Teknik Symbolic Modeling Untuk Meningkatkan Percaya Diri Terhadap Keaktifan Belajar Pada Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.31100/jurkam.v7i2.2844Keywords:
Konseling Individu, Symbolic Modeling, Percaya Diri, Keaktifan BelajarAbstract
Kepercayaan diri merupakan aspek kepribadian, percaya pada kemampuan diri sendiri sehingga tidak terpengaruh oleh orang lain dan dapat berbuat sesuka hati, senang, optimis dan bertanggung jawab. Keyakinan dan perilaku, perasaan, motivasi batin dan hati nurani untuk melakukan sesuatu dengan itikad baik, pada seseorang yang memahami dirinya dengan baik dan pada seseorang yang dapat menyadari potensi dirinya. Dengan percaya diri, seseorang dapat menghadapi tantangan baru, percaya diri dalam situasi sulit dan mengembangkan sikap positif tanpa mengkhawatirkan situasi dan keadaan yang berbeda. Setiap orang memiliki tingkat percaya diri yang berbeda. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kepercayaan diri terhadap keaktifan belajar siswa melalui konseling individu dengan teknik symbolic modeling di SMK Negeri 6 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan Penelitian Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A, dengan satu subjek dan peneliti akan melakukan penelitian selama 12 sesi. Pada tahap pertama peneliti melakukan 3 kali pertemuan Baseline (A1), pada tahap kedua peneliti melakukan 6 kali pertemuan pada tahap Intervensi (B) dan pada tahap ketiga yaitu pertemuan Baseline (A2).
References
Adawiyah, D. P. R. (2020). Pengaruh penggunaan aplikasi tiktok terhadap kepercayaan diri remaja di kabupaten sampang. Jurnal Komunikasi, 14(2), 135–148.
Afifah, A., Hamidah, D., & Burhani, I. (2019). Studi komparasi tingkat kepercayaan diri (self confidence) siswa antara kelas homogen dengan kelas heterogen di sekolah menengah atas. Happiness, Journal of Psychology and Islamic Science, 3(1), 44–47.
Agustriyana, N. A. (2017). Fully Human Being Pada Remaja Sebagai Pencapaian Perkembangan Identitas. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 2(1), 9. https://doi.org/10.26737/jbki.v2i1.244
Akuntansi, T. P. (2014). 3) 1, 2, 3). 17–26.
Ananda, Y., & Damri, D. (2021). Peningkatan Kemampuan Menentukan Nilai Tempat Bilangan Melalui Media Tangga Pintar Bagi Anak Kesulitan Belajar Berhitung Kelas IV di SDN 06 Batang Anai. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1138–1146.
Andriyani, J. (2020). Peran Lingkungan Keluarga Dalam Mengatasi Kenakalan Remaja. At-Taujih : Bimbingan Dan Konseling Islam, 3(1), 86. https://doi.org/10.22373/taujih.v3i1.7235
Anidar, J. (2017). Teori belajar menurut aliran kognitif serta implikasinya dalam pembelajaran. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan Dan Konseling Islami, 3(2), 8–16.
Anindya, D. A. P. (2021). PENGGUNAAN TEKNIK SOSIODRAMA DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DIRI SISWA SMA. PD ABKIN JATIM Open Journal System, 2(1), 56–61.
Anisah, L., & Handayani, E. S. (2020). Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Modelling Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Siswa Smp Negeri 1 Pelaihari. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia, 6, 23–28. https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR
Annisa, A. S. A. N., Yuliadi, I., & Nugroho, D. (2020). Penggunaan Media Sosial Whatsapp pada Mahasiswa Kedokteran 2018. Wacana, 12(1), 86–109. https://jurnalwacana.psikologi.fk.uns.ac.id/
Aprianti, E. (2017). Penerapan Pembelajaran Bcm ( Bermain , Cerita , Emosional Anak Usia Dini Di Kober Baiturrohim Kabupaten Bandung Barat. Tunas Siliwangi: Jurnal Program Studi Pendidikan Guru PAUD STKIP Siliwangi Bandung, 3(2), 195–211. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/651
Aristiani, R. (2016). Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Informasi Berbantuan Audiovisual. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2), 182–189. https://doi.org/10.24176/jkg.v2i2.717
Aristiyani, C. (2015). PENGARUH SENAM OTAK ARM ACTIVATION (MENGAKTIFKAN TANGAN) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PERMULAAN PADA ANAK AUTISTIK KELAS VI DI SLB AUTISMA DIAN AMANAH YOGYAKARTA. WIDIA ORTODIDAKTIKA, 4(3).
