Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Di Rumah dan Sekolah

Authors

  • Novita Maulidya Jalal Universitas negeri makassar, Indonesia
  • Eka Damayanti Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Negeri Islam (UIN) Makassar, Indonesia
  • Amirah Aminanty Agussalim Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Eva Meizara Puspita Dewi Universitas Negeri Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/jurkam.v6i2.1864

Keywords:

Intervensi, ABK, rumah, sekolah

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian informasi tentang intervensi ABKdi rumah dan di sekolah. Jumlah subjek dalam penelitian ini adalah 70 subjek. Penelitian ini menggunakan intervensi berupa pemberian informasi tentang intervensi ABK di rumah dan di sekolah dengan desain eksperimen quasi yang berupa One Group Pre test-Post test Design. Instrumen pengukuran berupa kuisioner yang diberikan sebelum (pretest) dan setelah (posttest) pemberian iperlakuan berupa pemberian informasi intervensi ABK. Data yang diperoleh dari penelitian ini kemudian dianalisis secara kuantitatif dengan teknik analisis persentase. Hasil pengukuran dari data pengabdian ini menunjukkan terjadi peningkatan pengetahuan pada subjek setelah mengikuti pemberian pengetahuan tentang intervensi ABK di rumah dan di sekolah yakni pengetahuan subjek sebelum materi webinar disampaikan, 44% subjek paham tentang intervensi ABK, kemudian meningkat menjadi 71% subjek menyatakan paham tentang intervensi ABK setelah memperoleh informasi terkait intervensi ABK di rumah dan di sekolah. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pemberian informasi terhadap pengetahuan intervensi subjek mengenai Intervensi ABK di rumah dan di sekolah.

References

Bariroh, S. (2018). The influence of parents’ involvement on children with special needs’ motivation and learning achievement. International Education Studies. Vol.11 No. 4. doI:10.5539/ies.v11n4p96

Butler C. P. (2007). The Effectiveness of TEACCH on Communication and Behavior in Children with Autism Critical Review. School of Communication Sciences and Disorder, U.W.O

Delp.,& Manning.(2001).Major physical Diagnosis, a Introduction to The Clinical Process.Philadelphia:Saunders co.

Elkins, J., Van Kraayenoord, C. E., & Jobling, A. (2003). Parents’ attitudes to inclusion of their children with special needs. Journal of Research in Special Education Needs. Vol (3), No 2. doi: 10.1111/1471-3802.00005

Farah, Farida.(2020). Keterlibatan Orangtua dalam Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Sains Psikologi Vol. 9, No. 1, Bulan Maret, Tahun 2020

Hasugian, J. W., Gaurifa, S., Warella, S.B., Kelelufna J. K., & Waas, J. (2019). Education for children with special needs in Indonesia. Journal of Physics: Conf. Series. 1175 012172. doi:10.1088/1742-6596/1175/1/012172

Heward, W.L. (2003). Exceptional Children an Introduction to Special Education. New Jersey: Merril, Prentice Hall

Johnson & Scoten. (2001). Education-special Need education and introduction.Oslo:unipub forlag

Kuyini, et al. (2015). Disability rights awareness and inclusive education: Building Capacity of Parents and Teaches. UN, UN Voluntary Fund on Disability.

Lukens, Ellen P. McFarlane, William R.(2004). Journal Brief Treatment and Crisis Intervention Volume 4. Psychoeducation as Evidence-Based Practice: Consideration for Practice, Research, and Policy. Oxford University Press

Mangunsong, F. (2009). Psikologi dan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Depok: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Pendidikan Psikologis (LPSP3) Fakultas Psikologi Universitas Indonesia (FPUI).

Orellana L. M., Sanchis S. M., & Silvestre F.J. (2013). Training Adult and Children with an Autism Spectrum Disorder to be Compliant with a Clinical Dental Assesment Using A Critical Review. Communication Disorder, U.W.O. School of Sciences and TEACCH- Based Approach. Journal of Autism and Developmental Disorder, 43,1-13.

Parritz, Robin H. & Troy, M.F. (2011). Disorder of childhood: Developmental and Psychopathology. Australia: Wadsworth Cengage Learning

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 1991 tentang Pendidikan Luar Biasa

Sopa, Afnizar.(2017). Model Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus pada Sekolah Inklusif di SDN 54 Kota banda Aceh.Skripsi.Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar raniry Darussalam Banda Aceh

Supratiknya, A.2008. Merancang Program dan Modul Psikoedukasi. Yogyakarta: Penerbit Universitas Sanata Dharma

Saleh,Umniyah. (Tanpa tahun). Intervensi ABK Learning Disabilities Kasus Disleksia. Makassar: Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin

Triyanto.,&Permatasari,Desti R.(tanpa tahun).Pemenuhan Hak Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi.https://journal.um.ac.id

Walsh. J.(2010). Psychoeducation In Mental Health, Lyceun Books Inc., Chicago

Downloads

Published

2022-08-31

Issue

Section

Articles

Citation Check