Indonesia

Yudhi, Munadi. (2013). Media Pembelajaran: Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: Referensi GP Press Group.

Diterbitkan

2021-01-14

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check