Armadi, A. (2017). Pendekatan scientific dalam pembelajaran tematik terpadu di SD. Autentik: Jurnal Pengembangan Pendidikan Dasar, 1(1), 52–64.
Arnesti, N., & Hamid, A. (2015). Penggunaan media pembelajaran online–offline dan komunikasi interpersonal terhadap hasil belajar bahasa inggris. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 2(1), 85–99.
Arumsari, C. (2016). Konseling individual dengan teknik modeling simbolis terhadap peningkatan kemampuan kontrol diri. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 2(1).
Asiyah, N. (2013). Pola Asuh Demokratis, Kepercayaan Diri dan Kemandirian Mahasiswa Baru. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 2(2), 108–121. https://doi.org/10.30996/persona.v2i2.98
Asmiati, N. (2019). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Pada Anak Tunagrahita Ringan Melalui Metode Kupas Rangkai Dengan Teknik Reposisi Bunyi. Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa, 4(2).
Asri, A., Syafruddin, M. A., & Karim, A. (2021). Pengaruh Percaya Diri Terhadap Kemampuan Roll Depan Mahasiswa Penjaskesrek STKIP YPUP. Sportify Journal, 1(2), 49–56.
Astuti, D., Wasidi, & Sinthia, R. (2019). ISSN 2599-1221 (Cetak) ISSN 2620-5343 (Online) https://ejournal.unib.ac.id/index.php/j_consilia. Jurnal Consilia, 2(1), 66–74. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/j_consilia
Astuti, S. I., Arso, S. P., & Wigati, P. A. (2015). Analisis standar pelayanan minimal pada instalasi rawat jalan di RSUD Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 3(1), 103–111.
Atmaja, T. T. (2014a). Upaya meningkatkan perencanaan karir siswa melalui bimbingan karir dengan penggunaan media modul. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 57.
Atmaja, T. T. (2014b). Upaya Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Melalui Bimbingan Karir dengan Penggunaan Media Modul. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 57. https://doi.org/10.12928/psikopedagogia.v3i2.4466
Azmi, I. U., Nafi’ah, N., Thamrin, M., & Akhwani, A. (2021). Studi Komparasi Kepercayaan Diri (Self Confidance) Siswa yang Mengalami Verbal Bullying dan Yang Tidak Mengalami Verbal Bullying di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3551–3558.
Cantarika, K. (2021). PENINGKATAN KEMAMPUAN MELEMPAR BOLA KASTI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 14 PADANG. PODIUM: Siliwangi Journal of Sport Science, 1(2), 84–88.
Dahlan. (2014). нÑкой организации по разделу «ÐпидемиологичеÑÐºÐ°Ñ Ð±ÐµÐ·Ð¾Ð¿Ð°ÑноÑÑ‚ÑŒNo Title. Manajemen Asuhan Kebidanan Pada Bayi Dengan Caput Succedaneum Di Rsud Syekh Yusuf Gowa Tahun, 4(2014), 9–15.
Daulay, N., Siregar, S. R., & Hamidah, S. (2023). El-Mujtama : Jurnal Pengabdian Masyarakat El-Mujtama : Jurnal Pengabdian Masyarakat. 3(1), 35–40. https://doi.org/10.47467/elmujtama.v3i1.2161
Devi Juniawati, & Zaly, N. W. (2021). Hubungan Kekerasan Verbal Orang Tua Terhadap Kepercayaan Diri Pada Remaja. Buletin Kesehatan: Publikasi Ilmiah Bidang Kesehatan, 5(2), 53–63. https://doi.org/10.36971/keperawatan.v5i2.89
Diananda, A. (2019). Psikologi Remaja Dan Permasalahannya. Journal ISTIGHNA, 1(1), 116–133. https://doi.org/10.33853/istighna.v1i1.20
Duntari, R. A. A. (2018). Strategi perencanaan karier remaja melalui peningkatan pemahaman Self Concept. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 1(3), 117–123.
