Metode Layanan Bimbingan Dan Konseling Untuk Membangun Kompetensi Difabel Netra
DOI:
https://doi.org/10.31100/jurkam.v5i1.918Kata Kunci:
blind diffable, guidance and counseling, reality therapyAbstrak
Referensi
Andriani, N. S. 2016. Kebijakan Responsif Disabilitas: Pengarusutamaan Managemen Kebijakan di Level Daerah, Nasional dan Internasional. PALASTREN, 9(1), 26.
Arista Kiswantoro, Indah Lestari, & Edris Zamroni. 2017. Konseling bagi Konseli Berkebutuhan Khusus. Proceeding Seminar Dan Lokakarya Nasional Revitalisasi Laboratorium Dan Jurnal Ilmiah Dalam Implementasi Kurikulum Bimbingan Dan Konseling Berbasis KKNI.
Brebahama, A., Triman, A., & Kumalasari, D. 2020. Pelatihan Penanganan Anak Berkebutuhan Khusus Bagi Instruktur, Konselor, dan Relawan Yayasan Mitra Netra dan Persatuan Tunanetra Indonesia. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(1), 75.
Handayana, S. 2016. Difabel dalam Alquran. INKLUSI, 3(2), 267.
Hasneli, H., & Riska, F. M. A. 2019. Gambaran Aktualisasi Diri Penyandang Tuna Netra (Studi pada Boy Sandi Penyanyi Minang). Al-Qalb : Jurnal Psikologi Islam, 9(1), 32–40.
Ika Arinia Indriyany. 2015. Pelayanan Publik Dan Pemenuhan Hak Difabel: Studi tentang Layanan Pendidikan Inklusif melalui Kasus Pemindahan Difabel dari Sekolah Reguler ke Sekolah Luar Biasa di Yogyakarta. INKLUSI, 2(1), 20.
Jamal, K., Fatah, N., & Wilaela, W. 2017. Eksistensi Kaum Difabel Dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Ushuluddin, 25(2), 221.
Kamarudin. 2019. Bimbingan Karir Terhadap Anak Tuna Netra: Studi Kasus di Sekolah Luar Biasa Negeri Pinrang. Indonesian Journal of Islamic Counseling (IJIC), 1(1).
Kartika, R. 2018. Pola Pengasuhan Anak Pada Orang Tua Tuna Netra (Studi Kasus Klinik Pijat Tuna Netra Barokah). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 27(2), 156.
Keumala, C. R. N. 2016. Pengaruh Konsep Desain Universal Terhadap Tingkat Kemandirian Difabel: Studi Kasus Masjid UIN Sunan Kalijaga dan Masjid Universitas Gadjah Mada. INKLUSI, 3(1), 19.
Lisna Marida, & Agustina Ekasari. 2017. Dukungan Keluarga dan Resiliensi Diri terhadap Penyesuaian Sosial pada Penyandang Tuna Netra. Soul, 9(1).
Millati, S. 2016. Social-Relational Model Dalam Undang-Undang Penyandang Disabilitas. INKLUSI, 3(2), 20.
Muttaqin, A. 2019. Etika Sosial terhadap Difabel Netra: Analisis Semantik Alquran. INKLUSI, 6(1), 71.
Nur Kholifah. 2019. Konseling Individual Dengan Teknik Realitas Untuk Menumbuhkan Self-Acceptance Pada Penyandang Disabilitas Sensorik Netra Di Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Netra Mahatmiya Bali. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Surakarta, Surakarta.
Pravitasari, S. E., Soeaidy, M. S., & Hadi, M. t.t. Pemberdayaan Bagi Penyandang Tunanetra Guna Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia (Studi Pada UPT Rehabilitasi Sosial Cacat Netra Malang). 7.
Sukmana, O. 2020. Program Peningkatan Ketrampilan Bagi Penyandang Disabilitas Netra (Studi di Panti Rehabilitasi Bina Netra Malang, Jawa Timur). 9(02), 15.
Susila. 2018. Pelaksanaan Layanan Bimbingan Konseling pada Siswa SLB Sekota Banda Aceh. Skripsi. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry, Banda Aceh.
Suthon. 2016. Pola Keberagamaan Kaum Tuna Netra dan Dampak Psikologis terhadap Penerimaan Diri. Quality, 4(1).
Yulianto, M. J. 2014. Konsepsi Difabilitas Dan Pendidikan Inklusif. INKLUSI, 1(1), 20.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Citation Check
Lisensi
Copyright of any open access articles in journals published by JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa authorized author to hold unrestricted copyrightThe author also grants the third party the right to use the article freely provided that its integrity is maintained and its original author, details of quotations and publishers are identified. Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. formalizes the terms and conditions of this publication and these terms.
In addition to Jurkam's copyright policy: Jurnal Konseling Andi Matappa, some journals also follow the Open Accses policy and endorsement of the Public Domain Dedication Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.Creative Commons License applies to all data published in this journal.
If a writer is prevented from becoming a copyright holder (eg for government employees), little variation is required. In such cases, copyright lines and license statements in individual articles will be adjusted, for example to say '© 2017 copyright'. Authors who require this type of variation should notify Jurkam during or immediately after the submission of their article. Changes to the copyright line can not be made after the publication of the article.
Exceptions to copyright policy There may be exceptions to copyright and permissions for previously published articles under different policies from the above. For example, sometimes Jurkam: Jurnak Konseling Andi Matappa may publish articles together with other publishers, and different permission conditions may apply. However, in all cases, access to this article is free of cost or other access restrictions.
Â
JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.