Efektivitas Pelatihan Regulasi Diri Dalam Belajar Terhadap Academic Self-Handicapping Pada Siswa SMA

Penulis

  • Sri Nurcahaya Habiba Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Ahmad Razak Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Basti Tetteng Universitas Negeri Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/jurkam.v8i2.3653

Kata Kunci:

Academic self-handicapping, Pelatihan Regulasi diri Dalam Belajar, Siswa SMA

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelatihan regulasi diri dalam belajar terhadap academic self-handicapping pada siswa SMA. Partisipan dalam penelitian ini adalah siswa kelas X usia 14-17 tahun yang telah dipilih sebagai sampel dengan jumlah 20 partisipan yang dibagi menjadi yaitu, eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan berupa pelatihan regulasi diri dalam belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan skala academic self-handicapping dan skala regulasi diri dalam belajar dengan pretest dan posttest. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen-kuasi dengan The Untreated Control Group Design with Dependent Pretest and Posttest Samples dengan pemberian pelatihan regulasi diri dalam belajar menggunakan expository learning model. Hasil analisis data menggunakan independent sample t-test yang diolah dengan bantuan SPSS for windows 25. Hasil menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata skor kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dengan mean difference sebesar 5,8 maka dapat disimpulkan bahwa pelatihan regulasi diri dalam belajar mampu secara efektif menurunkan tingkat academic self-handicapping pada siswa SMA.

Referensi

Darabi, K., Hosseinzadeh, M., Kahkesh, M., & Noyadi, S. (2023). The effectiveness of self-regulation training in Improving Engagement and Academic Resilience of Male Students. Int. J. School Health, 10 (2), 98-105. doi: 10.30476/INTJSH.2023.98339.1299.

Endiape, H.K. & Hermosa, J. (2023). Academic self-handicapping and self-regulation learning strategies for student Engagement in Perfomence of Grade 8 Student in Araling Panlipunan. International Journal of Multidiscilpinary: Applied business and education research, 4(9), 3164-3179. doi:dx.doi.org/10.11594/ijmaber.04.09.09Asmani, J. M. 2012. Panduan Efektif Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jogjakarta: Diva Press

Ferradas, M., Freire, C., Valle, A., & Nunez, J. (2016). Academic goals and self-handicapping strategies in university students. The Spanish Journal of Psychology, 19(24), 1-9. doi:10.1017/sjp.2016.25

Gupta, S. & Geetika, M. (2020). Academic self-handicapping scale: Development and validation in Indian context. International Journal of Instruction, 13(4), 87-102. doi:10.29333/iji.2020.1346a.

Hanifah, F. & Rusmawati, D. (2019). Pengaruh pelatihan self-regulated learning terhadap prokrastinasi akademik pada siswa SMP Negeri 33 Semarang. Jurnal Empati, 8(2), 124-130.

Izadpanah, S & Charmi, M. (2022). The effect of social network on academic self-handicapping with the mediating role of self-regulatory learning stategies and academic achievement among EFL students. Frontiers in Psychology, 1-13. doi: 10.3389/fpsyg.2022.987381

Javidan, S., Khanzadeh, A., & Abolghasemi, A. (2018). Effectiveness of Meta-Cognitive Skill Training on Academic self-handicapping and self-efficacy of Students. Iranian Rehabilitation Journal, 16(1), 69-76. Doi: doi/10.29252/NRIP.IRJ.16.1.69

Legowo, E. (2017). Model Pembelajaran Berbasis Penstimukan Multiple Intelligences Siswa. Jurbal Kajian Bimbingan dan Konseling, 2(1), 1-8.

Masrurah, A., Pandang, A., & Latif, S. (2023). Efektivitas Konseling Kelompok Teknik Cognitive Disputation dalam Mengatasi Academic Self-Handicapping Siswa Sekolah Menengah Pertama, Journal of Art, Humanity & Social Studies, 3(3), 187-196.

Nizar, N. (2019). Self-regulated Learning training untuk menurunkan prokrastinasi pretasi akademik pada siswa kelas X SMK Y di Malang. Prosiding Seminar Nasional Psikologi.

Santrock, J.W. (2011). Educational Psychology (5th ed.). New York: The McGraw-Hill

Schwinger, M., Trautner, M., Fabianek, S., Lemmer, G., Lauermann, F., & Wirthwein, L. (2021). Why do students use stratgies that hurt their Chances of Academic Sucsess? A meta-analysis of antecedents of Academic self-handicapping. Journal of Educational Psychology, 1-23. http://dx.doi.org/10.1037/edu0000706

Ulfa, M. (2021). Pelatihan Self-regulated learning Singkat: Apa mungkin efektif?. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(4), 768-782. Doi:10.30872/psikoborneo

Vidyadhara, K., & Sawitri, D., R. (2018). Hubungan antara regulasi diri dengan academic self-handicapping pada mahasiswa fakultas teknik universitas diponegoro yang sedang mengerjakan tugas akhir. Jurnal Empati, 7(1), 247-255.

Diterbitkan

2024-08-28

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check