Eryanti, D. (2020). Solution Focused Brief Therapy untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Remaja. Prophetic : Professional, Empathy and Islamic Counseling Journal, 3(2), 221. https://doi.org/10.24235/prophetic.v3i2.7598
Fahmi, N. N., & Slamet, S. (2016). Layanan Konseling Kelompok dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa SMK Negeri 1 Depok Sleman. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 13(2), 69–84.
Fatmawaty, R. (2017). Memahami Psikologi Remaja. Jurnal Reforma, 2(1), 55–65. https://doi.org/10.30736/rfma.v6i2.33
Fiorentika, K., Santoso, D., & Simon, I. (2016). Keefektifan Teknik Self-Instruction Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Smp. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 1(3), 104–111. https://doi.org/10.17977/um001v1i32016p104
Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1–5. https://doi.org/10.29210/02017182
Fitria, Y., & Martias, Z. (2021). MEDIA TAS BILANGAN ANAK TUNAGRAHITA RINGAN DI SLB AL-ISLAAH PADANG MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENAMBAH TUMPUKAN DENGAN TEKNIK ONE TIME SAVING. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 4(1), 13–20.
Fransisca, R., Wulan, S., & Supena, A. (2020). Meningkatkan Percaya Diri Anak dengan Permainan Ular Tangga Edukasi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 630. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.405
Guanabara, E., Ltda, K., Guanabara, E., & Ltda, K. (n.d.). No 主観的å¥åº·æ„Ÿã‚’ä¸å¿ƒã¨ã—ãŸåœ¨å®…高齢者ã«ãŠã‘ã‚‹ å¥åº·é–¢é€£æŒ‡æ¨™ã«é–¢ã™ã‚‹å…±åˆ†æ•£æ§‹é€ 分æžTitle.
Hamidah, S., & Rizal, M. S. (2022). Edukasi Kesehatan Reproduksi dan Perkembangan Remaja di Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Kecamatan Gresik Kabupaten Gresik Jawa Timur. Journal of Community Engagement in Health, 5(2), 237–248. https://jceh.org/index.php/JCEH/article/view/384
Harita, A., Laia, B., & Zagoto, S. F. L. (2022). Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa SMP Negeri 3 Onolalu Tahun Pelajaran 2021/2022. Counseling For All (Jurnal Bimbingan Dan Konseling), 2(1), 40–52.
Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model pembelajaran kooperatif dalam menumbuhkan keaktifan belajar siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13.
Hidajahturrokhmah, N., Kemuning, D. R., Rahayu, E. P., Araujo, P. A., Taqwim, R. A., & Rahmawati, S. (2018). Sosialisasi Hiv Atau Aids Dalam Kehamilan Di Rt 27 Rw 10 Lingkungan Tirtoudan Kelurahan Tosaren Kecamatan Pesantren Kota Kediri. Journal of Community Engagement in Health, 1(1), 14–16. https://doi.org/10.30994/10.30994/vol1iss1pp16
Hidayah, N. & Silaen, S. M. . (2011). Peningkatan Prestasi Belajar Melalui Dukungan Sosial dan Kepercayaan Diri pada Remaja (siswa SMP) di Rusunawa Jatinegara Barat. Ikraith-Humaniora, 3 (1)(1), 46–52.
Hidayanto, D. K., Hasna, A., Ajijah, N., & Khoerunnisa, Y. (2021). Pengaruh Kecanduan Telpon Pintar (Smartphone) pada Remaja (Literature Review). Jurnal Publisitas, 8(1), 73–79.
Hidayat, W., Suryana, Y., & Fauziah, F. (2020). Manajemen Bimbingan Dan Konseling Dalam Pendidikan Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan UNIGA, 14(2), 346–354.
Humaida, R., Munastiwi, E., Irbah, A. N., & Fauziah, N. (2022). Strategi mengembangkan rasa percaya diri pada anak usia dini. Kindergarten: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Indonesia, 1(2), 1–15.
Idayani, N. P. (2018). Pengaruh pembelajaran kooperatif model STAD terhadap keaktifan dan hasil belajar IPA kelas VII SMP. Journal of Education Action Research, 2(1), 30–39.
Indrayani, S., Suarni, N. K., & Dantes, N. (2023). Efektivitas konseling kelompok dengan teknik modeling simbolik berbasis TPACK dalam meningkan kecerdasan emosi anak usia dini.
