Peningkatan Partisipasi Masyarakat Di Bidang Pendidikan Melalui Kemah Bakti Dan Dakwah Mahasiswa Di Kota Padang
DOI:
https://doi.org/10.31100/matappa.v1i2.132Keywords:
Partisipasi masyarakat, kemah bakti, dakwah mahasiswaAbstract
Kegiatan pengabdian ini berjudul peningkatan partisipasi masyarakat di bidang pendidikan melalui kegiatan kemah bakti dan dakwah mahasiswa di kota Padang. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengetahui sejauh mana partisipasi masyarakat di bidang pendidikan melalui kegiatan kemah bakti dan dakwah mahasiswa. Target yang diharapkan dari kegiatan pengabdian ini adalah Ibu-ibu yang ada di kawasan kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang dengan dua kelurahan Bungus Barat dan Kelurahan Bungus Timur. Kegiatan pengabdian dilakukan dengan melakukan kegiatan penyampaian materi tentang pentingnya pendidikan anak usia dini, bagaimana mendidik anak dengan kesantunan berbahasa, memilihkan jajanan yang baik untuk anak dan bagaimana memberdayakan berbagai potensi seni yang dimiliki oleh anak. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode partisipatif berupa keiatan ceramah, tanya jawab dan memberikan door prize. Kesimpulan dari kegiatan pengabdian ini adalah terdapat antusias masyarakat di bidang pendidikan bagi anak mereka sebeagai upaya mewujudkan generasi penerus yang memiliki akhlak mulia.
Â
Â
References
Alquranul Karim. Surat Attaubah: 41
Affandi,Agus dkk.2014. Modul Participatory Action Research(PAR); Untuk Pengorganisasian Mayarakat (Community Organizing), Surabaya: LPPM UIN Sunan Ampel.
Digilib.uinsby.ac.id/6640/5/Bab%202.pdf.
Jendriadi. 2018. Model Literasi Berbasis Little Library bagi Pengentasan Buta Aksara di Kepulauan Mentawai. Laporan Penelitian Hibah Riset Grant STKIP Adzkia
Suparlan Suhartono.2007. Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
stkipadzkia.ac.id/site/lihat-berita?id=12
Wahyu Y. 2018. tersedia: https://lampungmedia.wordpress.com/2013/05/10/pentingnya-dakwah/
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Jurnal ini memberikan akses terbuka langsung dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan dapat di Akses secara Terbuka atau Gratis untuk semua orang baik untuk dibaca maupun diunduh di bawah lisensi CC-BY.
Ppenulis mempertahankan kepemilikan hak cipta untuk artikel mereka, tetapi penulis memberikan izin kepada orang lain untuk menggunakan konten publikasi di Matappa secara keseluruhan atau sebagian asalkan karya aslinya dikutip dengan benar.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyampaikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahan. Reproduksi bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya dalam basis data dan transmisi dengan bentuk atau media apa pun, seperti elektronik, salinan elektrostatik dan mekanik, fotokopi, rekaman, media magnetik.
MATAPPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.