Pelatihan dan Pendampingan Deteksi Dini Dyscalculia pada Guru SDN Pisang Candi 3 Kota Malang Menggunakan Dyscalculia Detection Card (DDC)

Authors

  • Surya Sari Faradiba (Scopus ID: 57209449820), Doktor Pendidikan Matematika, Universitas Islam Malang, Indonesia http://orcid.org/0000-0002-3055-6240
  • Siti Nurul Hasana Universitas Islam Malang, Indonesia
  • Okta Pita Dian Sari Universitas Islam Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/matappa.v4i1.1091

Keywords:

dyscalculia, pelatihan, pendampingan

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan memberikan pengetahuan tentang  dyscalculia pada guru SDN Pisang Candi 3 Malang. Kegiatan pengabdian terdiri dari pelatihan dan pendampingan yang telah dilaksanakan pada 9 – 27 Februari 2021. Materi pelatihan yang diberikan meliputi diagnosis Dyscalculia berdasarkan DSM V, ciri-ciri umum siswa dengan dyscalculia, dan terapi tindak lanjut bagi siswa dyscalculia. Sementara itu, materi pendampingan terkait deteksi dini dyscalculia dengan bantuan Dyscalculia Detection Card (DDC) yang telah dikembangkan oleh tim pengabdi. DDC merupakan flash card yang terdiri dari 5 seri, meliputi: (1) kemampuan membedakan kanan dan kiri; (2) pemahaman prinsip kardinalitas; (3) pemahaman konsep lebih dari, kurang dari dan sama dengan; (4) kemampuan melakukan operasi penjumlahan dan pengurangan sederhana; (5) kemampuan melakukan operasi perkalian dasar. Siswa yang membutuhkan tindak lanjut adalah siswa yang tidak memenuhi kriteria skor lebih dari 75 dalam tiga kali tes yang dilaksanakan dalam kondisi lingkungan yang berbeda. Hasil dari kegiatan ini, 13 orang guru yang telah mengikuti pelatihan dan pendampingan mampu praktik deteksi dini dyscalculia pada 35 siswa, dimana 4 orang siswa diantaranya membutuhkan tindak lanjut karena menunjukkan tanda-tanda awal dyscalculia.

Author Biography

Surya Sari Faradiba, (Scopus ID: 57209449820), Doktor Pendidikan Matematika, Universitas Islam Malang

Academic Profile :

Google Scholar: https://scholar.google.com/citations?hl=en&user=ssCheK0AAAAJ

Sinta Author Profile : http://sinta.ristekbrin.go.id/authors/detail/?id=6157499&view=overview

References

American Psychiatric Association. (2013).

Diagnostic and statistical manual of mental disorders, DSM-5 (Fifth Edition). Washington, D. C.: American Psychiatric Association.

Balbi, A., & Dansilio, S. (2010). Learning

difficulties of calculus: contributions to the psychopedagogical diagnosis. Psychological Sciences , 4 (1), 7-15.

Bugden, S., & Ansari, D. (2015). How can

cognitive developmental neuroscience constrain our understanding of developmental dyscalculia. The Routledge international handbook of dyscalculia and mathematical learning difficulties, 18-43.

Espinosa, A. H. R., Estevez, A. G., Roche, J. R.

F., Figarola, Y. M., & Rodriguez, D. L. (2018). Psychological intervention for development of disease awareness in addicts: Villa Colibri therapeutic community of Santiago de Cuba. International Journal of Health Sciences, 2(3), 72-80. https://doi.org/10.29332/ijhs.v2n3.232

Fonseca, F., López, P. & Massagué, L. (2019).

Dyscalculia a specific learning disorder of mathematics. Scientific educational magazine of Granma province, 15 (1), 212-224. https://dialnet.unirioja.es/servlet/articulo?codigo=6840450

Menéndez, E. S., & Martinez, M. E. M. (2019).

Problems of learning and pedagogical intervention. International Journal of Social Sciences and Humanities, 3(2), 105-111. https://doi.org/10.29332/ijssh.v3n2.301

Meza, AKT, Freyre, JRA, Cevallos, MGO, &

Pico, MJM (2018). Autonomy, Good Humor and Support Networks, Potential of Community Resilience Intervention in People Victims of the Earthquake in the Calderón Parish. International Research Journal of Management, IT and Social Sciences, 5 (1), 1-8.

Paramita, D. P., Adiatmika, I., Kuswardhani, T.,

& Mustika, I. W. (2018). Physiological and psychosocial change and the need of health intervention model for elderly. International Journal of Health Sciences, 2(2), 61-67. https://doi.org/10.29332/ijhs.v2n2.160

Scrich, J., Cruz, L., Bembibre, D. & Torres, I.

(2017). Dyslexia, dysgraphia and dyscalculia: its consequences in education.Medical Archive Magazine of Camagüey,21(1), 766-772. http://scielo.sld.cu/scielo.php?script=sci_arttext&pid=S1025-02552017000100003&lng=en&tlng=e

Trott, C., (2009), Dyscalculia Checklist,

available from Mathematics Learning Support Centre, Loughborough University, http://ddig.lboro.ac.uk

Wiardani, N. K., Adiatmika, I., Paramita, D. P.,

& Tirtayasa, K. (2018). Adult women perception towards obesity and its intervention strategies in the community. International Journal of Health Sciences, 2(2), 46-60. https://doi.org/10.29332/ijhs.v2n2.158

Zambrano, M. L. V., Barreto, M. D. L. A. C., &

Chica, T. K. M. (2018). Intervention of social work in political participation of women in forming process of neighborhood councils of canton Portoviejo. International Journal of Social Sciences and Humanities, 2(1), 134-146. https://doi.org/10.29332/ijssh.v2n1.104

Downloads

Published

2021-08-17

Issue

Section

Articles

Citation Check