Indriastuti, M., Hindiarto, F., & Haryanti, K. (2015). Individual Coaching Program Dengan Metode Grow untuk Meningkatkan Kompetensi Coaching Kepala Sub Bagian Personalia PDAM Tirta Bumi Serasi Kabupaten Semarang. PREDIKSI, 4(1), 61.
Iskandar, L., Giyono, G., & Widiastuti, R. (2015). PENGGUNAAN LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL PADA SISWA KELAS VIII. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 4(3).
Jannah, M. (2017). Remaja Dan Tugas-Tugas Perkembangannya Dalam Islam. Psikoislamedia : Jurnal Psikologi, 1(1), 243–256. https://doi.org/10.22373/psikoislamedia.v1i1.1493
Juwitaningrum, I. (2013). Program bimbingan karir untuk meningkatkan kematangan karir siswa SMK. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 132–147.
Kamil, B., Monica, M. A., & Maghrobi, A. B. (2018). Meningkatkan Rasa Percaya Diri Peserta Didik SMP dengan Menggunakan Teknik Assertive Training. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 5(1), 23–34.
Khoiruzzadi, M., & Prasetya, T. (2021). Perkembangan kognitif dan implikasinya dalam dunia pendidikan. Madaniyah, 11(1), 1–14.
Komala. (2015). Mengenal dan mengembangkan kemandirian anak usia dini melalui pola asuh orang tua dan guru. Tunas Siliwangi, 1(1), 31–45. http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/tunas-siliwangi/article/view/90
Komariyah, S., & Lathifah Nuryanto, I. (2020). Efektifitas Layanan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Client Centered Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Pada Siswa Kelas Viii Smp N 16 Yogyakarta Tahun Ajaran 2018/2019. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 78–90. https://doi.org/10.31316/g.couns.v4i1.456
Kusbudiyanto, L., & Munandar, A. I. (2019). Karakteristik Siswa Putus Sekolah Pada Jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Di Kota Bekasi. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 6(2), 298–318.
Kusrini, W., & Prihartanti, N. (2014). Hubungan dukungan sosial dan kepercayaan diri dengan prestasi bahasa Inggris siswa kelas VII SMP Negeri 6 Boyolali. Jurnal Penelitian Humaniora, 15(2), 131–140.
Kusuma, L., Dimyati, D., & Harun, H. (2021). Perhatian orang tua dalam mendukung keterampilan sosial anak selama pandemi covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 373–491.
Kusumawati, E. (2020). Pengembangan Layanan Informasi Teknik Symbolic Model Dalam Membantu Mengembangkan Kemandirian Belajar Anak Usia Sekolah Dasar. JURNAL MITRA SWARA GANESHA, 7(1), 19–36.
Laa, N., Winata, H., & Meilani, R. I. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division terhadap minat belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 2(2), 251–260.
Lestari, B. S., & Mamus, E. (2022). Sikap over protective orang tua dan kepercayaan diri remaja. INNER: Journal of Psychological Research, 2(1), 15–24.
Lestari, I. (2015). Pengembangan Layanan Informasi Teknik Symbolic Model Dalam Membantu Mengembangkan Kemandirian Belajaranak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 1(1).
Lestiawan, F., & Johan, A. B. (2018). Penerapan Metode Pembelajaran Example Nonexample Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Dasar-Dasar Pemesinan. Jurnal Taman Vokasi, 6(1), 98–106.
M.B.P, R. L., W, R. N., & Saputra, W. T. (2022). Pelatihan Keseimbangan Emosi Di Masa Pandemi Covid-19 (SMPN 88 Jakarta Barat). Ikra-Ith Abdimas, 6(2), 37–44. https://doi.org/10.37817/ikra-ithabdimas.v6i2.2404
Mahdalena, R., Shodiq, M. S., & Dewantoro, D. A. (2020). Melatih Motorik Halus Anak Autis Melalui Terapi Okupasi. Jurnal Ortopedagogia, 6(1), 1–6.
Makmum, A. S. (2017). Karakteristik Perilaku dan Kepribadian pada Masa Remaja. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 2(2), 17–23. https://jurnal.iicet.org/index.php/jpgi/article/view/220
Mamlu’ah, A. (2019). Konsep percaya diri dalam al qur’an surat Ali Imran Ayat 139. Al-Aufa: Jurnal Pendidikan Dan Kajian Keislaman, 1(1), 30–39.
