E-MOVE: Sebuah Inovasi E-Modul Interaktif Untuk Meningkatkan Toleransi Dan Membantuk Profil Pelajar Pancasila Yang Berkebhinekaan Global Di Era Digital

Penulis

  • Muhammad Jurais Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Suciani Latif Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Akhmad Harum Universitas Negeri Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/jurkam.v8i2.3472

Kata Kunci:

Irasional, E-MOVE, Toleransi, Profil pelajar pancasila, kebinekaan global

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengembangkan E-MOVE sebagai media layanan bimbingan untuk meningkatkan sikap toleransi siswa yang berangkat dari kurangnya informasi siswa tentang sikap toleransi. Tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui gambaran kebutuhan pengembangan E-Modul toleransi sebagai upaya penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam dimensi Berkebhinekaan Global pada siswa SMPN 25 Makassar; 2) Untuk mengetahui prototipe pengembangan E-Modul toleransi sebagai upaya penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam dimensi Berkebhinekaan Global pada siswa SMPN 25 Makassar; 3) Untuk mengetahui tingkat validitas E-Modul toleransi sebagai upaya penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam dimensi Berkebhinekaan Global pada siswa SMPN 25 Makassar; 4) Untuk mengetahui tingkat kepraktisan E-Modul toleransi sebagai upaya penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam dimensi Berkebhinekaan Global pada siswa SMPN 25 Makassar. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yaitu model penelitian pengembangan yang memiliki 5 tahapan, yakni: 1) Analysis; 2) Design; 3) Development; 4) Implementation; 5) Evaluation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kualitatif dan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Terdapat fenomena intoleransi antar siswa di SMPN 25 Makassar seperti mengejek hingga diskriminasi akibatnya siswa menangis, melapor ke guru BK bahkan berkelahi yang disebabkan oleh pikiran irasional (tidak masuk akal); 2) Prototipe E-MOVE mengadaptasi Profil Pelajar Pancasila pada dimensi Berkebinekaan Global dengan menggunakan model Psikoedukasi Cognitive Stage Experiential. E-MOVE di desain menggunakan Canva Pro kemudian finalisasi dengan Heyzine Flipbooks agar berbentuk modul elektronik; 3) Tingkat validitas dari E-MOVE dinyatakan sangat valid berdasarkan materi dan media dengan total persentase 93,75% sehingga layak untuk diujicobakan ke sekolah SMPN 25 Makassar; 4) Tingkat kepraktisan dari E-MOVE dinyatakan praktis berdasarkan dari guru BK dan siswa SMPN 25 Makassar dengan total  persentase 79,5% sehingga dapat diujicobakan secara luas.

Referensi

Anggraeini, N. (2019.) Pengembangan E-Modul Sejarah Lokal Toleransi Antar Umat Beragama Di Desa Tulungrejo Dengan Model Addie. Skripsi. Jember. Universitas Jember.

Alawiyah, S., Rahman, I. K., & Handrianto, B. (2020). Meningkatkan Kesadaran Menutup Aurat Melalui Pendekatan Konseling REBT Islami. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 5(2), 225–239. https://doi.org/10.15575/ath.v5i2.9532

Alifiani, H., Nurhayati, & Yulia, N. (2019). Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Pola Komunikasi Keluarga. Faletehan Health Journal, 6(2), 51–55. https://doi.org/10.33746/fhj.v6i2.16

Armawinda, Y., Noviana, E., & Hermita, N. (2022). Analisis Sikap Toleransi Siswa Kelas Iv SDN 130 Pekanbaru. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(2), 84–91. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i2.35

Awal, R. A. (2020). Nilai-nilai Toleransi dalam Pembelajaran l Agama Islam (Studi SMPN 1 Basarang Kec. Basarang Kab. Kapuas). Tarbiyah Islamiyah, 10(1), 60. http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/tiftk/article/view/5080

Aziz, A., & Hasanah, U. (2022). Penguatan Profil Pelajar Pancasila melalui Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Islam di Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Education and Learning Sciences, 2(2), 1–14. https://doi.org/10.56404/jels.v2i2.19

Bima, S. M. (2021). Penanaman Sikap Toleransi Sosial Siswa Melalui Pembelajaran Sosiologi Di Mts Negeri 6 Ponorogo. Disertasi. Ponorogo: Sekolah Pascasarjana IAIN Ponorogo.

