Pelatihan Pembuatan Cloth Book Educative sebagai Media Pengenalan Bilangan dan Geometri untuk Anak Usia Dini

Authors

  • Darma Ekawati Universitas Sulawesi Barat, Indonesia
  • Fardinah Fardinah Universitas Sulawesi Barat, Indonesia
  • Ahmad Ansar Universitas Sulawesi Barat, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/matappa.v5i1.1483

Keywords:

Cloth Book Educative, Media Pembelajaran, Pendidikan Anak Usia Dini, Bilangan, Geometri,

Abstract

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru TK 23 PGRI Rawang Bababulo, Majene dalam membuat media pembelajaran berupa cloth book educative. Hal ini didasarkan pada hasil survei yang telah dilakukan bahwa kemampuan guru TK 23 PGRI Rawang Bababulo, Majene dalam membuat media pembelajaran sangat monoton dan terbatas sementara pengadaan media pembelajaran yang awet dan tahan lama membutuhkan biaya yang cukup besar. Solusi atas permasalahan tersebut berupa pemberian program pelatihan pembuatan cloth book educative untuk salah satu materi pelajaran yaitu pengenalan bilangan dan geometri meliputi pelatihan dan pendampingan dalam pembuatan cloth book educative  dasar tema pengenalan bilangan dan geometri sampai terbentuknya produk. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan melalui beberapa tahap yaitu: tahap persiapan dengan komunikasi dengan mitra terkait permasalahan-permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran anak usia dini, tahap persiapan, tahap pelaksanaan dengan memberikan penjelasan materi/teori dan melakukan praktek pembuatan cloth book educative, serta tahap monitoring dan evaluasi dengan mengukur keberhasilan pelatihan pembuatan media cloth book educative pada guru TK 23 PGRI Rawang Bababulo, Majene. Adapun hasil yang dicapai dari kegiatan ini adalah meningkatnya kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran interaktif terkhusus untuk materi pengenalan bilangan dan bangun datar.

References

Anak Usia Dini bagi Tumbuh Kembang Anak. Dinamika: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 50–58. http://digilib.unila.ac.id/11478/16/16. BAB II.pdf

Haryono, S. E., Anggraini, H., & Muntomimah, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Dari Bahan Bekas. Prodisiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Universitas Kanjuruhan Malang 2017, 460–462.

Muthaharoh, F., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire Pada Kelas IV SDN Cilegon 1. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 74–85.

Ariyanti, T. (2016). Pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini bagi Tumbuh Kembang Anak. Dinamika: Jurnal Pendidikan Dasar, 8(1), 50–58. http://digilib.unila.ac.id/11478/16/16. BAB II.pdf

Haryono, S. E., Anggraini, H., & Muntomimah, S. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Dari Bahan Bekas. Prodisiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Universitas Kanjuruhan Malang 2017, 460–462.

Muthaharoh, F., Pamungkas, A. S., & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire Pada Kelas IV SDN Cilegon 1. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(2), 74–85.

Nenny, M., & Rani, S. (2019). Pelatihan Pembuatan Media Alat Peraga Edukatif (APE) Untuk Anak Usia Dini Bagi Kepala Sekolah Dan Guru Taman Kanak-Kanak Berbasis Kewirausahaan di Kecamatan V Koto Kampung Dalam Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Ecogen, 2(4), 601–608. https://doi.org/10.24036/jmpe.v2i4.7837

Nilmayani, Zulkifli, N., & Risma, D. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Busy Book terhadap Kemampuan Membaca Permulaan pada Anak Usia 5-6 Tahun di PAUD Terpadu Filosofia Kubu Babussalam Rokan Hilir. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 1–14.

Ulfah, A. A. (2017). Pembuatan Dan Pemanfaatan Busy Book Dalam Mempercepat Kemampuan Membaca Untuk Anak Usia Dini Di PAUD Budi Luhur Padang. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 6(1).

Downloads

Published

2022-03-03

Issue

Section

Articles

Citation Check