Miftah, M. (2003). Character development of children learning through social science. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(1), 204–217.
Mirhan, J. B. K. J. (2016). Hubungan antara percaya diri dan kerja keras dalam olahraga dan keterampilan hidup. Jorpres (Jurnal Olahraga Prestasi), 12(1).
Muslimin, M. (2017). Terapi Tasawuf Sebagai Upaya Penanggulangan Stress, Depresi, Dan Kecemasan. Ghaidan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1–26. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/ghaidan/article/view/2030
Mustofa, A., & Arisandi, Y. (2021). Konsep Percaya Diri Perspektif Al-Qur’an. Al-Jadwa: Jurnal Studi Islam, 1(1), 19–41.
Mutahari, H. (2016). Hubungan antara kepercayaan diri dengan kecemasan sosial pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kalasan Tahun Ajaran 2015-2016. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 5(3).
Novi Yona Sidratul Munti, & Dwi Asril Syaifuddin. (2020). Analisa Dampak Perkembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Bidang Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1799–1805. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/655
Nugraha, M. (2018). Manajemen kelas dalam meningkatkan proses pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 4(01), 27–44.
Nugroho, A. A., Handayani, A., & Maulia, D. (2022). Implementasi Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi dalam Meningkatkan Pemahaman Diri Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 6 Pekalongan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 3456–3466.
Nur, L. C. N. (2020). Implementasi Discovery Learning terhadap Keaktifan Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Materi Should and Offering di Kelas XI IPS 1 MA Mambaul Ulum Megaluh. EDUSCOPE: Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Dan Teknologi, 6(1), 65–72.
Nurfia, Y. T., Hadi, S., Ibrahimy, U., Situbondo, S., Nahdlatul, U., & Blitar, U. (2022). Realitas Dinamika Psikologi Remaja Dan Permasalahanya Persepektif Al- Qur ’ an. 2(3), 71–83.
Nurhikmah, M., & Ananda, S. D. (2022). EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR THERAPY MENGGUNAKAN TEKNIK SIMBOLIS DAN LIVE MODELING DALAM MEMINIMALISIR KECEMASAN KARIR MAHASISWA AKHIR. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 16(1), 40–51.
Nurkia, S., & Sulkifly, S. (2020). Penerapan Teknik Konseling Restrukturisasi Kognitif untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa. JAMBURA Guidance and Counseling Journal, 1(1), 14–30. https://doi.org/10.37411/jgcj.v1i1.133
Oktariani. (2018). Peranan Self Efficacy dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Kognisi, 3(1), 45–54. http://e-journal.potensi-utama.ac.id/ojs/index.php/KOGNISI/article/view/492
Oktarina, Y., Yuliana, Y., & Nurhusna, N. (2022). UPAYA PENCAPAIAN TUGAS PERKEMBANGAN REMAJA MELALUI TERAPI KELOMPOK TERAPEUTIK (TKT). Medical Dedication (Medic): Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat FKIK UNJA, 5(2), 412–417.
Patandung, A. B., & Saragih, M. J. (2020). PERAN GURU KRISTEN DALAM MENUMBUHKEMBANGKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA [THE ROLE OF CHRISTIAN TEACHERS IN DEVELOPING STUDENTS’CONFIDENCE IN MATHEMATICS]. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 3(2), 180–199.
Pebriana, P. H. (2017). Analisis penggunaan gadget terhadap kemampuan interaksi sosial pada anak usia dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1–11.
Perdana, F. J. (2019). Pentingnya kepercayaan diri dan motivasi sosial dalam keaktifan mengikuti proses kegiatan belajar. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 8(2).
Pertiwi, H. (2020). Menumbuhkan Sikap Sopan Santun Dalam Kehidupan Sehari–Hari Melalui Layanan Klasikal Bimbingan Dan Konseling Kelas XI SMA Negeri 3 Sukadana. Jurnal Inovasi Bimbingan Dan Konseling, 2(2), 65–69.
Prahmana, R. C. I. (2021). Single Subject Research (Teori dan Implementasinya: Suatu Pengantar). Yogyakarta: UAD Press.
Pubertas, P. M. (n.d.). No Title.
Purwadi, I. M. A. (2022). PENGARUH PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EUCATION (RME) BERBANTUAN MEDIA BELAJAR BERBASIS DIGITAL “KAHOOT!†TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika Indonesia, 11(2), 81–88.
