Efektifitas Solution Focused Brief Counseling Untuk Mereduksi Perilaku Compulsive Internet Use Pada Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31100/jurkam.v5i2.1447Kata Kunci:
Solution focused brief counseling, compulsive internet useAbstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : 1) Gambaran tingkat compulsive internet use siswa di SMA Negeri 3 Pangkep. 2) Efektivitas penerapan solution focused brief counseling dapat mereduksi perilaku compulsive internet use siswa di SMA Negeri 3 Pangkep. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif eksperimen. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental design. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Tingkat compulsive internet use siswa di SMAN 3 Pangkep berada pada kategori tinggi. 2) Solution focused brief counseling efektif dapat mereduksi secara signifikan compulsive internet use pada siswa di SMAN 3 Pangkep. Berdasarkan hasil penelitian mengenai solution focused brief counseling untuk mereduksi perilaku compulsive internet use SMAN 3 Pangkep maka, disimpulkan bahwa tingkat compulsive internet use siswa di SMAN 3 Pangkep sebelum diberi solution focused brief counseling berada pada kategori tinggi menjadi kategori sedang sehingga penerapan Solution focused brief counseling efektif dapat mereduksi secara signifikan compulsive internet use pada siswa di SMAN 3 Pangkep.
Referensi
Andangsari, E.W dan Rani, A.F. 2014. Problematic Internet Use Pada Remaja Pengguna Facebook Di Jakarta Barat. Jurnal Humaniora, Vol.5 No.1 Hal 306-315.
Anwar, K. 2015. Konseling Kelompok dengan Teknik Solution Focused Brief Counseling (sfbc) untuk Meningkatkan Self-Esteem Siswa di SMA Negeri 9 Bulukumba. Skripsi. Makassar: Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar.
Bannik. 2015. Solution Focused Brief Therapy. Jurnal Konseling Indonesia. Vol.1 No.1 Hal 36-37.
Brate, A.T. 2017. Compulsive Internet Use And Academic Procrastination: Significant Comparative,Correlative And Predicting Ondicators In A Romanian Student Sample. International Conveference Knowledge- Based Organitation, Vol.23 No.2 Hal 251-255.
Corey, G. 2009. Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy Eight Edition. USA: Thomson Higher Education.
Hakim, N & Alifatullah. 2016. Remaja dan Internet. Prosiding SEMNAS Penguatan Individu di Era Revolusi Informasi. (hal 311-319). Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Masya, H. 2013. Konseling Kognitif Perilaku dalam Menangani Gangguan Kecanduan Internet pada Remaja (Penelitian Eksperimen Kuasi terhadap Siswa Kelas XI SMA Negeri 6 Bandung Tahun Pelajaran 2012/2013). Tesis. Bandung: Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.
Mutakin, F, & dkk. 2016. Efektifitas Konseling Ringkas Berfokus Solusi untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Teori, Penelitian Dan Pengembangan, Vol.1 No.11 Hal 2220-2225.
Nurmalasari, Y. 2016. Konseling Singkat Berfokus Solusi Dalam Mengembangkan Kemampuan Mengendalikan Compulsive Internet Use Siswa. Empati jurnal bimbingan dan konseling, Vol.3 No.2 Hal 1-16.
Palmer, S. 2011. Introduction to Counseling and Psychotherapy. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Rahmani, I. 2016. Efektifitas Konseling Singkat Berfokus Solusi untuk Meningkatkan Enggangement Siswa yang Menunjukkan Gejala Burnout. Skripsi. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Ulfah, D.M & Yunita, F.N. 2015. Pengaruh Kepribadian, Kontrol Diri, Kesepian, Dan Jenis Kelamin Terhadap Penggunaan Internet Kompulsif Pada Remaja. Tazkiya:Journal of psikologi, Vol.20 No.1 Hal 113-132.
Untari, C.Y. 2017. Penggunaan Solution Focus Brief Therapy (SFBT) Melalui Layanan Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Harga Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 26 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Bandar Lampung: Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Lampung.
Young, K & De Abreu, CN. 2010. Internet Addiction A Handbook and Guide to Evaluation and Treatmen. Internet Addiction.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Copyright of any open access articles in journals published by JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa authorized author to hold unrestricted copyrightThe author also grants the third party the right to use the article freely provided that its integrity is maintained and its original author, details of quotations and publishers are identified. Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. formalizes the terms and conditions of this publication and these terms.
In addition to Jurkam's copyright policy: Jurnal Konseling Andi Matappa, some journals also follow the Open Accses policy and endorsement of the Public Domain Dedication Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Creative Commons License applies to all data published in this journal.
If a writer is prevented from becoming a copyright holder (eg for government employees), little variation is required. In such cases, copyright lines and license statements in individual articles will be adjusted, for example to say '© 2017 copyright'. Authors who require this type of variation should notify Jurkam during or immediately after the submission of their article. Changes to the copyright line can not be made after the publication of the article.
Exceptions to copyright policy There may be exceptions to copyright and permissions for previously published articles under different policies from the above. For example, sometimes Jurkam: Jurnak Konseling Andi Matappa may publish articles together with other publishers, and different permission conditions may apply. However, in all cases, access to this article is free of cost or other access restrictions.
Â
JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.