Bina, M. A. H. (2022). Fenomena Hate Speech di Media Sosial dan Konstruk Sosial Masyarakat. Jurnal Peurawi : Media Kajian Komunikasi Islam, 5(1), 21–34.

Borba, M. (2008). Building Moral Intelegence. (Membangun Kecerdasan Moral: Tujuh Kebajikan Utama Agar Anak Bermoral Tinggi). Penerjemah: Lina Jusuf. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Dewi, M. S. A., & Lestari, N. A. P. (2020). E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4, 433–441.

Dewi, N. K. N. S., & Putri, N. K. H. R. (2022). Pembelajaran Bahasa Sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Seminar Pembelajaran Bahasa Sebagai Penguat Profil Pelajar Pancasila, Pedalitra II, 130–134.

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. (2017). Panduan Praktis Penyusunan E-Modul. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Https://123dok.com/document/y86dkk2q-panduan-penyusunan-E-Modul-final.html

Direktur Jenderal Peraturan Perundang-Undangan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. 2015. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 82 Tahun 2015 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Tindak Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Direktur Jenderal Peraturan Perundang-Undangan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. 2018. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2018 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal: Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dismarianti, I., Riswanda, J., Anggun, D. P., Maretha, D. E., & Ulfa, K. (2020, November). Pengembangan Media Pembelajaran Biologi Berbasis Modul Elektronik (E-Modul) pada Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan Kelas VIII SMP/MTS. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi. (hal. 110-119). Palembang: Universitas Islam Negeri Raden Fatah.

Effendi, M. R., Alfauzan, Y. D., & Nurinda, M. H. (2021). Menjaga Toleransi melalui Pedidikan Multikulturalisme. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(1), 43–51. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i1.175

Fitrianah, R. D., & Saputri, M. O. (2021). Strategi Guru IPS dalam Mananamkan Sikap Toleransi pada Siswa Multikultural: Studi Kasus di SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 3(1), 95. https://doi.org/10.29300/ijsse.v3i1.4888

Friska, S. Y., Susilawati, W. O., & Nopriandi, W. (2023). Pengembangan E-Module Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kelas IV Sekolah Dasar pada Kurikulum Merdeka. Wahyu Nopriandi INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3, 14671–14682.

Hadisaputra, P. (2020). Implementasi Pendidikan Toleransi di Indonesia. Dialog, 43(1), 75–88. https://doi.org/10.47655/dialog.v43i1.355

Hambali, I. (2016). Model Cognitive Stage Experiential (CSE) dan Kesadaran Dini Kebhinekatunggalikaan Siswa SD Kelas Rendah. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 1(4), 179–188. https://doi.org/10.17977/um001v1i42016p179

Hambali, I. (2021). Perilaku Ekonomi Melalui Intervensi Komprehensif : Analisis Model Bimbingan dan Konseling Karir bagi Remaja di Indonesia. Pidato Pengukuhan Jabatan Guru Besar, Disajikan dalam Sidang Terbuka Senat Universitas Negeri Malang, Malang: 1 April 2021.

Hayatuz, Z., & Nurrayan. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi pada Materi Koloid di SMAN 1 Darul Imarah. Educator Development Journal, 1(1), 25–41. https://journal.ar-raniry.ac.id/index.php/edj/article/view/2145

Hendratmo, A. A., Anwar, E. S., Pangarak, E. C., Yuliana, E. L., & Sulastri, T. (2021). Penerapan Self Improvement Guna Meningkatkan Kualitas Diri melalui Penggunaan Tools Points of You©. Pengabdi, 2(2), 151–159. https://doi.org/10.26858/pengabdi.v2i2.24970

Hendarman., Saryono, D., Kamdi, W., Sunaryo., Latipun., Winarsunu, T., Chamisijatin, L. Koesoema, D., Indriyanto, B., Hidayati, S., Kurniawan., Sufyadi, S., Setyorini., N.P., Utomo, E., Hadinata, O., Wismayanti, E., Anggraini, L., Setiyorini, H.P.D., Kania, A., & Haura, T. (2017). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemendikbud.