Purwanto, N. A. (2020). Peranan Kepala Sekolah Dan Guru Dalam Pendidikan Karakter Bangsa Di Smk Dalam Mewujudkan Jati Diri Bangsa. Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 16(1), 21. https://journal.uny.ac.id/index.php/istoria/article/view/32451
Putra, M., & Laili, A. (2022). PENERAPAN MEDIA KANTONG MISTERIUS DORAEMON UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(1), 39–50.
Putri, A. (2016). Pentingnya Kualitas Pribadi Konselor Dalam Konseling Untuk Membangun Hubungan Antar Konselor Dan Konseli. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 1(1), 10. https://doi.org/10.26737/jbki.v1i1.99
Putri, B. A. S., Pranayama, A., & Sutanto, R. P. (2018). Perancangan Kampanye “ Sizter ’ s Project †sebagai Upaya Pencegahan Body Shaming Program Studi Desain Komunikasi Visual , Fakultas Seni dan Desain Universitas Kristen Petra Surabaya Email : [email protected] Abstrak Pendahuluan Kampanye. Journal DKV, 1, 1–9. http://publication.petra.ac.id/index.php/dkv/article/view/7275/6594
Putri, I. A., Widiyanto, R., & Mahmud, M. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran SETS Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa Berkemampuan Rendah (Single Subject Research). Elementar: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 141–160.
Putri, N. E., & Damri, D. (2020). Efektivitas Permainan Lompat Katak untuk Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar bagi Siswa Tunagrahita Ringan. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 16(2), 120–125.
Rachmat, N., & Surono, F. E. (2021). Gambaran Diri Pasien Amputasi Transtibial Akibat Kusta Setelah Menggunakan Transtibial Prosthesis dengan Kompenen ICRC. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 12(2), 574–581. https://doi.org/10.48144/jiks.v12i2.172
Rahayu, H. (2019). KEFEKTIFAN MEDIA PEMBELAJARAN PIZZA HITZ TERHADAP KEMAMPUAN OPERASI HITUNG PECAHAN BIASA PADA ANAK CEREBRAL PALSY TIPE SPASTIK KELAS IV DI SLB NEGERI 1 BANTUL. WIDIA ORTODIDAKTIKA, 8(2), 146–156.
Ramadhani, T. N., & Putrianti, F. G. (2017). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Citra Diri Pada Remaja Akhir. Jurnal Spirits, 4(2), 22. https://doi.org/10.30738/spirits.v4i2.1117
Rasdiany, A. N., & Karneli, Y. (2021). Konseling individual menggunakan teknik WDEP untuk meningkatkan keterampilan belajar siswa. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 5(1), 36–43.
Rencana, D., Pembelajaran, P., Covid-, M. P., & Pkk, D. I. T. K. (n.d.). Desain rencana pelaksanaan pembelajaran (rpp) masa pandemi covid-19 di tk pkk 93 karangtengah. 1, 41–46.
Rohman, F. (2018). Peran Pendidik dalam Pembinaan Disiplin Siswa di Sekolah / Madrasah. Ihya Al-Arabiyah: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Arab, 4(1), 72–94.
Rombe, S. (2013). Hubungan Body Image dan Kepercayaan Diri Dengan Perilaku Konsumtif Pada Remaja Putri di SMA Negeri 5 Samarinda. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(4), 228–236. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v1i4.3520
Sa’diyah, R. (2017). Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16(1), 31–46. https://doi.org/10.15408/kordinat.v16i1.6453
Saam, Z., & Rosmawati, R. (n.d.). STUDI LITERATUR TENTANG KEPERCAYAAN DIRI SISWA REMAJA. Jurnal Online Mahasiswa (JOM) Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 8(1), 213–225.
