Konseling Behaviour Contract dalam Mengurangi Perilaku Verbal Bullying Pada Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.31100/jurkam.v8i1.3193Kata Kunci:
konseling, behavior contract, verbal bullying, peserta didik.Abstrak
Verbal bullying merupakan salah satu jenis bullying yang paling mudah dan sering dilakukan oleh seseorang, khususnya peserta didik. Perilaku verbal bullying yang terus dibiarkan dapat memicu jenis bullying yang lainnya. Perlunya memberikan pemahaman serta upaya untuk mengurangi perilaku verbal bullying sangat penting dilakukan supaya peserta didik memiliki karakter yang mencerminkan seorang pelajar. Seperti yang dialami oleh peserta didik di tingkat sekolah menengah di Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konseling individu dengan teknik behavior contract dalam mengurangi perilaku verbal bullying terhadap peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian Single Subject Research (SSR) dengan menggunakan satu subjek penelitian, dengan desain A-B-A yang dimana proses penelitian ini berlangsung dengan 3 tahapan. Tahapan pertama penelitian melakukan baseline A1 sebanyak 3 kali pertemuan. Kemudian peneliti memberikan treatment pada fase intervensi (B) sebanyak 6 kali pertemuan. Dan tahap terakhir yaitu baseline A2 sebanyak 3 kali pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Referensi
Ahmad, E. H. (2019). Cognitive-behavioral therapy untuk menangani kemarahan pelaku bullying di sekolah. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 4(1), 14–18.
Anderson, H. K., Hayes, S. L., & Smith, J. P. (2019). Animal assisted therapy in pediatric speech-language therapy with a preschool child with severe language delay: a single-subject design. Internet Journal of Allied Health Sciences and Practice, 17(3), 1.
Aryati, S. I. (2022). Hubungan antara konsep diri dengan kematangan emosi pada dewasa awal. Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
Basuni, D. N. D., & Khairun, D. Y. (2021). Hubungan pola asuh orang tua terhadap kematangan emosi remaja. SISTEMA: Jurnal Pendidikan, 2(2), 22–29.
Cindrya, E. (2019). Pengetahuan tentang kehamilan remaja pada orangtua anak usia dini di Desa Muara Burnai II Kabupaten Oki Sumatera Selatan. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 66–82.
Hanik, U. (2019). Peran orang tua terhadap perkembangan moral remaja. Al-Tatwir, 5(1).
Hukubun, N. (2021). Penerapan teknik behaviour contract untuk mengurangi agresi verbal mahasiswa program studi bimbingan konseling UNPATTI. 2, 52–57.
Indra, P. R. C. (2021). Single subject research (teori dan implementasinya: suatu pengantar). In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).
Indriani, L., Falihin, D., & Said, M. (2020). Perilaku bullying siswa di SMP Negeri 23 Makassar. Social Landscape Journal, 1(2), 31–38.
Jamilludin, M., Sugiharto, D. Y. P., & Japar, M. (2019). Group counseling with behavior contract technique to reduce verbal aggressiveness behavior. Jurnal Bimbingan Konseling, 8(4), 179–184.
Juang Sunanto, Koji Takeuchi, H. N. (2005). Pengantar penelitian dengan subyek tunggal. CRICED University of Tsukuba.
Karneli, Y., Firman, F., Yusri, N. F., & Iskandar, A. H. (2022). Use of behavioral cognitive-based innovative creative counseling to prevent student bullying behavior. Jurnal Neo Konseling, 4(4), 36–40.
Kiranti, N., Dewi, D. A., & Furmanasari, Y. F. (2021). Pembelajaran kewarganegaraan sebagai upaya peningkatan moralitas anak. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7203–7209.
Kratochwill, T. R. (1978). Single subject research strategies for evaluating change. Academic Press.
