Pelatihan dan Pendampingan Deteksi Dini Dyscalculia pada Guru SDN Pisang Candi 3 Kota Malang Menggunakan Dyscalculia Detection Card (DDC)
DOI:
https://doi.org/10.31100/matappa.v4i1.1091Keywords:
dyscalculia, pelatihan, pendampinganAbstract
Pengabdian masyarakat ini bertujuan memberikan pengetahuan tentang dyscalculia pada guru SDN Pisang Candi 3 Malang. Kegiatan pengabdian terdiri dari pelatihan dan pendampingan yang telah dilaksanakan pada 9 – 27 Februari 2021. Materi pelatihan yang diberikan meliputi diagnosis Dyscalculia berdasarkan DSM V, ciri-ciri umum siswa dengan dyscalculia, dan terapi tindak lanjut bagi siswa dyscalculia. Sementara itu, materi pendampingan terkait deteksi dini dyscalculia dengan bantuan Dyscalculia Detection Card (DDC) yang telah dikembangkan oleh tim pengabdi. DDC merupakan flash card yang terdiri dari 5 seri, meliputi: (1) kemampuan membedakan kanan dan kiri; (2) pemahaman prinsip kardinalitas; (3) pemahaman konsep lebih dari, kurang dari dan sama dengan; (4) kemampuan melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan sederhana; (5) kemampuan melakukan operasi perkalian dasar. Siswa yang membutuhkan tindak lanjut adalah siswa yang tidak memenuhi kriteria skor lebih dari 75 dalam tiga kali tes yang dilaksanakan dalam kondisi lingkungan yang berbeda. Hasil dari kegiatan ini, 13 orang guru yang telah mengikuti pelatihan dan pendampingan mampu praktik deteksi dini dyscalculia pada 35 siswa, dimana 4 orang siswa diantaranya membutuhkan tindak lanjut karena menunjukkan tanda-tanda awal dyscalculia.
References
American Psychiatric Association. (2013).
Diagnostic and statistical manual of mental disorders, DSM-5 (Fifth Edition). Washington, D. C.: American Psychiatric Association.
Balbi, A., & Dansilio, S. (2010). Learning
difficulties of calculus: contributions to the psychopedagogical diagnosis. Psychological Sciences , 4 (1), 7-15.
Bugden, S., & Ansari, D. (2015). How can
cognitive developmental neuroscience constrain our understanding of developmental dyscalculia. The Routledge international handbook of dyscalculia and mathematical learning difficulties, 18-43.
Espinosa, A. H. R., Estevez, A. G., Roche, J. R.
F., Figarola, Y. M., & Rodriguez, D. L. (2018). Psychological intervention for development of disease awareness in addicts: Villa Colibri therapeutic community of Santiago de Cuba. International Journal of Health Sciences, 2(3), 72-80. https://doi.org/10.29332/ijhs.v2n3.232
Fonseca, F., López, P. & Massagué, L. (2019).
Dyscalculia a specific learning disorder of mathematics. Scientific educational magazine of Granma province, 15 (1), 212-224. https://dialnet.unirioja.es/servlet/articulo?codigo=6840450
Menéndez, E. S., & Martinez, M. E. M. (2019).
Problems of learning and pedagogical intervention. International Journal of Social Sciences and Humanities, 3(2), 105-111. https://doi.org/10.29332/ijssh.v3n2.301
Meza, AKT, Freyre, JRA, Cevallos, MGO, &
Pico, MJM (2018). Autonomy, Good Humor and Support Networks, Potential of Community Resilience Intervention in People Victims of the Earthquake in the Calderón Parish. International Research Journal of Management, IT and Social Sciences, 5 (1), 1-8.
Paramita, D. P., Adiatmika, I., Kuswardhani, T.,
& Mustika, I. W. (2018). Physiological and psychosocial change and the need of health intervention model for elderly. International Journal of Health Sciences, 2(2), 61-67. https://doi.org/10.29332/ijhs.v2n2.160
Scrich, J., Cruz, L., Bembibre, D. & Torres, I.
(2017). Dyslexia, dysgraphia and dyscalculia: its consequences in education.Medical Archive Magazine of Camagüey,21(1), 766-772. http://scielo.sld.cu/scielo.php?script=sci_arttext&pid=S1025-02552017000100003&lng=en&tlng=e
Trott, C., (2009), Dyscalculia Checklist,
available from Mathematics Learning Support Centre, Loughborough University, http://ddig.lboro.ac.uk
Wiardani, N. K., Adiatmika, I., Paramita, D. P.,
& Tirtayasa, K. (2018). Adult women perception towards obesity and its intervention strategies in the community. International Journal of Health Sciences, 2(2), 46-60. https://doi.org/10.29332/ijhs.v2n2.158
Zambrano, M. L. V., Barreto, M. D. L. A. C., &
Chica, T. K. M. (2018). Intervention of social work in political participation of women in forming process of neighborhood councils of canton Portoviejo. International Journal of Social Sciences and Humanities, 2(1), 134-146. https://doi.org/10.29332/ijssh.v2n1.104
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Jurnal ini memberikan akses terbuka langsung dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan dapat di Akses secara Terbuka atau Gratis untuk semua orang baik untuk dibaca maupun diunduh di bawah lisensi CC-BY.
Ppenulis mempertahankan kepemilikan hak cipta untuk artikel mereka, tetapi penulis memberikan izin kepada orang lain untuk menggunakan konten publikasi di Matappa secara keseluruhan atau sebagian asalkan karya aslinya dikutip dengan benar.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyampaikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahan. Reproduksi bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya dalam basis data dan transmisi dengan bentuk atau media apa pun, seperti elektronik, salinan elektrostatik dan mekanik, fotokopi, rekaman, media magnetik.
MATAPPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.