Teknik Active Listening Pada Santriwati Dalam Menerapkan Konselor Sebaya Di Madrasah Aliyah Putri

Authors

  • Nurfitriany Fakhri Universitas Negeri Makassar
  • Sahril Buchori Universitas Negeri Makassar
  • Faradillah Firdaus

DOI:

https://doi.org/10.31100/matappa.v4i1.1271

Keywords:

Active listening, Effective communication

Abstract

Kemampuan untuk mendengarkan secara seksama terhadap orang lain adalah bentuk kapasitas komunikasi yang paling penting. Hal tersebut bukanlah karakteristik alami dari semua manusia, sehingga setiap orang harus berlatih untuk dapat memperoleh dan menguasai kemampuan tersebut. Sehubungan dengan hal tersebut, setiap santri sebaiknya dibekali dengan kemampuan dan keterampilan dalam mengembangkan diri secara positif. Namun kenyataan yang ada adalah kurangnya wadah yang dapat membantu santri dalam mengembangkan keterampilan dan kemampuan tersebut, sehingga dapat menjadi tolak permasalahan yang krusial dalam berkomunikasi secara efektif dengaan lingkungan sosialnya. Pada kondisi tersebut, permasalahan yang ada pada siswa dapat diselesaikan dengan pelatihan terkait dengan meningkatkan keterampilan active listening. Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan keterampilan bagi santri untuk dapat berkomunikasi secara efektif dengan orang lain di dalam maupun di luar kelas.

References

Buchori, S., & Fakhri, N. (2017). Positive Peace Culture in Pesantren (Islamic Boarding School) in Bandung-Indonesia. In Paper. 1st International Conference on Educational Sciences (ICES).

Hemmerdinger JM, Stoddart S, Lilford RJ (2007). A systematic review of tests of empathy in medicine. BMC Med Educ 7:24

Ioannidou, F., & Konstantikaki, V. (2008). Empathy and emotional intelligence: What is it really about?. International Journal of caring sciences, 1(3), 118.

Nurdin, M. N., & Fakhri, N. (2017). Perbedaan Empati Kognitif Dan Empati Afektif Pada Remaja Laki-Laki Dan Perempuan. Jurnal Psikologi TALENTA, 2(2), 11.

Martin, A. J., Papworth, B., Ginns, P., & Liem, G. A. D. (2014). Boarding School, Academic Motivation and Engagement, and Psychological Well-Being. American Educational Research Journal, 51(5), 1007–1049. doi:10.3102/0002831214532164

Pedersen R (2007). Empathy: A wolf in sheep’s clothing? Med Health Care and Philos, 11:325–335.

Robertson, K. (2005). Active listening: more than just paying attention. Australian Family Physician, 34(12), 1053.

Tyagi, B. (2013). Listening: An important skill and its various aspects. The Criterion An International Journal in English, 12, 1-8.

Downloads

Published

2021-09-08

Issue

Section

Articles