Pendampingan Penyusunan Assessment Berbasis Literasi dan Multiple Intelligence

Authors

  • Anis Munfarikhatin Universitas Musamus, Indonesia
  • Irmawaty Natsir Universitas Musamus, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/matappa.v4i3.1110

Keywords:

Knowledge, Literacy, Multiple Intelligence, Asessment

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman guru terhadap asesmen yang berbasis literasi dan multiple intelligence serta respon guru terhadap kegiatan pendampingan yang dilakukan. Kegiatan ini dilaksanakan untuk mengatasi rendahnya pengetahuan guru terhadap penyusunan asesmen yang berbasis literasi dan multiple intelligence khususnya pada jenjang SMP. Metode pelaksanaan pada kegiatan ini meliputi 1) observasi yang meliputi permasalahan yang terjadi di lokasi pendampingan, 2) paparan materi dan diskusi yang melibatkan narasumber dan peserta, 3) demonstrasi meliputi pengenalan literasi dan multiple intelligence melalui contoh-contoh assessmen yang telah dipaparkan, 4) latihan terbimbing yaitu peserta merancang assessment secara langsung dengan bimbingan narasumber, 5) evaluasi program meliputi kegiatan validasi dan revisi instrumen yang telah disusun secara berkala. Berdasarkan hasil dan pembahasan dengan menggunakan angket diketahui pengetahuan dan pemahaman guru sebelum kegiatan pendampingan sebesar 43,98% yaitu dalam kategori rendah dan setelah kegiatan pendampingan sebesar 85,02% yaitu dalam kategori tinggi. Keberhasilan program dilihat dari indikator persentase peningkatan pengetahuan dan keterampilan mitra sebesar 41, 07%

References

Budiman, Agus dan Jailani Jailani. 2014. “Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skill (Hots) Pada Mata Pelajaran Matematika Smp Kelas Viii Semester 1.†Jurnal Riset Pendidikan Matematika 1(2):139.

Haapio, Appu dan Pertti Viitaniemi. 2008. “A critical review of building environmental assessment tools.†Environmental Impact Assessment Review 28(7):469–82.

Kurniadi, Galih dan Jayanti Putri Purwaningrum. 2018. “Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa melalui Discovery Learning Berbantuan Asesmen Hands on Activities.†ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 1(1):8–13.

Matematika, Pendidikan dan Universitas Muhammadiyah Tangerang. 2019. “Analisis Literasi Matematika Siswa Dalam Memecahkan Soal Matematika PISA Konten Change and Relationship.†Analisis Literasi Matematika Siswa Dalam Memecahkan Soal Matematika PISA Konten Change and Relationship 3(2):127–31.

Munfarikhatin, Anis. 2019. “Musamus Jurnal of Mathematics Education.†2.

Munfarikhatin, Anis, Dian Mayasari, Irmawaty Natsir, dan Yurfiah. 2019. “Analysis of hard work character and students of PISA mathematics literature.†IOP Conference Series: Earth and Environmental Science 343(1).

Munfarikhatin, Anis, Irmawaty Natsir, dan Universitas Musamus Merauke. 2020. “Matematika Siswa Pada Konten Space and.†4(1):128–38.

Natsir, Irmawaty, Anis Munfarikhatin, dan Abdul Rachman Taufik. 2020. “Development of Student Worksheeet Based on Blended Learning Oriented to Multiple Intelligences in Algebra.†473(Icss):438–42.

OECD. 2017. “PISA for Development Assessment and Analytical Framework.â€

Widiana, I. Wayan. 2016. “Pengembangan Asesmen Proyek Dalam Pembelajaran Ipa Di Sekolah Dasar.†JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia) 5(2):147.

Downloads

Published

2021-08-29

Issue

Section

Articles

Citation Check