Pengembangan Model Bimbingan Belajar Quantum Learning Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa

Penulis

  • Ahmad Yusuf STKIP Andi Matappa, Indonesia
  • Nurhidayatullah Nurhidayatullah STKIP Andi Matappa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/jurkam.v3i2.459

Kata Kunci:

Bimbingan Belajar, Quantum Learning, Kemandirian Belajar

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui gambaran kebutuhan siswa terhadap pengembangan model bimbingan belajar Quantum Learning di SMA Negeri 3 Pangkep. (2) Mengetahui gambaran uji keterpakaian (akseptabilitas) dan keberterimaan model bimbingan belajar Quantum Learning di SMA Negeri 3 Pangkep  (3) Mengetahui gambaran model bimbingan belajar Quantum Learning yang dikembangkan oleh peneliti. Pendekatan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Subjek dalam penelitian terdiri dari ahli praktisi bimbingan konseling, ahli bimbingan konseling dan siswa kelas X sebanyak 40 orang.  Pengumpulan data dengan menggunakan instrument skala dan wawancara. Teknik analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengembangan model bimbingan belajar quantum learning untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa sangat dibutuhkan di SMA Negeri 3 Pangkep.(2) Pengembangan model bimbingan belajar quantum learning untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa melalui uji keterpakaian (akseptabilitas) mendapat penilaian baik dan uji keberterimaan mendapat penilian cukup baik, yaitu dapat diterima dan digunakan di SMA Negeri 3 Pangkep.(3) Pengembangan model bimbingan belajar quantum learning untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa yang dikembangkan berupa buku panduan  yang terdiri aspek tujuan, sasaran, sarana pendukung, peran konselor, prosedur pelaksanaan dan evaluasi kegiatan. (4) Penerapan model bimbingan belajar quantum learning memiliki pengaruh terhadap tingkat kemandirian belajar siswa yaitu dapat meningkatkan kemandirian belajar siswa kelas X di SMA Negeri 3 Pangkep.

Biografi Penulis

Ahmad Yusuf, STKIP Andi Matappa

Bimbingan dan Konseling

Nurhidayatullah Nurhidayatullah, STKIP Andi Matappa

Bimbingan dan Konseling

Referensi

Astutik. 2017. Model Quantum Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pecahan. Jurnal unublitar, vol. 2, No. 2: 124-129.

DePoter & Hernacki. 2011. Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan, Ahli Bahasa: Alwiyah Adbulrahman, Bandung: Kaifa.

Fatihah. 2016. Hubungan Antara Kemandirian Belajar dengan Prestasi Belajar PAI Siswa Kelas III SDN Panularan Surakarta. Jurnal KB-TKIT Ahmad Maryam Surakarta, Volume. 1, No. 2, ISSN: 2527-823.

Hendriani. 2011. Penerapan Metode Pembelajaran Quantum Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal administrasi pendidikan, Vol.13 No.1.

Mujisuciningtyas. 2014. Pengaruh Kemandirian Belajar Dan Sarana Prasarana Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Praktik Di SMK Negeri 2 Tuban. Vol.2 No.

Putra & dkk. 2017. Penerapan Metode Pembelajaran Mandiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal pendidikan laur sekolah, vol.1 No. 1:23-36.

Saefullah & dkk. 2013. Hubungan Antara Sikap Kemandirian Belajar Dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X Pada Pembelajaran Fisika Berbasis Portofolio. Jurnal Wahana Pendidikan Fisika, Vol. 1, No. 1: 26-36.

Tahir & hadriyanti. 2014. Pengaruh Bimbingan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pondok Pesantren Madrasah Aliyah Al-Utrujiyyah Kota Karang. Jurnal bimbingan dan konseling, vol. 1, No.2, 2014:63-76.

Wulanditya. 2013. Quantum Learning: Experiment To Increase Learning Outcomes. Journal of accounting and business education, ISSN 2528-7281.

Yusra & dkk. 2017. Model Bimbingan Belajar Berbasis Prinsip-Prinsip Belajar Dalam Islam Untuk Meningkatkan Kemanfaatan Ilmu. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, Vol. 6 No. 2 : 106 – 112, ISSN 2252-6889.

Diterbitkan

2019-08-30

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check