Pelatihan dan Pendampingan Asesmen Adaptabilitas Karir Peserta Didik Berbasis Computer Assisted Testing sebagai Dasar Pengembangan Program Bimbingan dan Konseling Karir di Sekolah Menengah Pertama
DOI:
https://doi.org/10.31100/matappa.v4i1.1080Keywords:
Adaptabilitas karir, asesmen, Career Adapt-Abilities Scale-Short Form, program bimbingan dan konseling karir, scientist-practitioner modelAbstract
Kajian teoretis dan fakta empiris menunjukkan tentang pentingnya adaptabilitas karir peserta didik di era revolusi industri 4.0. Namun, kajian tentang asesmen adaptabilitas karir peserta didik Sekolah Menengah Pertama masih terbatas. Oleh karena itu, diperlukan pelatihan dan pendampingan asesmen adaptabilitas karir peserta didik Sekolah Menengah Pertama berbasis computer assisted testing. Pengabdian masyarakat menggunakan scientist-practitioner model dengan melibatkan 48 orang peserta didik, 1 guru bimbingan dan konseling, dan 1 wakil kepala sekolah SMP YWKA 2 dan Trisula Perwari 3 Jakarta. Data diukur menggunakan Career Adapt-Abilities Scale-Short Form dan dianalisis menggunakan rata-rata dan simpangan baku. Secara operasional, analisis data menggunakan Rash Model 3.75.0 dan SPSS v. 25.0. Hasil pengabdian kepada masyarakat menunjukkan bahwa pelatihan dan pendampingan asesmen adaptabilitas karir dapat memfasilitasi peserta didik dan guru bmbingan dan konseling memahami profil adaptabilitas karir dirinya. Adaptabilitas karir peserta didik SMP cenderung berada pada katgori tinggi, baik secara keseluruhan maupun dimensi keyakinan, kepedulian, dan keingintahuan, namun cenderung rendah pada dimensi pengendalian karir. Hasil ini dapat dijadikan baseline pengembangan program bimbingan dan konseling karir/peminatan untuk meningkatkan adaptabilitas karir peserta didik SMP.
References
Affum-Osei, E., Antwi, C. O., Abdul-Nasiru, I., Asante, E. A., Aboagye, M. O., & Forkouh, S. K. (2019). Career Adapt-Abiities Scale in Ghana: Psychometric properties and associates with individual-level ambiedexterity and employee's service performance. Current Psychology, 1-16.
Albein, A. J., Kidd, M., & Maree, J. G. (2019). Mixed-methods of the applicability of the Career Adapt-Abilities Scale for isiHhosa-speaking South African township adolescents. International Journal for Educational and Vocational Guidance, 1-29.
BPS. (2019). Berita resmi statistik. Jakarta: Badan Pusat Statistik.
BPSDM. (2013a). Modul asesmen peminatan peserta didik. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
BPSDM. (2013b). Panduan khusus bimbingan dan konseling: Pelayanan arah peminatan peserta didik. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Einarsdottir, S., Vilhjalmsdottir, G., Smaradottir, S. B., & Kjartansdottir, G. B. (2015). A culture-sensitive approach in the development of the Career Adapt-Abilities Scale in Iceland: Theoretical and operational considerations. Journal of Vocational Behavior, 89, 172-181.
Hays, D. G. (2013). Assessment in counseling: A guide to the use of psychological assessment procedures. Alexandria, VA: John Wiley & Sons.
Healy, P. (2017). Rethinking the scientist-practitioner model: On the necessary complementarity of the natural and human science dimensions. European Journal of Psychotherapy & Counseling, 19(3), 231-251.
Jex, S. M., & Britt, T. W. (2014). Organizational psychology: A Scientist-Practitioner Approach (3rd ed.). Hoboken, New Jersey: John Wiley & Sons.
Maggiori, C., Rossier, J., & Savickas, M. L. (2017). Career Adapt-Abilities Scale-Short Form (CAAS-SF) construction and validation. Journal of Career Assessment, 25(2), 312-325.
