Pelatihan Menghadapi Tonasa Science Championship Bidang Matematika pada siswa
DOI:
https://doi.org/10.31100/matappa.v4i1.1030Keywords:
Pelatihan, Tonasa Science Championship, MatematikaAbstract
Tonasa Science Championship (TSC) merupakan bagian dari Program Tonasa Cerdas yang rutin dilaksanakan setiap tahun mendukung pemerintah daerah untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Pangkep. Pelatihan ini bertujuan untuk melatih siswa dan guru SMA Negeri 3 Pangkep dalam menyelesaikan dan menguasai strategi-strategi menghadapi soal-soal Tonasa Science Championship bidang matematika. Kegiatan pelatihan berlangsung selama 3 minggu yang terbagi dalam tiga sesi dengan materi yaitu;(1) strategi pemecahan masalah soal-soal Tonasa Science Championship pada materi aljabar beserta contohnya;(2) strategi pemecahan masalah soal-soal Tonasa Science Championship pada materi geometri beserta contohnya;(3) strategi pemecahan masalah soal-soal Tonasa Science Championship pada materi aritmatika beserta contohnya. Hasil yang diperoleh meningkatnya pengetahuan dan pemahaman siswa tentang menyelesaikan dan menguasai strategi-strategi dalam menghadapi soal-soal Tonasa Science Championship (TSC) bidang matematika.
References
Anim, Rahmadani, E., & Prasetyo, Y. D. (2019). Pelatihan Persiapan Kegiatan Olimpiade Matematika Sebagai Tambahan Ekstrakurikuler Di SMAN 2 Tanjung Balai Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 2(2), 83–86.
Ariyanti, G., Rahajeng, R., & Rahabistara, A. (2019). Pembinaan Olimpiade Sains Melalui Pemberdayaan Klub Matematika dan IPA Bagi Siswa SMP di Kota Madiun. JURNAL ABDIMAS BSI, 2(2), 350–358.
Chandra, T. D., Irawati, S., Susanto, H., & Hasanah, D. (2019). Pelatihan Calon Pembina Olimpiade Matematika Bagi Guru SMP Di Kabupaten Blitar. PEDULI: Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 48–56.
Elvi, M., Liana, M., Sarkity, D., & Fitriyah, D. (2020). Pelatihan OSN Matematika Melalui Soal Berbasis Critical Thinking Skill Bagi Siswa SMP Negeri 4 Tanjungpinang. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 649–654.
Mauliddin. (2018). Pelatihan Olimpiade Matematika Pada Guru Matematika Madrasah Ibtidaiyah Di KKM-MII Kediri Kuripan Lombok Barat. Jurnal Tranformasi, 14(1), 55–62.
Padrul Jana. (2017). Pembinaan Olimpiade Matematika Kelas VA CI SD Negeri Ungaran I Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat J-DINAMIKA, 2(2), 125–128.
Palupi Sri Wijayanti. (2020). Pengembangan Modul Matematika Dan Pelatihan Penyelesaian Soal Bertipe Olimpiade Untuk Tingkat SMA. Communnity Development Journal, 1(3), 354–358.
Prasetyo, P. W., & Sunaryo. (2019). Pelatihan Olimpiade Matematika Tingkat Sekolah Dasar Bagi Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah Se-Kota Yogyakarta. Abdimas Dewantara, 2(2), 98–106.
Prawoto, B. P., Sulaiman, R., Savitri, D., & Fardah, D. K. (2019). Pelatihan Pendamping Olimpiade Matematika SMP Kabupaten Tulungagung. Jurnal ABDI, 5(1), 21–24.
Puja Astawa, I. W. (2007). Model Pembinaan Olimpiade Matematika Sekolah Dasar di Propinsi Bali. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Undiksha, 2(2), 270–286.
Rohati, Pasaribu, F. T., & Kumalasari, D. (2018). PKM Pengayaan Materi Olimpiade Matematika Untuk Guru SD Al Fath Dan SD Jambi Islamic School Kota Jambi Provinsi Jambi. JPKM, 24(4), 870–878.
