Layanan Informasi Bimbingan dan Konseling Luar Sekolah Pada Remaja Panti Asuhan
DOI:
https://doi.org/10.31100/matappa.v4i1.1057Keywords:
Layanan Informasi, Bimbingan dan Konseling Luar Sekolah, Remaja, Panti Asuhan.Abstract
Tujuan dari pegabdian ini adalah untuk memberikan layanan informasi bimbingan dan konseling luar sekolah pada remaja panti asuhan. Pengabdian ini menggunakan metode ceramah tutorial dan diskusi terbuka dengan menggunakan bahan materi yang telah di print dan melalui power point, laptop, dan speaker. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Peserta kegiatan pengabdian berjumlah 20 orang remaja. Hasil dari kegiatan pengabdian menujukkan bahwa layanan informasi bimbingan dan konseling luar sekolah pada remaja panti asuhan telah berjalan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari indikator bahwa layanan informasi bimbingan dan konseling terdiri dari empat bidang yang dapat diberikan kepada remaja panti asuhan yaitu bidang pribadi, sosial, belajar dan karir dapat dipahami dan dilaksanakan dengan lancar.
References
Basir, G., & Rakhmat, C. (2020). Strengthening Islamic Moral (Akhlak) of Orphanage Adolescents Through Group Guidance Activities With Religious Spiritual Cinematherapy Techniques. In 1st Progress in School Sciences, Humanities and Education Research Symposium (PSSHERS 2019), Volume 464, 731-736.
Bhakti, C. P. (2015). Bimbingan Dan Konseling Komprehensif: Dari Paradigma Menuju Aksi. Jurnal Fokus Konseling, 1(2), 93-106.
Cooper, M., Stafford, M. R., Saxon, D., Beecham, J., Bonin, E. M., Barkham, M. .., & Ryan, G. (2021). Humanistic Counselling Plus Pastoral Care as Usual Versus Pastoral Care as Usual for The Treatment of Psychological Distress in Adolescents in Uk State Schools (Ethos): a Randomised Controlled Trial. The Lancet Child & Adolescent Health, 5(3), 178-189.
Cowie, H., & Sharp, S. (2017). Peer counselling in schools: A time to listen. Routledge.
Durualp, E., & Cicekoglu, P. (2013). A Study on The Loneliness Levels of Adolescents Who Live in An Orphanage and Those Who Live With Their Families. International Journal of Academic Research, 5(4), 231-236.
Gysbers, N. C., & Henderson, P. (2014). Gysbers, N.C & Henderson, P. 2014. Developing & Managing Your School Guidance & Counseling Program. Alexandria, Virginia: (online). John Wiley & Sons. ISBN. 1556203128, 9781556203121.
Hadiwinarto, H. (2020). Best Practice Praktik Bimbingan dan Konseling di Luar Sekolah sebagai Model Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang, (pp. 142-147). Malang.
Hikmawati, F. (2016). Bimbingan dan Konseling. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Husin, A. (2012). Bimbingan Konseling Bagi Penyelenggara Pendidikan Luar Sekolah. Prosiding Seminar Internasional Konseling Malindo-2 (pp. 632-639). Padang: Sriwijaya University Institutional Repository.
Monnalisza, M., & Neviyarni, S. (2018). Pentingnya Penggunaan Media Bimbingan dan Konseling dalam Layanan Informasi. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 3(2), 77-83.
Nor, M. Z. (2020). Counselling: What and How. Counseling and Therapy, IntechOpen.
Prayitno. (2012). Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: Program PPK Jurusan BK UNP.
Putra, S. A., Daharnis, D., & Syahniar, S. (2013). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Self Efficacy Siswa. Konselor, 2(2), 1-6.
Rana, W., Mukhtar, S., & Mukhtar, S. (2020). Mental health of Medical Workers in Pakistan During the Pandemic COVID-19 Outbreak. Asian Journal of Psychiatry, 51, 102080.
Wahyuni, T. (2018). Peranan Layanan Informasi Bimbingan Dan Konseling Terhadap Tingkah Laku Sosial Pada Siswa Kelas XII Kr1 Di SMKN2 Boyolangu Tulungagung. Jurnal Ilmiah Pengembangan Pendidikan (JIPP), 5(3), 1-6.
Wibowo, S. B., Pranoto, H., & Utami, T. N. (2020). Layanan Informasi Teknik Modeling Simbolis Terhadap Persepsi Peserta Didik Kepada Guru Bimbingan dan Konseling. Counseling Milenial, 2(1), 267-283.
Zaini, A., Dianto, M., & Mulyani, R. R. (2020). Pentingnya Penggunaan Media Bimbingan dan Konseling dalam Layanan Informasi. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang, 126-131.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Jurnal ini memberikan akses terbuka langsung dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan dapat di Akses secara Terbuka atau Gratis untuk semua orang baik untuk dibaca maupun diunduh di bawah lisensi CC-BY.
Ppenulis mempertahankan kepemilikan hak cipta untuk artikel mereka, tetapi penulis memberikan izin kepada orang lain untuk menggunakan konten publikasi di Matappa secara keseluruhan atau sebagian asalkan karya aslinya dikutip dengan benar.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyampaikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahan. Reproduksi bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya dalam basis data dan transmisi dengan bentuk atau media apa pun, seperti elektronik, salinan elektrostatik dan mekanik, fotokopi, rekaman, media magnetik.
MATAPPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.