Salirawati, D. (2012). Percaya Diri, Keingintahuan, Dan Berjiwa Wirausaha: Tiga Karakter Penting Bagi Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(2), 213–224. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.1305
Salo, Y. A. (2017). Pengaruh Metode Discovery Learning Terhadap Keaktifan Belajar Siswa (Studi Quasi Eksperimen Kelas Vii Smpn 6 Banda Aceh). Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(3), 297–304. https://doi.org/10.17509/jpp.v16i3.4825
Samanhudi, S. (2021). Model Manajemen Kegiatan Siswa dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja. Idarah Tarbawiyah: Journal of Management in Islamic Education, 2(2), 122. https://doi.org/10.32832/itjmie.v2i2.4519
Septiani, M. N. (2019). Pengaruh Bimbingan dan Konseling Individu Terhadap Perilaku Konsumtif Remaja. Irsyad : Jurnal Bimbingan, Penyuluhan, Konseling, Dan Psikoterapi Islam, 7(2), 167–190. https://doi.org/10.15575/irsyad.v7i2.877
Setiawan, D. (2018). Dampak Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi Terhadap Budaya Impact of Information Technology Development and Communication on Culture. 4(1), 62–72.
Sheles, M., Marmawi, M., & Amalia, A. (n.d.). KEGIATAN TARI KREASI DALAM MENINGKATKAN KEPERCAAAN DIRI ANAK USIA 5-6 TAHUN DI SANGGAR PANGSUMA M’PAGUK KABUPATEN SEKADAU. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(12), 3105–3115.
Sholiha, S., & Aulia, L. A.-A. (2020). Hubungan Self Concept dan Self Confidence. Jurnal Psikologi : Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan, 7(1), 41–55. https://doi.org/10.35891/jip.v7i1.1954
Sidik, M. (2021). PENGARUH PENGGUNAAN METODE BERCERITA DALAM BIMBINGAN DAN KONSELING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA SMP ISLAM INTEGRAL LUQMAN AL HAKIM BATAM. JURNAL AS-SAID, 1(2), 25–32.
Siswa, H. B. (2021). Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.33830/jp.v22i1.940.2021
Suharto, M. P., Mulyana, N., & Nurwati, N. (2018). Pengaruh Teman Sebaya Terhadap Perkembangan Psikososial Anak Tki Di Kabupaten Indramayu. Focus : Jurnal Pekerjaan Sosial, 1(2), 135. https://doi.org/10.24198/focus.v1i2.18278
Sukatin, M., Pd, I., Nur Amalia, D. N. A., & Irwan Ribowo, D. (2021). UPAYAH MENJADIKAN PEMIMPIN KARISMATIK GUNA MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SERTA WAWASAN DALAM PENDIDIKAN. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 155–167.
Suryati, N., & Salehudin, M. (2021). Program Bimbingan Dan Konseling Untuk Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Dan Emosional Siswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 578–588. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.349
Sutanti, T. (2015). Efektivitas teknik modeling untuk meningkatkan empati mahasiswa Prodi BK Universitas Ahmad Dahlan. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 1.
Suwanto, I. (2016). Konseling behavioral dengan teknik self management untuk membantu kematangan karir siswa SMK. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 1(1), 1–5.
Syafi, M., Fathurohman, I., & Fardani, M. A. (2022). Metode Pelatihan Teater untuk Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Anak Usia Sekolah Dasar. 6(1), 88–96.
Tanjung, Z., & Amelia, S. (2017). Menumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 2–6. https://doi.org/10.29210/3003205000
Tegeh, I. M., & Pratiwi, N. L. A. (2019). Hubungan antara motivasi belajar dan keaktifan belajar dengan hasil belajar IPA siswa kelas V SD. Jurnal IKA, 17(2), 150–170.
Triastuti, R., Mulyono, H., & Palupi, W. (2019). Upaya Meningkatkan Self Confidence Melalui Metode Token Economy Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Kumara Cendekia, 7(3), 292. https://doi.org/10.20961/kc.v7i3.36447
Triningtyas, D. A. (2016a). Studi kasus tentang rasa percaya diri, faktor penyebabnya dan upaya memperbaiki dengan menggunakan konseling individual. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1).
Triningtyas, D. A. (2016b). Studi Kasus Tentang Rasa Percaya Diri, Faktor Penyebabnya Dan Upaya Memperbaiki Dengan Menggunakan Konseling Individual. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1). https://doi.org/10.25273/counsellia.v3i1.239
Utami, N. W. (2018). Komunikasi Interpersonal Kyai dan Santri dalam Pesantren Modern di Tasikmalaya, Sebuah Pendekatan Interactional View. Jurnal Komunikasi, 12(2), 141–152.
Utami, Y. G. D. (2013). Self efficacy dengan kesiapan kerja siswa sekolah menengah kejuruan. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 1(1), 40–52.