Hidayah, F., Ramadhana, M. R., Mutiara, T., & Purnamasari, N. (2022). Panduan Implementasi Bimbingan dan Konseling untuk jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/service/download.php?kategori=rujukan&id=44

Kemenpppa. (2022). Waspada, Radikalisme Menyusup Di Sekolah Anak-Anak Kita. Https://Kemenpppa.Go.Id/Index.Php/Page/Read/29/3956/Waspada-Radikasme-Menyusup-Di-Sekolah-Anak-Anak-Kita. Diakses 05 Februari 2023.

Komalasari, K. & Saripudin, D. (2017). Pendidikan Karakter Konsep dan Aplikasi Living Values Education. Bandung: Pt Refika Aditama.

Komnasham. (2019). Laporan Tahunan Komnasham Republik Indonesia. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&cad=rja&uact=8&ved=2ahukewidzbp1l5r8ahxqt2wghwnzdu4qfnoecagqaq&url=https%3a%2f%2fwww.komnasham.go.id%2ffiles%2f20201209-laporan-tahunan-komnas-ham-2019 %24v1gfw5he.pdf&usg=aovvaw0jlu1brrzmtbhygk9asj6q. Diakses 06 Februari 2023.

Irawan, A., & Hakim, M. A. R. (2021). Kepraktisan Media Pembelajaran Komik Matematika pada Materi Himpunan Kelas VII SMP/MTs. Pythagoras: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 91–100. https://doi.org/10.33373/pythagoras.v10i1.2934

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224–1238. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v6i1.3622

Luthfi, R. A., Sahari, S. D. D., & Wenda, N. (2022). Pengembangan Media Visual Tentara pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam bagi Siswa Sekolah Dasar. Journal Basic of Education (AJBE), 7(1), 46–57.

Maemunah, M., Sakban, A., & Kuniati, Z. (2023). Peran Guru PPKn melalui Pembimbingan Intensif sebagai Upaya Pencegahan Bullying di Sekolah. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 11(1), 43. https://doi.org/10.31764/civicus.v11i1.16762

Mandayu, Y. Y. B. (2020). Pembentukan Karakter Toleransi melalui Habituasi Sekolah. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 5(2), 31. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v5i2.1598

Marta, N., Djunaidi, D., & Iriani, C. (2022). E-Modul Berbasis Hypercontent: Upaya untuk Mengatasi Kesulitan Pembelajaran Sejarah di Masa Pandemi Covid-19. Tarikhuna: Journal of History and History Education, 4(1), 34–43. https://doi.org/10.15548/thje.v4i1.4275

Martono, W. C. (2019). Upaya Pengembangan Karakter Anak Melalui Model Pembelajaran Experiential Learning. Jurnal Pendidikan Dan Psikologi Pintar Harati, 15(2), 7823–7830.

Muliadi, M. (2022). Penerapan Grammar Translation Method (GTM) dalam Meningkatkan Writing Skill (WS) dan Self-Development (SD) Siswa Madrasah Aliyah (MA) NW Mengkuru. Jurnal Ilmiah Global Education, 3(1), 97–101. https://doi.org/10.55681/jige.v3i1.178

Mulyatiningsih, E. (2011). Riset terapan bidang pendidikan dan teknik. Yogyakarta: UNY Press.

Muzni, A. I., & Sari, Y. (2021). Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Manajemen Waktu. Counseling Milenial (CM), 4(1), 1–12.

Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Buku Ajar Dasar-dasar Statistik Penelitian. Yogyakarta: Sibuku Media.

Ngulya, F. M. K. (2019). Bimbingan Berbasis Eksperiensial untuk Mengembangkan Kesadaran Multikultural. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Borneo, 1(2), 1–6. https://doi.org/10.35334/jbkb.v1i2.1157

Noviani, U. Z., Arifah, R., Cecep, & Humaedi, S. (2018). Mengatasi dan Mencegah Tindak Kekerasan Seksual pada Perempuan dengan Pelatihan Asertif. Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 48–55. https://doi.org/10.35673/as-hki.v1i2.484

Nur, Z., & Pangestika, R. R. (2022). Penguatan Karakter Toleransi melalui Budaya Sekolah. Buletin Ilmiah Pendidikan, 1(2), 60–67. https://doi.org/10.56916/bip.v1i2.264

Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Buku Ajar Dasar-dasar Statistik Penelitian. In Yogyakarta: Sibuku Media.

Okpatrioka. (2023). Research And Development ( R & D ) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100.

Palumpun, N. S., Wilujeng, I., Suryadarma, I. G. P., Suyanta, S., & Syaukani, M. H. (2022). Identifikasi Kemandirian Belajar Peserta Didik Menggunakan E-Modul Berbantuan Liveworksheet Terintegrasi Potensi Lokal Toraja. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(2), 558–565. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i2.1245

Pande, N. K. N. N., Putrayasa, I. B., & Sutama, I. M. (2020). Pengembangan Modul Mata Kuliah Bahasa Indonesia di Stimik Stikom Indonesia Berbasis Proyek. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 8(2), 125–135. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v8i2.3315

Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 87 Tahun 2017 Tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta. Presiden Republik Indonesia

Prakastyo, N. D., Marampa, E. R., & Eddy, S. (2023). Toleransi yang Tak Nyata: Problematika Hak Kebebasan Beragama dalam Perspektif Pendidikan Kristen. SOPHIA: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen, 4(2), 91–102. https://doi.org/10.34307/sophia.v4i2.156

Pramuditya, S. A., Khodijah, A. S., & Asnawati, S. (2021). Komunikasi Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbantuan Modul Digital Daring. Edumatica : Jurnal Pendidikan Matematika, 11(03), 143–154. https://doi.org/10.22437/edumatica.v11i03.15123

Probowati, D., Apriani, R., & Indreswari, H. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Case Method pada Mata Kuliah Praktikum Konseling Psikodinamik (Case Method Based E-Module Development in Psychodynamic Counseling Practicum Course). Buletin Konseling Inovatif, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.17977/um059v3i12023p71-80

Sartika, D., Nasehudin, & Suniti. (2020). Pengaruh Penerapan Pendidikan Multikultural Terhadap Sikap dan Toleransi. Edueksos : Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 9(1), 27–42. https://doi.org/10.24235/edueksos.v9i1.6229

Setara. (2022). Ringkasan Eksekutif Indeks Kota Toleran Tahun 2021. Jakarta: SETARA Institute for Democracy and Peace. https://drive.google.com/file/d/1NxD6YfZAkvd8v8rPeFqjBYac4nH3kkNb/view

Setara. (2023). Kasus Perundungan Dan Intoleransi Di SDN Jomin Barat Ii: Cegah Menguatnya Ekosistem Intoleransi Di Dunia Pendidikan. https://setara-institute.org/kasus-perundungan-dan-intoleransi-di-sdn-jomin-barat-ii-cegah-menguatnya-ekosistem-intoleransi-di-dunia-pendidikan/?utm_source=rss&utm_medium=rss&utm_campaign=kasus-perundungan-dan-intoleransi-di-sdn-jomin-barat-ii-cegah-menguatnya-ekosistem-intoleransi-di-dunia-pendidikan. Diakses Tanggal 24 Juli 2023.

