Sosialisasi Pemanfaatan Media Komunikasi Synchronous Dan Asynchronous Sebagai Upaya Optimalisasi Proses Pembelajaran Daring Pada Pendidikan Anak Usia Dini

Authors

  • Hendra Sofyan Jambi of Uniiversity, Indonesia
  • Rizki Surya Amanda Jambi of University
  • Uswatul Hasni Jambi of University, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/matappa.v4i4.1497

Keywords:

synchronous dan asynchronous media pembelajaran

Abstract

Tujuan dari sosialisasi ini ialah membekali para guru  pendidikan anak usia dini (PAUD) dengan keterampilan dan pengetahuan dalam pemanfaatan media komunikasi synchronous dan asynchronous dalam proses pembelajaran daring di era pandemic covid 19.Adapun metode pelaksanaannya berupa workshop dengan penyampaian materi dan praktek yang berlangsung selama 2 hari dengan melibatkan guru-guru pendidikan anak usia dini yang tersebar di wilayah kecamatan Muara Bulian. Hasil dari kegiatan ini ialah adanya peningkatan keterampilan dan pengetahuan baru yang dipahami guru-guru terkait media yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran daring pada anak usia dini

References

Dewa, dkk. Pemberdayaan Pembelajaran Synchronous Dan Asynchronous Berbasis Nilai-Nilai Aneka Dalam Upaya Peningkatan Karakter Positif Siswa, Proceeding Senadimas Undiksha 2020, https://lppm.undiksha.ac.id/senadimas2020/assets/ProsidingSenadimas2020/file/42.pdf , (diakses 11 Febuari 2021), 308.

Draucker, S. (2021). Google Jamboard and Playful Pedagogy in the Emergency Remote Classroom. Nineteenth Century Gender Studies, 17(1).

Fahmi, M. H. (2020). Komunikasi Synchronous Dan Asynchronous Dalam E-Learning Pada Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Nomosleca, 6(2)

Hewi, L., & Asnawati, L. (2020). Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 158. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.530

Higley, M. 2013. Benefits of synchronous and asynchronous e-learning. Available at https://elearningindustry.com/benefits-of-synchronous-and-asynchronous-e- learning

Kusuma, W. S., & Sutapa, P. (2020). Dampak Pembelajaran Daring terhadap Perilaku Sosial Emosional Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1635-1643.

Nikmah, K., & Azimah, N. (2020). A Study of Synchronous and Asynchronous Approaches: Online Arabic Learning During The Covid-19 Pandemic. Alsuna: Journal of Arabic and English Language, 3(2), 115-139. https://doi.org/10.31538/alsuna.v3i2.841

Papadakis, S., Kalogiannakis, M., & Zaranis, N. (2018). Educational apps from the Android Google Play for Greek preschoolers: A systematic review. Computers and Education, 116, 139–160.https://doi.org/10.1016/j.compedu.2017.09.00

Tempo.co. (8 maret 2021) mendikbud Izinkan

Sekolah Tatap Muka Januari 2021 https://nasional.tempo.co/read/1407977/kemendikbud-izinkan-sekolah-tatap- muka-januari-202

Downloads

Published

2021-11-24

Issue

Section

Articles

Citation Check