Bimbingan Teknis Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Microsoft office Powerpoint dan Papan Tulis Digital.
DOI:
https://doi.org/10.31100/matappa.v4i1.1013Keywords:
Media pembelajaran, Power point, Papan tulis Digital, Covid-19Abstract
Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan keterampilan kepada Guru dalam mengelola pembelajaran daring selama masa pandemi. Pengabdian ini dilaksanakan dengan melakukan bimbingan secara teknis dalam membuat media pembelajaran interaktif menggunakan powerpoint. Langkah-langkah dalam pengabdian ini terdiri dari tiga tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi kegiatan. Setelah dilakukan bimbingan teknis, ada hasil yang positif seperti peserta puas karena materi bimbingan sangat mudah dipraktekkan dan sesuai dengan kebutuhan mereka sebagai seorang guru yang mewajibkan untuk selalu berinovasi.
References
Agusriandi, A. (2020). Bimbingan Teknis Pengelolaan Pembelajaran secara Video Conference dengan aplikasi Zoom dan Youtube di Era Pandemi Covid-19. MATAPPA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3, 130–136.
Ahdar, A. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Powerpoint Padu Musik Terhadap Antusiasme Siswa Dalam Pembelajaran Ilmu Sosial. Jurnal Dinamika Penelitian Media Komunikasi Sosial Keagamaan, 18(2), 287–302.
Anggawirya, E. (2011). Microsoft Powerpoint 2010 (7th ed.). Jakarta: PT. Ercontara Rajawali.
Betcher, C and Lee, M. (2009). The Interactive Whiteboard Revolution: Teaching with IWBs. Australia: ACER Press, Chamberwell Victoria.
Detiknews. (2020). https://news.detik.com/berita/d-4991485/kapan-sebenarnya-corona-pertama-kali-masuk-ri. Diakses tanggal 19 Februari 2021.
Hasanah, A., Sri Lestari, A., Rahman, A. Y., & Danil, Y. I. (2020). Analisis Aktivitas Belajar Daring Mahasiswa Pada Pandemi COVID-19. Karya Tulis Ilmiah (KTI) Masa Work From Home (WFH) Covid-19 UIN Sunan Gunung Djati Bandung Tahun 2020, 4–8. Retrieved from http://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/30565.
Ilimu, E., Kaliu, S., Tendrita, M., & Suwo, R. (2020). MATAPPA : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Pembuatan Hand Sanitizer dari Bahan Alami sebagai Langkah Pencegahan Corona Virus Disease 2019 ( COVID-19 ). 3, 137–143.
Pristiwati, R. (2019). Tantangan Rancangan Pembelajaran dalam Era Kompetensi Abad 21 untuk Meningkatkan Kemampuan Keprofesionalan dan Mengelola Pembelajaran Bermakna. Jurnal Abdimas, 23(2), 125–127.
Purwanto, P. (2013). Penggunaan Papan Tulis Interaktif Di Kelas the Use of Interactive Whiteboard in Classroom. Jurnal Teknodik, 17(3), 104. https://doi.org/10.32550/teknodik.v17i3.565
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Jurnal ini memberikan akses terbuka langsung dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan dapat di Akses secara Terbuka atau Gratis untuk semua orang baik untuk dibaca maupun diunduh di bawah lisensi CC-BY.
Ppenulis mempertahankan kepemilikan hak cipta untuk artikel mereka, tetapi penulis memberikan izin kepada orang lain untuk menggunakan konten publikasi di Matappa secara keseluruhan atau sebagian asalkan karya aslinya dikutip dengan benar.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyampaikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahan. Reproduksi bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya dalam basis data dan transmisi dengan bentuk atau media apa pun, seperti elektronik, salinan elektrostatik dan mekanik, fotokopi, rekaman, media magnetik.
MATAPPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.