Mardia, B. (2022). Penerapan konseling individual untuk mengatasi permasalahan perilaku belajar peserta didik kelas vii sekolah menengah pertama. Journal of Social Studies, Arts and Humanities (JSSAH), 2(2), 95–99.
Mardiyah, S., & Syukur, B. A. (2020). Pengaruh edukasi dengan metode role play terhadap peningkatan pengetahuan tentang pencegahan bullying pada anak sekolah dasar. Jurnal Kesehatan Kusuma Husada, 99–104.
Maria, I., & Novianti, R. (2016). Pengaruh pola asuh dan bullying terhadap harga diri (self esteem) pada anak kelompok B Tk di Kota Pekanbaru tahun 2016. Jurnal Educhild: Pendidikan Dan Sosial, 6(1), 61–69.
Martin, K. L., & Brasseur, J. A. (2022). Making the case for single-subject experimental design in clinical education and supervision. Perspectives of the ASHA Special Interest Groups, 7(3), 767–781.
Muntasiroh, L. (2019). Jenis-jenis bullying dan penanganannya di SD N Mangonharjo Kota Semarang. Jurnal Sinektik, 2(1), 106–116.
Nasir, A. (2018). Konseling behavioral: solusi alternatif mengatasi bullying anak di sekolah. Journal of Guidance and Counseling, 72.
Oktavian, A. (2021). Hubungan antara kematangan emosi dengan perilaku agresif pada mahasiswa. Universitas Mercu Buana Yogyakarta.
Putra, A. (2020). Metode konseling individu dalam mengatasi bolos sekolah siswa kelas viii SMPN 3 Lengayang Sumatera Barat. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 16(2), 112–126.
Putri, D. (2020). Kematangan emosional terhadap siswa disiplin di sekolah. Psikologi Konseling, 17(2), 733–746.
Putri, Y. R. (2022). Implementasi konseling individu dengan teknik exception dalam mencegah perilaku bolos di SMK Muhammadiyah petanahan [The implementation of individual counseling with exception technique in preventing truancy behavior in SMK Muhammadiyah Petanahan]. Journal of Contemporary Islamic Counselling, 2(1).
Rismayanti, R., & Nuryanto, I. L. (2020). Efektivitas layanan konseling individual dengan teknik behavior contract untuk mengurangi perilaku membolos pada siswa kelas viii di SMP PGRI Kasihan tahun ajaran 2019/2020. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(1), 38–44.
Rokhman, M. K., Sucipto, S., & Masturi, M. (2019). Mengatasi prokrastinasi akademik melalui konseling behavioristik dengan teknik behavior contract. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 2(1).
Satsangi, R., Hammer, R., & Hogan, C. D. (2019). Video modeling and explicit instruction: a comparison of strategies for teaching mathematics to students with learning disabilities. Learning Disabilities Research & Practice, 34(1), 35–46.
Sembung, M. P., Sumual, H., Usoh, E. J., & Rotty, V. N. J. (2022). Pembelajaran berbasis komputer model drills terhadap kemampuan penjumlahan pada anak autis di SLB Paulus Tomohon.
Setyawan, D., Putri, R. Y., & Rahmawati, R. (2018). Peran guru dalam pencegahan bullying di PAUD. MOTORIC, 2(1), 34–43.
Simarmata, S. W., & Muhazir, M. (2021). Pengaruh bimbingan kelompok teknik analisis transaksional terhadap bullying verbal pada remaja di Desa Cempa Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat. Jurnal Serunai Bimbingan Dan Konseling, 10(2), 43–49.
Sitoresmi, D. (2022). Pengaruh konseling individual behaviour kontrak perilaku untuk mengatasi kecanduan game online pada remaja. Counsenesia Indonesian Journal Of Guidance and Counseling, 3(1), 30–37.
Sitorus, M. W. (2021). Konseling individu dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa korban kekerasan di Madrasah Ibtidaiyah Al-Afkari. MUDABBIR (JOURNAL RESEARCH AND EDUCATION STUDIES), 1(1), 32–37.
