Pelatihan Menulis Proposal Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Keterampilan Meneliti Guru

Authors

  • Dina Fitria Handayani Universitas Adzkia, Indonesia
  • Winda Noprina Universitas Adzkia, Indonesia
  • Lisa Yuniarti Universitas Adzkia, Indonesia
  • Zherry Putria Yanti Universitas Adzkia, Indonesia
  • Atika Gusriani Universitas Adzkia, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/matappa.v5i1.1530

Keywords:

proposal, ptk, guru

Abstract

Kemampuan meneliti bagi seorang guru merupakan sebagai tuntutan profesi dan menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kuliatas diri. Salah satu  hal yang bias dilakukan adalah dengan terampil menulis laporan penelitian tindakan kelas. Tujuan kegiatan ini adalah melatih keterampilan menulis penelitian tindakan kelas meningkatkan kebiasan meneliti pada guru. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah metode ceramah. Pelatihan ini berisi kegiatan. (1) Penjelasan Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas, (2) Pelatihan Pengelolaan Penelitian Tindakan Kelas, (3) Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas, (4) Penyusunan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas, (5) Penyusunan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas, (6) Pendampingan Kepada Para Peserta Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas. Hasil pelatihan menunjukkan, peserta/ guru merasa kesulitan dalam menuliskan latar belakang dan mengembangkan ide-ide dalam menulis laporan PTK.

Author Biography

Winda Noprina, Universitas Adzkia

Dosen Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Adzkia

References

Ahmadi, Farid, Florentina Widihastrini, and Ghanis Putra Widhanarto. 2018. “Ibm Guru Sekolah Dasar Melalui.†Abdimas 22: 138.

Gunawan, Imam, Teguh Triwiyanto, and Desi Eri Kusumaningrum. 2018. “Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Para Guru Sekolah Menengah Pertama.†Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat 1(2): 128–35. www.sciencedirect.com;

Jana, Padrul, and Bayu Pamungkas. 2018. “Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru Sd Negeri Guwosari.†Abdimas Dewantara 1(1): 39.

Marwoto, Putut, Achmad Sopyan, Suharto Linuwih, and Bambang Subali. 2013. “Peningkatan Kemampuan Menulis Artikel Ilmiah Sains Guru Sekolah Dasar Melalui Kegiatan Pengabdian Masyarakat.†Jurnal Abdimas 17(2): 111–16.

Sekolah, D I, Menengah Atas, and S M A Negeri. “Pelatihan Penulisan Artikel Jurnal Bagi Guru.†2: 208–15.

Suciati, et, al. 2020. Self-Concept & Mathematics Achievement: A Meta analysis. Universal Journal of Educational Research. 8(12A): 7676-7681, 2020. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.082554.

Downloads

Published

2022-03-30

Issue

Section

Articles

Citation Check