Pelatihan Daring Menangani Telepon, Korespondensi Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris Siswa Sekolah Menengah Kejuruan
DOI:
https://doi.org/10.31100/matappa.v4i1.1100Abstract
Tujuan dari pelatihan daring ini adalah untuk membekali siswa Sekolah Menengah Kejuruan dengan ketrampilan praktis menangani telepon dan korespondensi sebagai persiapan memasuki dunia kerja dan menghadapi ujian praktik. Pelatihan ini dilakukan secara daring melalui media zoom meeting dan ditujukan untuk siswa -siswa kelas 12, jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran, SMK Karya Bakti dan SMK Widya Nusantara, Bekasi. Siswa-siswa di pandu untuk melakukan praktik menangani telepon secara daring dan membuat konsep surat berbahasa Indonesia dan Inggris sesuai dengan modul pelatihan yang sudah di terima oleh seluruh peserta. Hasil dari pelatihan siswa memahami prosedur menangani telepon dan mengkonsep sebuah surat.
References
Artha, D. J. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penguasaan Keterampilan Korespondensi Pada Mahasiswa Matakuliah English for Secretary Program Studi Bahasa Inggris UMSU. 4(1), 1–6.
Cutlip, S. M. C., H, A., & Broom, G. M. (2011). Effective Public Relations.
Dwihartanti, M., & Faizah, N. (2019). Pentingnya Penguasaan Bahasa Inggris Bagi Pelaksanaan Tugas Rutin Sekretaris. Efisiensi - Kajian Ilmu Administrasi, 15(1), 28–35. https://doi.org/10.21831/efisiensi.v15i1.24483
Erwani, S., Sawiji, H., & Rahmanto, A. N. (n.d.). Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Pada Materi Berkomunikasi Melalui Telepon.
Faisah, N. (2019). Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Dalam Surat Menyurat Di Kantor Kelurahan Layana Indah. Jurnal Bahasa Dan Sastra, 4(1), 26–31.
Hartanti, P., Selfiana, & Rahmawati, S. (2021). Penanganan Surat Menyurat Berbasis Elektronik di PT Bhanda Ghara Reksa ( Persero ). Jurnal Administrasi Dan Kesekretarisan Stiks Tarakanita, 6, 1–15.
Haryono, Dewi, D. P., & Lisdha, M. (2021). Peran Sekretaris Dalam Penanganan Telepon Pada Kantor Kedeputian Standar Nasional Satuan Ukuran di Badan Standardisasi Nasional, Puspiptek, Tangerang Selatan. Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Melalui Program Vokasi Untuk Memenuhi Kebutuhan Dunia Industri.
Ifada, A. L., & Oktariana, N. (2016). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Keafktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Korespondensi Bahasa Indonesia. Economic Education Anaysis Journal, 5(2), 616–629.
Manurung, I. D., & Tuss’adiah, H. (2017). Peningkatan kemampuan berbahasa inggris pada remaja usia produktif di kecamatan beringin Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Prodikmas Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 36–46.
Munadzdzofah, O., & Sudomo, A. (2016). Kesalahan gramatika terhadap matakuliah korespondensi niaga bahasa Inggris. Jurnal Administrasi Kantor, 4(1).
Paoki, R. (2011). Teknik Komunikasi yang Efektif dan Efisien Via Telepon. Ilmiah Unklab, 15(2), 102–112.
Rustanta, A. (2020). Keterampilan Bertelepon Dalam Bahasa Inggris Sebagai Sarana Membangun Citra Perusahaan. Jurnal Karya Untuk Masyarakat, 1(1), 80.
Sedarmayanti. (1997). Tugas dan Pengembangan Sekretaris.
Setiawan, E., Rahman, D. A., & Kristanto, R. (2020). Pelatihan Keterampilan Menulis dalam Korespondensi Berbahasa Inggris, Menerjemahkan serta Keterampilan Menggunakan Grammarly, Google Translate, dan Google Drive di Sekolah Menengah Kejuruan KSATRYA, Rawasari, Jakarta Pusat. Jurnal Komunitas : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 118–126. https://doi.org/10.31334/jks.v2i2.733
Sudomo, A., & Munadzdzofah, O. (2018). Kesesuaian Kurikulum Bahasa Inggris Dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) Di Program Studi Sekretaris ASM Bina Insani. Jurnal Administrasi Kantor Bina Insani, 6(1), 73–82. http://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JAKBI/article/view/927%0Ahttp://ejournal-binainsani.ac.id/index.php/JAKBI/article/download/927/787
Ulfa, R. N. (2018). Pelatihan Guru SMK Muhammadiyah 4 Slipi Jakarta Mengenai Business Letter Berbahasa Inggris. Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan, 2(1), 61–67. https://journal.ubm.ac.id/index.php/pengabdian-dan-kewirausahaan/article/view/1134
Utami, I. T. (2020). Analisis Pengaruh Kompetensi Profesional Dosen dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Akademi Sekretari Budi Luhur Pada Masa Pandemik/Covid-19 (Studi Empiris:Perkuliahan Korespondensi Bahasa Indonesia Semester Genap 2019/2020). Jurnal Maneksi, 9(2), 378–383.
Wibowo, N. (2016). Upaya Memperkecil Kesenjangan Kompetensi Lulusan Sekolah Menengah Kejuruan dengan Tuntutan Dunia Industri. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 23(1), 45. https://doi.org/10.21831/jptk.v23i1.9354
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Jurnal ini memberikan akses terbuka langsung dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan dapat di Akses secara Terbuka atau Gratis untuk semua orang baik untuk dibaca maupun diunduh di bawah lisensi CC-BY.
Ppenulis mempertahankan kepemilikan hak cipta untuk artikel mereka, tetapi penulis memberikan izin kepada orang lain untuk menggunakan konten publikasi di Matappa secara keseluruhan atau sebagian asalkan karya aslinya dikutip dengan benar.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyampaikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahan. Reproduksi bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya dalam basis data dan transmisi dengan bentuk atau media apa pun, seperti elektronik, salinan elektrostatik dan mekanik, fotokopi, rekaman, media magnetik.
MATAPPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.