Pelatihan Menghadapi Tonasa Science Championship Bidang Matematika pada siswa

Authors

  • Rahmat Kamaruddin (Sinta ID: 6085301), STKIP Andi Matappa
  • Muhammad Taqwa STKIP Andi Matappa
  • Vivi Rosida STKIP Andi Matappa

DOI:

https://doi.org/10.31100/matappa.v4i1.1030

Keywords:

Pelatihan, Tonasa Science Championship, Matematika

Abstract

Tonasa Science Championship (TSC) merupakan bagian dari Program Tonasa Cerdas yang rutin dilaksanakan setiap tahun mendukung pemerintah daerah untuk meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Pangkep. Pelatihan ini bertujuan untuk melatih siswa dan guru SMA Negeri 3 Pangkep dalam menyelesaikan dan menguasai strategi-strategi menghadapi soal-soal Tonasa Science Championship bidang matematika. Kegiatan pelatihan berlangsung selama 3 minggu yang terbagi dalam tiga sesi dengan materi yaitu;(1) strategi pemecahan masalah soal-soal Tonasa Science Championship pada materi aljabar beserta contohnya;(2) strategi pemecahan masalah soal-soal Tonasa Science Championship pada materi geometri beserta contohnya;(3) strategi pemecahan masalah soal-soal Tonasa Science Championship pada materi aritmatika beserta contohnya. Hasil yang diperoleh meningkatnya pengetahuan dan pemahaman siswa tentang menyelesaikan dan  menguasai  strategi-strategi  dalam menghadapi soal-soal Tonasa Science Championship (TSC) bidang matematika.

Author Biography

Rahmat Kamaruddin, (Sinta ID: 6085301), STKIP Andi Matappa

Academic Profile :

Google Scholar : Link

Sinta Author Profile : Link

References

Anim, Rahmadani, E., & Prasetyo, Y. D. (2019). Pelatihan Persiapan Kegiatan Olimpiade Matematika Sebagai Tambahan Ekstrakurikuler Di SMAN 2 Tanjung Balai Tahun Pelajaran 2017/2018. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 2(2), 83–86.

Ariyanti, G., Rahajeng, R., & Rahabistara, A. (2019). Pembinaan Olimpiade Sains Melalui Pemberdayaan Klub Matematika dan IPA Bagi Siswa SMP di Kota Madiun. JURNAL ABDIMAS BSI, 2(2), 350–358.

Chandra, T. D., Irawati, S., Susanto, H., & Hasanah, D. (2019). Pelatihan Calon Pembina Olimpiade Matematika Bagi Guru SMP Di Kabupaten Blitar. PEDULI: Jurnal Ilmiah Pengabdian Pada Masyarakat, 3(1), 48–56.

Elvi, M., Liana, M., Sarkity, D., & Fitriyah, D. (2020). Pelatihan OSN Matematika Melalui Soal Berbasis Critical Thinking Skill Bagi Siswa SMP Negeri 4 Tanjungpinang. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(4), 649–654.

Mauliddin. (2018). Pelatihan Olimpiade Matematika Pada Guru Matematika Madrasah Ibtidaiyah Di KKM-MII Kediri Kuripan Lombok Barat. Jurnal Tranformasi, 14(1), 55–62.

Padrul Jana. (2017). Pembinaan Olimpiade Matematika Kelas VA CI SD Negeri Ungaran I Yogyakarta. Jurnal Pengabdian Masyarakat J-DINAMIKA, 2(2), 125–128.

Palupi Sri Wijayanti. (2020). Pengembangan Modul Matematika Dan Pelatihan Penyelesaian Soal Bertipe Olimpiade Untuk Tingkat SMA. Communnity Development Journal, 1(3), 354–358.

Prasetyo, P. W., & Sunaryo. (2019). Pelatihan Olimpiade Matematika Tingkat Sekolah Dasar Bagi Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah Se-Kota Yogyakarta. Abdimas Dewantara, 2(2), 98–106.