Utomo, S. T., & Azizah, A. S. (2022). INTERNALISASI NILAI KECERDASAN SOSIAL REMAJA DALAM KEGIATAN BAKTI SOSIAL IPNU-IPPNU Internalization of Youth Social Intelligence Values in IPNU-IPPNU Social Service Activities. 4(2), 41–46.
Vandini, I. (2016). Peran Kepercayaan Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 5(3), 210–219. https://doi.org/10.30998/formatif.v5i3.646
Widodo, H., Sari, D. P., Wanhar, F. A., & Julianto, J. (2021). Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan dan Konseling Terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa SMK. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2168–2175.
Widyanti, I. F., Sudarma, I. K., & Riastini, P. N. (2017). Kecenderungan kualitas rasa percaya diri siswa kelas v sd negeri 2 sukasada kabupaten buleleng. MIMBAR PGSD Undiksha, 5(2).
Wulandari, S., & Marlina, M. (2018). Meningkatkan kemampuan menulis kalimat dengan model pembelajaran picture and picture bagi anak tunarungu kelas VIII di SLB Negeri 2 Padang. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 6(2), 268–274.
Yani, N. L. G. M. M., Dharsana, I. K., & Suranata, K. (2014). Penerapan Konseling Behavioral dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Proaktif Siswa Kelas X BB SMA Negeri 2 Singaraja. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 2(1).
YANTI, A. Y. U. S., Suarni, N. K., & SETUTI, N. I. M. (2013). Penerapan model konseling behavioral teknik modeling untuk mengembangkan sikap empati siswa Kelas XC UPW SMKN 1 Singaraja. Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, 1(1).
Yanti, O. F., Prahmana, R. C. I., & Fitriyah, F. (2018). Single subject research: Pembelajaran phytagoras pada siswa introvert kelas VIII. Beta: Jurnal Tadris Matematika, 11(1), 37–49.
Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. (2019). Optimalisasi peran guru pendidikan agama Islam sebagai konselor dalam mengatasi masalah belajar siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 7(1), 79–96.
Yulianto, A., Nopitasari, D., Qolbi, I. P., & Aprilia, R. (2020). Pengaruh Model Role Playing Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Pada Pembelajaran Matematika SMP. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 3(1), 97–102.
Yulianto, T. (2018). Efektivitas Media Pembelajaran Busy Book Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Dengan Hambatan Majemuk Kelas X Di Slb Negeri 1 Bantul. WIDIA ORTODIDAKTIKA, 7(7), 748–763.
Zahara, F. (2017). Pengendalian Emosi Ditinjau Dari Pola Asuh Orangtua Pada Siswa Usia Remaja Di Sma Utama Medan. 94.Kognisi Jurnal, 1(2), 2528–4495.
Zulamri, Z. (2019). Pengaruh Layanan Konseling Individual Terhadap Keterbukaan Diri (Self Disclosure) Remaja Di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Klas II B Pekanbaru. At-Taujih: Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(2), 19–36.
Zulhadi, R., Marwinda, M., & Masril, M. (2023). Pengaruh Konseling Kelompok Teknik Asertif Dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Siswa Kelas X di SMA 1 Dua Koto. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 2386–2392.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright of any open access articles in journals published by JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa authorized author to hold unrestricted copyrightThe author also grants the third party the right to use the article freely provided that its integrity is maintained and its original author, details of quotations and publishers are identified. Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. formalizes the terms and conditions of this publication and these terms.
In addition to Jurkam's copyright policy: Jurnal Konseling Andi Matappa, some journals also follow the Open Accses policy and endorsement of the Public Domain Dedication Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Creative Commons License applies to all data published in this journal.
If a writer is prevented from becoming a copyright holder (eg for government employees), little variation is required. In such cases, copyright lines and license statements in individual articles will be adjusted, for example to say '© 2017 copyright'. Authors who require this type of variation should notify Jurkam during or immediately after the submission of their article. Changes to the copyright line can not be made after the publication of the article.
Exceptions to copyright policy There may be exceptions to copyright and permissions for previously published articles under different policies from the above. For example, sometimes Jurkam: Jurnak Konseling Andi Matappa may publish articles together with other publishers, and different permission conditions may apply. However, in all cases, access to this article is free of cost or other access restrictions.
Â
JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.