Mazahreh, L. G., Stoltz, K. B., & Wolff, L. A. (2019). Validation of the Career Adapt-Abilities Scale in the Hashemite Kingdom of Jordan. Measurement and Evaluation in Counselng and Development, 52(2), 108-118.
McKenna, B., Zacher, H., Ardabili, F. S., & Mohebbi, H. (2016). Career Adapt-Abilities Scale-Iran Form: Psychometric properties and relationships with career satisfaction and entrepreneurial intentions. Journal of Vocational Behavior, 93(1), 81-91.
Mirkovic, B., Suvajddzic, K., & Dostanic, J. (2019). Career adaptability in Serbia: Examining the CAAS model. Psihologija, 1-21.
Olugbade, O. A. (2017). The career adapt-abilities scale-Nigeria form: Psychometric properties and construct validity. Journal of Vocational Behavior, 95-96(1), 111-114.
Porfeli, E. J., & Savickas, M. L. (2012). Career Adapt-Abilities Scale-USA Form: Psychometric properties and relation to vocational identity. Journal of Vocational Behavior, 80, 748-753.
Ryba, T. V., Zhang, C.-Q., Huang, Z., & Aunola, K. (2017). Career Adapt-Abilities Scale-Dual Career Form (CAAS-DC): psychometric properties and initial validation in high-school student-athletes. Health Psychology nd Behavioral Science, 5(1), 85-100.
Savickas, M. L. (1997). Career adaptability: An integrative construct for life-span, life-space theory. The Career Development Quarterly, 45, 247-259.
Savickas, M. L. (2005). Advancing the career counselng profession: Objectives and strategies for the next decade. The Career Development Quarterly, 52(1), 87-96.
Savickas, M. L., & Porfeli, E. J. (2012). Career Adapt-Abilities Scale: Construction, reliability, and measurement equivalence across 13 countries. Journal of Vocational Behavior, 80, 661-673.
Shawler, L. A., Blair, B. J., Harper, J. M., & Dorsey, M. F. (2018). A survey of the current state of the scientist-practitioner model in applied behavior analysis. Education and Treatment of Children, 41(3), 277-298.
Sidiropoulou-Dimakakou, D., Mikedaki, K., Argyropoulou, K., & Kaliris, A. (2018). A psychometric analysis of the Greek career adapt-abilities scale in University students. International Journal of Psychological Studies, 10(3), 1-15.
Stoltenberg, C. D., Pace, T. M., Kashubeck-West, S., Biever, J. L., Paterson, T., & Welch, I. D. (2000). Training model in counseling psychology: Scientist-Practitioner versus Practitioner-Scholar. The Counseling Psychologist, 28(5), 622-640.
Tjalla, A., & Herdi, H. (2015). Kompetensi guru bimbingan dan konseling/konselor (guru BK/K) lulusan diklat program alih fungsi. Jurnal Psiko-Edukasi, 13(1), 1-12.
Yu, H., Dai, Y., Guan, X., & Wang, W. (2019). Career Adapt-Abilities Scale-Short Form (CAAS-SF): Validation across three different samples in the Chinese context. Journal of Career Assessment, 1-22.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Jurnal ini memberikan akses terbuka langsung dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan dapat di Akses secara Terbuka atau Gratis untuk semua orang baik untuk dibaca maupun diunduh di bawah lisensi CC-BY.
Ppenulis mempertahankan kepemilikan hak cipta untuk artikel mereka, tetapi penulis memberikan izin kepada orang lain untuk menggunakan konten publikasi di Matappa secara keseluruhan atau sebagian asalkan karya aslinya dikutip dengan benar.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyampaikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahan. Reproduksi bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya dalam basis data dan transmisi dengan bentuk atau media apa pun, seperti elektronik, salinan elektrostatik dan mekanik, fotokopi, rekaman, media magnetik.
MATAPPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.