Prawoto, B. P., Sulaiman, R., Savitri, D., & Fardah, D. K. (2019). Pelatihan Pendamping Olimpiade Matematika SMP Kabupaten Tulungagung. Jurnal ABDI, 5(1), 21–24.

Puja Astawa, I. W. (2007). Model Pembinaan Olimpiade Matematika Sekolah Dasar di Propinsi Bali. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Undiksha, 2(2), 270–286.

Rohati, Pasaribu, F. T., & Kumalasari, D. (2018). PKM Pengayaan Materi Olimpiade Matematika Untuk Guru SD Al Fath Dan SD Jambi Islamic School Kota Jambi Provinsi Jambi. JPKM, 24(4), 870–878.

Rohim, M. F., & Sari, A. F. (2019). Keterampilan Siswa Memecahkan Masalah Olimpiade Matematika Ditinjau dari Kepribadian Tipe Senising dan Intuiting. Jurnal Elemen, 5(1), 80–92.

Sarkity, D., Elvi, M., Liana, M., & Fitriyah, D. (2020). Pembinaan Olimpiade Sains Nasional Bidang Matematika Topik Statistika dan Peluang Pada Siswa SMP Negeri 4 Tanjungpinang. Jurnal Anugerah, 2(1), 27–36.

Setyawan, F., & Prasetyo, P. W. (2019). Pelatihan pembuatan soal olimpiade matematika bagi guru sekolah dasar Muhammadiyah se-Kota Yogyakarta. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, 395–404.

Siregar, T. J. (2017). Pembinaan Olimpiade Matematika Siswa SMP Swasta Namira Islamic School Medan. Amaliyah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 10–13.

Suastika, I. K., & Suwanti, V. (2018). Pelatihan Guru SD Pembimbing Olimpiade Matematika Se-Gugus 7 Kecamatan Sukun Kabupaten Malang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ilmu Keguruan Dan Pendidikan, 2(2), 77–85.

Suryawan, P. P., Gita, I. N., & Hartawan, I. Y. (2017). Peningkatan Kompetensi Siswa Berbakat dalam Bidang Olimpiade Matematika Tingkat SD. Jurnal Widya Laksana, 6(2), 100–112.

Susilawati, S., Doyan, A., & Taufik, M. (2019). Pengayaan Materi Olimpiade Fisika dan Pelatihan Penyelesaian Soal-Soal Olimpiade Fisika Bagi Guru dan Siswa di Sekolah Mitra. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 2(1), 1–5.

Tambychik, T., & Meerah, T. S. M. (2010). Students’ difficulties in mathematics problem-solving: What do they say? Procedia - Social and Behavioral Sciences, 8(5), 142–151.

Taqwa, M. (2017). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Dan Bentuk Tes Formatif Terhadap Prestasi Dan Motivasi Belajar Matematika. Seminar Nasional Matematika IndoMS Wilayah Sulawesi SENAMAS, 300–312.

Taqwa, M. (2020). Pengembangan lembar kerja mahasiswa (LKM) untuk menumbuhkan motivasi belajar pada matakuliah kalkulus lanjut di masa pandemi Covid-19. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (5th SENATIK), 263–275.

Yuniarti, S., & Sari, T. H. N. I. (2020). PKM Strategi Pemecahan Masalah Matematika Sebagai Persiapan OSN Matematika Tingkat SD dan SMP di Kota Balikpapan. JURNAL PENGABDIAN PADA MASYARAKAT, 8(1), 79–85.

Yuntawati, & Sanapiah. (2020). Pembinaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Matematika Jenjang SMP Kabupaten Lombok Tengah. SASAMBO: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 2(3), 172–179.

Zulfikar, R. (2019). Pengaruh Pendekatan Metakognitif Terhadap Kemampuan Representasi Siswa Dalam Pembelajaran Matematika SMK Kesehatan Nusantara Kupang. Jurnal Inovasi Matematika. Inomatika, 1(2), 91–98.

Downloads

Published

2021-02-28

Issue

Section

Articles