Stres Belajar Mahasiswa Universitas Borneo Tarakan Di Tengah Pandemi Covid-19

Penulis

  • Siti Rahmi Universitas Borneo Tarakan, Indonesia
  • Riski Sovayunanto Universitas Borneo Tarakan, Indonesia
  • Nurul Fadilah Universitas Negeri Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/jurkam.v4i2.699

Kata Kunci:

Stress, Belajar, Mahasiswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi Tingkat Stres Belajar Mahasiswa Universitas Borneo Tarakan Di Tengah Pandemi Covid-19. Adapun metode penelitian yang digunakan dengan  pendekatan kuantitatif yang sifatnya deskriptif atau dapat dikatakan penelitian survey. Data penelitian ini dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif yang sifatnya kuantitatif atau Mencari prosentase. Adapun hasil penelitiannya adalah terdapat pada kategori kurang dan kategori kurang sekali, sehingga hasilnya terlihat pada analisis secara keseluruhan sebanyak 97 subjek (48,26%). Sedangkan berdasarkan per indikatornya sebanyak 147 subjek (73,14%), dengan indikator tingkat Stressor, sedangkan pada indikator Reaksi Tingkat Stressor sebanyak 100 subjek (49,75%). Jadi, dari hasil porsentase tersebut terlihat pada kategori kurang baik, artinya tingkat stress belajar mahasiswa Unversitas Borneo Tarakan dapat dikatakan tinggi.

Biografi Penulis

Siti Rahmi, Universitas Borneo Tarakan

Nama Siti Rahmi

NIDN 0028088304

Program Studi Bimbingan dan Konseling

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

Universitas Borneo Tarakan

Referensi

Abimanyu, Soli dan Manrihu.Thayeb. 1996. Teknik dan Laboratorium Konseling. Jakarta: Proyek Pendidikan Tenaga Akademik

Gibson, Ivanocevich & Donnely. 1990. Organisasi dan Manajemen: Perilaku Struktur Proses. Jakarta: Penerbit Erlangga

Nurmalitasari, 2010, Stres pada siswa SMA, http// eprints. Undip.ac. id/ 10959/1/ringkasan pdf. Diakses Februari 2020

Rahmi, Siti. 2020. Antologi dari Bumi Panguntaka:COVID-19:Dampak dan Solusi. Penerbit: Syah Kuala University Press dan Universitas Borneo Tarakan.

Santrock, John W. 2007, Educational Psychologi, 2nd eddition, terjemahan, Psichologi Pendidikan, Alih bahasa, Tri wibowo BS, 2007: Jakarta. Kencana Pranada media

Sugiono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R & D, dan Penelitian Pendidikan). Bandung: Alfabeta

Diterbitkan

2020-08-24

Terbitan

Bagian

Articles

Citation Check