Pelatihan Pengolahan Data Melalui Program R Bagi Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.31100/matappa.v4i1.1028Keywords:
Pelatihan, Analisis Data, R, PemahamanAbstract
Tujuan kegiatan pengabdian kepada masarakat ini : (1) meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami pengolahan data penelitian; (2) meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam membaca data statistik yang diolahnya berbasil penelitian. Pengabdian ini dilakukan sebagai bagian dari solusi atas permasalahan mereka yang hadapi dalam penyelesaian studi dimana masih banyaknya mahasiswa yang masih bingung dalam mengolah data hasil penelitian mereka dan menginterpretasikan hasil olahan datanya tersebut menjadi suatu kesimpulan dan pembahasan dalam penelitiannya. Sasaran dari kegiatan ini adalah mahasiswa akhir STKIP Andi Matappa yang terdiri dari 2 (dua) prodi yaitu Prodi Bimbingan dan Konseling dan Prodi Matematika dimana setiap prodi diwakili sebanyak 20 mahasiswa sehingga total keseluruhan peserta dari pelatihan ini sebanyak 40 orang. Metode pelatihan ini menggunakan metode simulasi. Hasil Pengabdian menunjukkan pemahaman mahasiswa dalam pengolahan data penelitian dan kemampuan mahasiswa dalam membaca data statistik yang diolahnya berhasil penelitian telah meningkat
References
Asdar. (2016). Method of Successive Interval in Community Research (Ordinal Transformation Data to Interval Data in Mathematic Education Studies). International Journal of Social Science and Humanities Research, 4(2), 356–363.
Fikri, M. El. (2019). Pelatihan Analisis Data Berbagai Model Untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Pengolahan Data Penelitian Berbasis Program SPSS.
Hasyim, M., Ulum, W. M., & Rahayu, D. S. (2017). Pelatihan Metodologi Penelitian Dan Pendampingan Penguasaan Aplikasi Statistika Software Open Source R dan SPSS Bagi Guru SMA. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat (SENIAS), 182–186.
Ismail, R., & Safitri, F. (2019). Peningkatan Kemampuan Analisa Dan Interpretasi Data Mahasiswa Melalui Pelatihan Program SPSS. Jurnal Masyarakat Mandiri, 3(2), 148–155.
Kiha, E. K., & Nafanu, S. (2019). Pelatihan Pengolahan Data Statistik dengan Menggunakan Aplikasi Program SPSS Bagi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Timor Demi Meningkatkan Kualitas Karya Ilmiah Mahasiswa. Jurnal AKRAB JUARA, 4(1), 41–51.
Ningsih, S., & Dukalang, H. (2019). Penerapan Metode Suksesif Interval pada Analsis Regresi Linier Berganda. Jambura Journal of Mathematics, 1(1), 43–53.
Pasaribu, F. T., Multahadah, C., Febrianti, A., & Asiani, R. W. (2018). Pelatihan Peningkatan Kemampuan Analisis Data Penelitian Menggunakan Software SPSS Bagi Pemuda RT. 14 Perumnas Aurduri Indah Kota Jambi. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 2(1), 62–69.
Rahayu, W., & Rohimah, S. R. (2019). Meningkatkan Keterampilanmenggunakan Software R Sebagai Solusi Untuk Meningkatkan Inovasi Pembelajaran Bagi Guru-Guru Matematika SMA DAN SMK di Jakarta Timur. Jurnal Sarwita, 12(2), 134–140.
Rohana, Surmilasari, N., Fitriasari, P., Sari, N., & Jayanti5. (2019). Pelatihan Penggunaan SPSS Bagi Guru Untuk Penelitian Kuantitatif. J-ABDIPAMAS, 3(1), 89–94.
Setyawati, D., Albab, I, U., & Endahwuri, D. (2017). Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Mobile Learning pada Mata Kuliah Matematika Ekonomi.
Solimun, Fernandes, A. A. R., & Arisoesilaningsih, E. (2017). The Efficiency of Parameter Estimation of Latent Path Analysis Using Summated Rating Scale (SRS) and Method of Successive Interval (MSI) for Transformation of Score to Scale. International Conference and Workshop on Mathematical Analysis and Its Applications (ICWOMAA 2017), 1–8.
Suhartono. (2008). Modul Perkuliahan Analisis Data Statistik ITS dengan R. Jurusan Statistika ITS.
Taqwa, M. (2021). Metode Suksesif Interval Pada Motivasi Belajar Matematika Selama Covid-19 Berbasis MSLQ Dengan Software R. Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SANDIKA 2), 29–40.
Taqwa, M. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Dan Bentuk Tes Formatif Terhadap Prestasi Dan Motivasi Belajar Matematika. Seminar Nasional Matematika IndoMS Wilayah Sulawesi SENAMAS, 300–312.
Taqwa, M. (2020). Pengembangan lembar kerja mahasiswa (LKM) untuk menumbuhkan motivasi belajar pada matakuliah kalkulus lanjut di masa pandemi Covid-19. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (5th SENATIK), 263–275.
Taqwa, M., & Taufik, A. (2019a). Pengembangan Buku Ajar Statistika Dengan Software R Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Pemahaman. Histogram : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 122–140.
Taqwa, M., & Taufik, A. (2019b). Statistika dengan R. Deepublish.
Taqwa, M., & Taufik, A. (2019c). Pengembangan Buku Statistika dengan Software R untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman. SEMINAR NASIONAL FKIP Universitas Muslim Maros, 81–87.
Wijaya, T., & Nurhadi. (2020). Peningkatan Kemampuan Pengolahan Data Melalui Pelatihan Statistik dan Aplikasi Program SPSS bagi Guru-Guru SMA di DIY. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 31–33.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Jurnal ini memberikan akses terbuka langsung dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan dapat di Akses secara Terbuka atau Gratis untuk semua orang baik untuk dibaca maupun diunduh di bawah lisensi CC-BY.
Ppenulis mempertahankan kepemilikan hak cipta untuk artikel mereka, tetapi penulis memberikan izin kepada orang lain untuk menggunakan konten publikasi di Matappa secara keseluruhan atau sebagian asalkan karya aslinya dikutip dengan benar.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyampaikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahan. Reproduksi bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya dalam basis data dan transmisi dengan bentuk atau media apa pun, seperti elektronik, salinan elektrostatik dan mekanik, fotokopi, rekaman, media magnetik.
MATAPPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.