Simbolon, J. M. E. (2023). Peran Gereja Terhadap Pertumbuhan Spiritualitas Kaum Muda Di GKPI Klaten Dalam Perspektif William Perry. Skripsi. Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.

Siyoto, S., Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Karanganyar: Literasi Media Publishing

Subagyo, A. (2020). Implementasi Pancasila dalam Menangkal Intoleransi, Radikalisme dan Terorisme. Jurnal Rontal Keilmuan PKn, 6(1), 10–24. http://journal.umpo.ac.id/index.php/JPK/article/view/734

Sudewo, S. H., & Erdansyah, F. (2022). Analisis Kelemahan Hasil Karya Gambar Poster Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Perbaungan T.A 2019/2020 Berdasarkan Gambar, Tipografi, dan Warna. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 10(1), 78–89. https://doi.org/10.24269/dpp.v10i1.4441

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Susanti, Y., Fusnika, F., & Suryameng, S. (2020). Startegi Membentengi Kalangan Pelajar Terhadap Paham Radikalisme dan Intoleransi di SMPN 01 Seberuang Kabupaten Kapuas Hulu. JURNAL PEKAN : Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 5(1), 1–14. https://doi.org/10.31932/jpk.v5i1.713

Tempo. (2023). Setara Institute Catat Kenaikan Kasus Intoleransi Jelang Tahun Politik. https://nasional.tempo.co/read/1706562/setara-institute-catat-kenaikan-kasus-intoleransi-jelang-tahun-politik. Diakses Tanggal 24 Juli 2023.

Tuljannah, L., & Khabibah, S. (2021). Pengembangan E-Book Interaktif pada Materi Bentuk Aljabar untuk Siswa SMP. MATHEdunesa, 10(2), 330–338. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v10n2.p330-338

Tvonenews. (2022). Saling Ejek Nama Orang Tua, Siswa SMP di Lampung Tewas Ditangan Teman Sekelasnya. https://www.tvonenews.com/daerah/sumatera/68311-saling-ejek-nama-orang-tua-siswa-smp-di-lampung-tewas-ditangan-teman-sekelasnya. Diakses Tanggal 30 Oktober 2023.

Unairnews. (2020). Habitus Pendidikan dan Intoleransi di Kalangan Pelajar. https://news.unair.ac.id/2020/05/27/habitus-pendidikan-dan-intoleransi-di-kalangan-pelajar/?lang=id. Diakses 05 Februari 2023.

Unesco. (1995). Declaration of Principles on Tolerance Proclaimed and signed by the Member States of UNESCO. November 16, 1995. http://www.unesco.org/cpp

Wafidhi, A. (2023). New Masculinities as Prevention and Resistance to Violence Against Women. Journal of Feminism and Gender Studies, 3(2), 159. https://doi.org/10.19184/jfgs.v3i2.39687

Wahidah, N., Zubair, M., Fauzan, A., & Alqodri, B. (2023). Implementasi Profil Pelajar Pancasila di SMP Negeri 1 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1b), 696–703. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i1b.1287

Widianto, & Mutmainnah, F. (2022). Penguatan Nilai Toleransi Melalui Budaya Sekolah di SMK Plus 2 Mei. Jurnal Multidisiplin Madani, 2(1), 267–276. https://doi.org/10.54259/mudima.v2i1.360

Wijayanti, D. N., & Muthali’in, A. (2023). Penguatan Dimensi Berkebinekaan Global Profil Pelajar Pancasila melalui Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Educatio, 18(1), 172–184. https://doi.org/10.29408/edc.v18i1.12518

Winata, K. A., Fauzi, T., & Surtiyoni, E. (2022). Model Bimbingan Konseling Berbasis E-Modul : Upaya Preventif Terhadap Perilaku Pornografi Siswa MTs Negeri 1 Muratara. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 16–25. https://doi.org/10.33084/suluh.v8i1.3795

Zen, E.F & Atmoko, A. (2019). Bimbingan Konseling untuk Multikultural di Sekolah. Malang: Elang Mas

Diterbitkan

2024-08-28

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check