Pembentukan Karakter Religius Remaja Melalui Bimbingan Konseling Berbasis Al-Qur'an

Penulis

  • Muchammad Saiful Machfud Universitas Negeri Islam Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia
  • Maemonah Maemonah Universitas Negeri Islam Sunan Kalijaga Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/jurkam.v5i2.1216

Kata Kunci:

Karakter Religius, Bimbingan Konseling, Al-Qur'an

Abstrak

Karakter religius sangatlah diperlukan oleh para remaja untuk menghadapi degradasii moral. Agar nantinya mereka dapat berperilaku dengan apa yang sudah diajarkan dan ditetapkan dalam agama. Bimbingan konseling berbasis Al-Qur’an hadir untuk membantu dalam menyelesaikan persoalan yang ada, dengan berlandaskan dan berpedoman pada Al Qur’an. Artikel ini bermaksud untuk  membentuk karakter yang religius. sesuai dengan apa yang di ajarkan .dalam Al Qur’an. Metode yang digunakan pada penelitian ini berbentuk kajian pustaka (library research). Data-data dikumpulkan melalui penelitian-penelitian dan buku yang relevan yang telah dipublikasikan sebelumnya dalam kurun waktu 5 tahun terakhir. Hasil penelitian dijabarkan dalam narasi yang bersifat deskriptif yang lebih luas dan komprehensif. Bimbingan konseling berbasis Al-Qur’an, berlandasakan sumber utamanya Al-Qur’an. Pembentukan karakter religius dijelaskan dalam ayat-ayat Al-Qur’an yang kemudian diimplementasikan dalam proses bimbingan konseling. Hal ini menimbulkan suatu pendekatan-pendekatan, yakni: 1).Pendekatan fitrah, 2).Pendekatan sa’adah mutawazinah (keseimbangan kebahagian antara dunia dan akhirat), 3).Pendekatan kemandirian, 4).Pendekatan keterbukaan dan 5).Pendekatan secara sukarela.

Kata kunci: Karakter Religius, Bimbang Konseling, Al-Qur'an

Biografi Penulis

Muchammad Saiful Machfud, Universitas Negeri Islam Sunan Kalijaga Yogyakarta

 Universitas Negeri Islam Sunan Kalijaga Yogyakarta

Referensi

Ahsanulkhaq, Moh. (2019). Membentuk Karakter Religius Peserta Didik Melalui Metode Pembiasaan. Jurnal Prakarsa Paedagogia. Vol. 2, No. 1.

BKKBN. (2010). Pendalaman Materi Membantu Remaja Memahami Dirinya. Jakarta: Di-rektorat Remaja dan Perlindungan Hak-hak Reproduksi.

Dian Nugraheni , Moh. Iqbal Mabruri, S. S. (2018). EFEKTIVITAS MEMBACA AL- QUR ’ AN UNTUK MENURUNKAN Abstrak. INTUISI: JURNAL PSIKOLOGI ILMIAH, 10(1), 59–71.

Fitri, A. (2018). Pendidikan Karakter Prespektif Al-Quran Hadits. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, Vol.1 No.2(2), 38–67. https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://media.neliti.com/media/publications/264720-pendidikan-karakter-prespektif-al-quran-4e0376cd.pdf&ved=2ahUKEwjz3-6AssPsAhWCTX0KHWnjD4gQFjAIegQIBRAB&usg=AOvVaw1-0FAF0BwOItFVkD_Efpdh

Hasinuddin, M. (2018). Pengaruh Teman Sebaya Dan Pemanfaatan Media Massa Terhadap Kejadian Perilaku Seksual Pranikah Remajaa Kelas X. NURSING UPDATE: Jurnal Ilmiah Ilmu Keperawatan. Vol. 10, No. 9.

Hidayati, Khoirul Bariyyah dan Farid, M. Konsep Diri, Adversity Quotient dan Penyesuaian Diri Pada Remaja. Jurnal Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Vol. 5, No. 02.

Irwan, S. (2017). Al-Qur'an Dan Konseling. Al Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling. Vol. 7, No. 2.

Komariah, Siti., & Adilansyah. (2018). Perilaku Menyimpang Remaja Sebagai Dampak Dari Terpaan Pornografi Di Desa Bajo Kecamatan Soromandi Kabupaten Bima. Jurnal Komunikasi dan Kebudayaan. Vol. 5, No 2.

Lubis, Saiful Akhyar. 2017. Konseling Islami: Dalam Komunitas Pesantren. Medan: Perdana Publishing.

Mafirja, S. (2018). Pengembangan Pengembangan Pendidikan Karakter Melalui Pelayanan BK di Sekolah. Satya Widya, 34(1), 22–30. https://doi.org/10.24246/j.sw.2018.v34.i1.p22-30

Mannan, Audah. (2017). PEMBINAAN MORAL DALAM MEMBENTUK KARAKTER REMAJA (Studi Kasus Remaja Peminum Tuak di Kelurahan Suli Kecamatan Suli Kabupaten Luwu). Jurnal Aqidah-Ta. Vol. III, No. 1.

Mas’udi & Istiqomah. (2017). Terapi Qur ’ ani Bagi Penyembuhan Gangguan Kejiwaan ( Analisis Pemikiran Muhammad Utsman Najati tentang Spiritualitas al-Qur ’ an bagi Penyembuhan Gangguan Kejiwaan ). Penelitian STAIN Kudus, 8(1), 133–150.

Nurwahyuni, A. (2019). Literature Review: Perbedaan Pendidikan Karakter yang Diterapkan pada Generasi X, Y dan Z. Psikologi Pendidikan, April, 66–75. http://fppsi.um.ac.id/wp-content/uploads/2019/07/9-LITERATURE-REVIEW-PERBEDAAN-PENDIDIKAN-KARAKTER-YANG-DITERAPKAN-PADA-GENERASI-X-Y-DAN-Z-66-75.pdf

Oktari, Dian Popi dan Kokasih, Aceng. Pendidikan Karkter Religius Dan Mandiri Di Pesantren. JPIS: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. Vol. 28, No. 1.

Popy Irawati, M. S. L. (2017). PENGARUH MEMBACA AL-QUR’AN TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA KLIEN DENGAN HIPERTENSI DI RSK DR. SITANALA TANGERANG Popy. Jurnal Ilmiah Keperawatan Indonesia, 1(1), 35–45.

Putro, Khamim Zarkasih. (2017). Memahami Ciri Dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. APLIKASIA: Jurnal Aplikasi Ilmu-ilmu Agama. Vol. 17, No. 1.

Safitri, N. E., & Novirizka Hasan, S. U. (2018). Strategi Layanan Bimbingan Dan Konseling Dalam Pengembangan Nilai Karakter Religius. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 2(1), 19. https://doi.org/10.31100/jurkam.v2i1.64

Tim Penyusun. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Zannah, Fathul. (2020). Intregrasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter Berbasis Al-Qur'an. Jurnal Umpalangkarya. Vol. 5, No. 2.

Diterbitkan

2021-08-30

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check