Sri Sukarti, Kusnarto Kurniawan, M. (2018). Mengurangi bullying verbal melalui konseling kelompok dengan teknik kontrak perilaku. Indonesian Journal of Guidance and Counseling : Theory and Application, 7(1), Hlm. 52.
Sulistianingsih, T. A., Rini, R. A. P., & Saragih, S. (2023). Perilaku agresivitas pada remaja: Menguji peranan kematangan emosi dan kohesivitas. INNER: Journal of Psychological Research, 2(4), 782–794.
Susanti, L. M., & Syukur, Y. (2021). Effectiveness of implementation of individual counseling services in schools in increasing student resilience. Jurnal Neo Konseling, 3(2), 134–140.
Syahruddin, M. (2019). Efektifitas Target-Bullying Intervention Program (T-BIP) dalam kasus bullying di Kabupaten Pangkep. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 1(2), 95–103.
Tahrir, T., Utami, A. C., & Ulfiah, U. (2019). Gambaran memaafkan (forgiveness) pada korban bullying. Jurnal Penelitian Psikologi, 10(2), 13–25.
Tasliah, S., Rusdiyani, I., & Abadi, R. F. (2019). Penggunaan metode jarimatika dalam meningkatkan kemampuan berhitung perkalian pada siswa tunarungu kelas vi di skh samantha kota serang (single subject research di kelas vi SKH Samantha Kota Serang). Jurnal UNIK: Pendidikan Luar Biasa, 3(2).
Tjukup, I. K., Putra, I. P. R. A., Yustiawan, D. G. P., & Usfunan, J. Z. (2020). Penguatan karakter sebagai upaya penanggulangan kenakalan remaja (juvenile delinquency). Kertha Wicaksana, 14(1), 29–38.
Wahyuni, Y. (2021). Problematika moralitas anak pada masa pandemi covid-19 perspektif Immanuel Kant: studi kasus Di Kampung Cikaso Desa Sukamukti Kecamatan Cisompet Kabupaten Garut. Jurnal Penelitian Ilmu Ushuluddin, 1(3), 240–259.
Warjono, P. A., Sultani, S., & Anisah, L. (2020). Layanan konseling individual dengan pendekatan gestalt untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa introvert pada kelas vii di SMP Negeri 2 Martapura. Jurnal Bimbingan Dan Konseling AR-RAHMAN, 6(1), 50–54.
Widodo, S. A., Kustantini, K., Kuncoro, K. S., & Alghadari, F. (2021). Single subject research: alternatif penelitian pendidikan matematika di masa new normal. Journal of Instructional Mathematics, 2(2), 78–89.
Yuyarti. (2018). Mengatasi bullying melalui pendidikan karakter. Jurnal Kreatif, 9(1), 52–57.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Ulfy Alwis Tiasari
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of any open access articles in journals published by JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa authorized author to hold unrestricted copyrightThe author also grants the third party the right to use the article freely provided that its integrity is maintained and its original author, details of quotations and publishers are identified. Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. formalizes the terms and conditions of this publication and these terms.
In addition to Jurkam's copyright policy: Jurnal Konseling Andi Matappa, some journals also follow the Open Accses policy and endorsement of the Public Domain Dedication Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Creative Commons License applies to all data published in this journal.
If a writer is prevented from becoming a copyright holder (eg for government employees), little variation is required. In such cases, copyright lines and license statements in individual articles will be adjusted, for example to say '© 2017 copyright'. Authors who require this type of variation should notify Jurkam during or immediately after the submission of their article. Changes to the copyright line can not be made after the publication of the article.
Exceptions to copyright policy There may be exceptions to copyright and permissions for previously published articles under different policies from the above. For example, sometimes Jurkam: Jurnak Konseling Andi Matappa may publish articles together with other publishers, and different permission conditions may apply. However, in all cases, access to this article is free of cost or other access restrictions.
Â
JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.