Pelatihan Penggunaan Quizizz dan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Online Selama Pandemi

Authors

  • Risna Mira Bella Saragih Universitas Al Washliyah Medan, Indonesia
  • Yumira Simamora Universitas Al Washliyah Medan, Indonesia
  • Siswadi Siswadi Universitas Al Washliyah Medan, Indonesia
  • Khoiruddin Matondang Universitas Al Washliyah Medan, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/matappa.v4i1.1226

Keywords:

Quizizz, Google Classroom, Pembelajaran Online.

Abstract

Program Pengabdian Masyarakat ini bertujuan untuk memberi wawasan dan pengalaman bagi para guru mengenai penggunaan Quizizz dan Google Classroom, sebagai sarana untuk membantu meningkatkan kompetensi guru-guru MTS Laboratorium IAINSU menggunakan dan memanfaatkan Quizizz dalam mendukung proses belajar mengajar secara online (daring). Metode yang digunakan dalam pelatihan pembimbingan guru-guru ini adalah dengan cara pelatihan secara langsung dengan menerapkan protokol kesehatan dengan pendekatan demonstrasi langsung, tanya jawab dan studi kasus. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanakan pada tanggal 25 Februari 2021 di MTsS Laboratorium IAINSU Medan Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan Estate Sumatera Utara dan dibimbing oleh 4 orang Narasumber dalam penggunaan Quizizz dan Google Classroom. Sasaran kegiatan pengabdian ini adalah guru-guru MTsS Laboratorium IAINSU Medan sebanyak 17 orang yang pada waktu pelatihan menyiapkan laptop atau HP untuk demonstrasi langsung . Hasil yang didapat dalam kegiatan pengabdian ini adalah peserta mampu membuat tes dan pembelajaran di Quizizz, Peserta mampu mendownload hasil tes berupa dokumen Excell.  Peserta mampu membagikan link dengan siswa serta mengkoneksikan dengan Google Classroom, Peserta mampu menggunakan Google Classrom sebagai sarana absensi, pemberian tugas dan pemberian materi dalam pembelajaran daring.

References

Aini, Y. I. (2019). Pemanfaatan Media Pembelajaran Quizizz Untuk Pembelajaran Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah Di Bengkulu. Jurnal Kependidikan, 2(25), 1–6.

Aminuddin, C. (2020). Pemanfaatan Fitur Lesson Quizizz Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Interaktif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Dan Kejuruan, 13(2), 151.

Anggraini, W., Utami, A., Santi, P., Gery, M. I., Guru, P., Dasar, S., Pendidikan, F. I., Tangerang, K., & Banten, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz untuk Tematik dalam Pembelajaran Jarak Jauh Kelas III Di SDN Kebayoran Lama Utara 07 Pagi. Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 2–10.

Citra, C. A., & Rosy, B. (2020). Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Quizizz Terhadap Hasil Belajar Teknologi Perkantoran Siswa Kelas X SMK Ketintang Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8, 261–272.

Fazriyah, N., Cartono, C., & Awangga, R. M. (2020). Pelatihan Aplikasi Pembelajaran Quizizz di Sekolah Dasar Kota Bandung. ETHOS: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 8(2), 199–204.

Nurfalah, E. (2019). Optimalisasi E-Learning berbasis Virtual Class dengan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran Fisika. Physics Education Research Journal, 1(1), 46. https://doi.org/10.21580/perj.2019.1.1.3977

Pranoto, S. E. (2020). Penggunaan Game Based Learning Quizizz Untuk Meningkatkan Sma Darul Hikmah Kutoarjo. 4(1), 25–38.

Pusparani, H. (2020). Media Quizizz Sebagai Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Kelas Vi Di Sdn Guntur Kota Cirebon. Tunas Nusantara, 2(2), 269–279.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Salamah, W. (2020). Deskripsi Penggunaan Aplikasi Google Classroom dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 4(3), 533–538.

Salsabila, U. H., Habiba, I. S., Amanah, I. L., Istiqomah, N. A., & Difany, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz Sebagai Media Pembelajaran Ditengah Pandemi Pada Siswa SMA. Jurnal Ilmiah Ilmu Terapan Universitas Jambi|JIITUJ|, 4(2), 163–173.

Situmorang, K., & Christie Lidya Rumerung, D. Y. N. P. S. T. . M. M. Y. A. (2019). Pemanfaatan Teknologi dalam Pendidikan: Penggunaan fitur gamifikasi daring di SMA-SMK Kristen PENABUR Bandar Lampung. Prosiding Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat Dan Corporate Social Responsibility (PKM-CSR), 2, 869–877.

Sourial, N., Longo, C., Vedel, I., & Schuster, T. (2018). Daring to draw causal claims from non-randomized studies of primary care interventions. Family Practice, 35(5), 639–643. https://doi.org/10.1093/fampra/cmy005

Sukmawati, S. (2020). Implementasi Pemanfaatan Google Classroom Dalam Proses Pembelajaran Online di Era Industri 4 . 0. Jurnal Kreatif Online, 8(1), 39–46. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/JKTO/article/view/15680

Wilson, A. (2020). Penerapan Metode Pembelajaran Daring (Online) melalui Aplikasi Berbasis Android saat Pandemi Global. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(1).

Downloads

Published

2021-09-08

Issue

Section

Articles

Citation Check