Rohim, M. F., & Sari, A. F. (2019). Keterampilan Siswa Memecahkan Masalah Olimpiade Matematika Ditinjau dari Kepribadian Tipe Senising dan Intuiting. Jurnal Elemen, 5(1), 80–92.
Sarkity, D., Elvi, M., Liana, M., & Fitriyah, D. (2020). Pembinaan Olimpiade Sains Nasional Bidang Matematika Topik Statistika dan Peluang Pada Siswa SMP Negeri 4 Tanjungpinang. Jurnal Anugerah, 2(1), 27–36.
Setyawan, F., & Prasetyo, P. W. (2019). Pelatihan pembuatan soal olimpiade matematika bagi guru sekolah dasar Muhammadiyah se-Kota Yogyakarta. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, 395–404.
Siregar, T. J. (2017). Pembinaan Olimpiade Matematika Siswa SMP Swasta Namira Islamic School Medan. Amaliyah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 10–13.
Suastika, I. K., & Suwanti, V. (2018). Pelatihan Guru SD Pembimbing Olimpiade Matematika Se-Gugus 7 Kecamatan Sukun Kabupaten Malang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan Dan Pendidikan, 2(2), 77–85.
Suryawan, P. P., Gita, I. N., & Hartawan, I. Y. (2017). Peningkatan Kompetensi Siswa Berbakat dalam Bidang Olimpiade Matematika Tingkat SD. Jurnal Widya Laksana, 6(2), 100–112.
Susilawati, S., Doyan, A., & Taufik, M. (2019). Pengayaan Materi Olimpiade Fisika dan Pelatihan Penyelesaian Soal-Soal Olimpiade Fisika Bagi Guru dan Siswa di Sekolah Mitra. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 2(1), 1–5.
Tambychik, T., & Meerah, T. S. M. (2010). Students’ difficulties in mathematics problem-solving: What do they say? Procedia - Social and Behavioral Sciences, 8(5), 142–151.
Taqwa, M. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Dan Bentuk Tes Formatif Terhadap Prestasi Dan Motivasi Belajar Matematika. Seminar Nasional Matematika IndoMS Wilayah Sulawesi SENAMAS, 300–312.
Taqwa, M. (2020). Pengembangan lembar kerja mahasiswa (LKM) untuk menumbuhkan motivasi belajar pada matakuliah kalkulus lanjut di masa pandemi Covid-19. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (5th SENATIK), 263–275.
Yuniarti, S., & Sari, T. H. N. I. (2020). PKM Strategi Pemecahan Masalah Matematika Sebagai Persiapan OSN Matematika Tingkat SD dan SMP di Kota Balikpapan. JURNAL PENGABDIAN PADA MASYARAKAT, 8(1), 79–85.
Yuntawati, & Sanapiah. (2020). Pembinaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Matematika Jenjang SMP Kabupaten Lombok Tengah. SASAMBO: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 2(3), 172–179.
Zulfikar, R. (2019). Pengaruh Pendekatan Metakognitif Terhadap Kemampuan Representasi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika SMK Kesehatan Nusantara Kupang. Jurnal Inovasi Matematika. Inomatika, 1(2), 91–98.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Jurnal ini memberikan akses terbuka langsung dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan dapat di Akses secara Terbuka atau Gratis untuk semua orang baik untuk dibaca maupun diunduh di bawah lisensi CC-BY.
Ppenulis mempertahankan kepemilikan hak cipta untuk artikel mereka, tetapi penulis memberikan izin kepada orang lain untuk menggunakan konten publikasi di Matappa secara keseluruhan atau sebagian asalkan karya aslinya dikutip dengan benar.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyampaikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahan. Reproduksi bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya dalam basis data dan transmisi dengan bentuk atau media apa pun, seperti elektronik, salinan elektrostatik dan mekanik, fotokopi, rekaman, media magnetik.
MATAPPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.