Pengabdian Masyarakat tentang Pendampingan Penderita TB Paru beserta Keluarganya dalam Pencegahan Penularan Penyakit

Authors

  • Suarnianti Suarnianti STIKES Nani Hasanuddin Makassar, Indonesia
  • Yusran Haskas STIKES Nani Hasanuddin Makassar, Indonesia
  • Ratna Ratna STIKES Nani Hasanuddin Makassar, Indonesia

Keywords:

Tuberculosis, Prevention of transmission, Community dedication,

Abstract

Risiko penyebaran penyakit TBC yang utama dimulai di rumah. Perilaku pencegahan penderita TBC perlu ditekankan agar tidak menularkan penyakit kepada anggota keluarga yang lain. Perilaku pencegahan dimulai dengan pemberian imunisasi BCG, diagnosa dini TBC jika sudah ada gejala batuk menahun, pengobatan paket secara teratur dan rutin, sampai selesai paket pengobatan dan perilaku batuk, buang sputum, minum obat teratur sampai tuntas (Gero & Sayuna, 2017). Semakin baik tingkat pengetahuan keluarga semakin mecegah penularan tuberkulosis paru pada keluarga, hal ini dapat dikarenakan pengetahuan yang dimiliki keluarga akan berpengaruh terhadap sikap dan perilaku dalam pencegahan penularan tuberkulosis paru. Pengetahuan dan sikap merupakan penunjang dalam melakukan perilaku sehat (Febriansyah & Rosyid, 2017). Beberapa bentuk pencegahan penularan penyakit telah dilakukan oleh pemerintah terutama puskesmas sebagai pelayan kesehatan yang terdekat dengan masyarakat. Akan tetapi bentuk kegiatan yang dilakukan hanya berupa penyuluhan, sehingga diharapkan petugas kesehatan dapat melakukan pengontrolan dan evaluasi mengenai kegiatan penyuluhan yang telah dilakukan sebelumnya.Dengan demikian, dilaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini yang dilakukan dalam bentuk ceramah, tanya jawab, pelatihan serta FGD (Focus Group Discussion). Proses penyelenggaraan kegiatan ini dilakukan di Dusun Batu-Batu Desa Taraweang. Kegiatan dimulai dengan memberikan pendidikan terkait pencegahan penularan penyakit TB. Selain itu, untuk pendampingan penderita TB anggota keluarganya ikut dilibatkan dalam hal ini juga menjadi peserta dalam FGD.

References

Achmadi, U. F. (2016). Manajemen Penyakit Berbasis Wilayah. Kesmas: National Public Health Journal. https://doi.org/10.21109/kesmas.v3i4.217

Churchyard, G., Kim, P., Shah, N. S.,Rustomjee, R., Gandhi, N., Mathema, B., … Cardenas, V. (2017). What We Know about Tuberculosis Transmission: An Overview. Journal of Infectious Diseases. https://doi.org/10.1093/infdis/ji

Febriansyah, R., & Rosyid, F. N. (2017). Hubungan Tingkat Pengetahuan Keluarga dengan Upaya Pencegahan Penularan Tuberkulosis Paru Pada Keluarga di Wilayah Kerja Puskesmas Nguter Sukoharjo. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Febrina, W. (2018). Analisis Peran Keluarga Sebagai Pengawas Minum Obat (PMO) Pasien TB Paru. Human Care Journal, 3(2), 118-129.

Gero, S., & Sayuna, M. (2017). Pencegahan Penyakit Tbc Paru Yang Utama Dimulai Dari Dalam Rumah Penderita. JurnalInfo Kesehatan, 15(1), 120-128.

Hidayati, E. (2015). Pengetahuan dan stigma masyarakat terhadap TBC setelah diberikan pendidikan kesehatan mengenai penegahan dan penularan. Prevention, 2(1), 17–23.

Humaeroh, M., Mardiah, W., & Adistie, F. (2018). Pengetahuan Dan Sikap Orangtua Penderita Tuberkulosis Dalam Deteksi Dini Tuberkulosis Pada Anak Dikecamatan Rancaekek. Media Informasi, 14(2), 128-139.

Indah, M. (2018). Info Datin Tuberkulosis. In N.

Kurniasih (Ed.). Jakarta: Pusat Data dan

Informasi Kementerian Kesehatan RI.

Manalu, H. S. P. (2010). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kejadian Tb Paru Dan Upaya Penanggulangannya. Jurnal Ekologi Kesehatan, 9(4), 1340–1346. https://doi.org/https://doi.org/10.1139/ 74-288

Masruroh, L. (2018). Kepatuhan Pemakaian Masker Pada Pendamping Penderita TB Paru Di Ruang Teratai RSUD Bangil Pasuruan.

Notoatmodjo, S. (2011). Pendidikan dan Perilaku Kesehatan, Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Novitasari, I. A. (2014). Hubungan Antara Dukungan Keluarga Terhadap Konsep Diri pada Penderita TBC dalam Proses Pengobatan di Wilayah Kerja Puskesmas Bendosari Sukoharjo. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Nugraini, K. E., Cahyati, W. H., & Farida, E. (2015). Evaluasi Input Capaian Case Detection Rate (CDR) TB Paru Dalam Program Penanggulangan Penyakit TB Paru (P2TB) Puskesmas Tahun 2012 (Studi Kualitatif Di Kota Semarang). Unnes Journal of Public Health, 4(2), 143–152.

Tadesse, S. (2016). Stigma against tuberculosis patients in Addis Ababa, Ethiopia. PLoS ONE.https://doi.org/10.1371/journal.pone.012900

WHO. (2018). Tuberculosis. Global Situation and Trends. Retrieved from https://www.who.int/gho/tb/tb_text/en/

Kementerian kesehatan RI. (2014). Pedoman Nasional Pengendalian Tuberkulosis. Jakarta.

Downloads

Published

2021-11-21

Issue

Section

Articles

Citation Check