Pengembangan Gerakan Madrasah Membaca (GMM) dengan Program Literasi Perpustakaan (PLP)
DOI:
https://doi.org/10.31100/matappa.v4i4.1531Keywords:
Gerakan Membaca Madrasah, MI Muhammadiyah ButuhAbstract
References
Afandy, A. (2014). Modul Participatory Action Research (PAR), Untuk Pengorganisasian Masyarakat (Community Organizing. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) UIN Sunan Ampel.
Agustiani, D. H., & Wicaksono, M. F. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Literasi (Studi Kasus Taman Baca Masyarakat Matahari Indonesia Kediri). Jurnal Ilmu Informasi, Perpustakaan …, 23(April). https://doi.org/10.7454/jipk.v23i1.238
Agustino, H. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Gerakan Literasi di Taman Baca Masyarakat Pondok Sinau Lentera Anak Nusantara. Jurnal Sosial Politik, 5(1), 142. https://doi.org/10.22219/sospol.v5i1.7890
Alam, S. (2015). Peranan Perpustakaan Sekolah. E-Buletin, 2(1), 1–11. http://www.lpmpsulsel.net/v2/attachments/354_PERANAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH.pdf
Antoro, B. (2017). Gerakan Literasi Sekolah. Dari pucuk hingga akar. https://doi.org/10.1017/S0033291700036606
Bhakti, C. P., Noor, K. W., Ghiffari, M. A. N., Nurpitasari, E., Oktradiksa, A., & Ani. (2021). An online project-based learning model to improve students’ thinking ability in the new normal era. Journal of Physics: Conference Series, 1760, 012038. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1760/1/012038
Dewi, L., & Suhardini, A. D. (2014). Peran Perpustakaan Dan Tenaga Perpustakaan Sekolah. EduLib, 1(2), 57–77. https://doi.org/10.17509/edulib.v4i2.1134
Fadhli, R., Indah, R. N., Widya, N., & Oktaviani, W. (2020). Strategi Perpustakaan Sekolah Dasar Dalam Mengembangkan Emotional Branding Melalui Storytelling. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 4(1), 68. https://doi.org/10.32934/jmie.v4i1.172
Faizah, D.U., Sufyadi, S., Anggraini, L., Waluyo, Dewayanti, S., Muldian, W., Roosaria, D. R. (2016). Panduan gerakan literasi sekolah di sekolah dasar. In Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Fitzgerald, M. A. (1999). Evaluating Information: An Information Literacy Challenge. Research Journal of the American Association of School Librarian, 2(July), 1523–4320. www.ala.org/aasl/slr
Huda, I. C. (2020). Peranan Perpustakaan Sekolah Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 38–48. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.86
Kebudayaan, D. J. P. D. dan M. K. P. dan. (n.d.). Buku Saku Gerakan Literasi Sekolah.
Khasanah, A., & Cahyani, I. (2016). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Strategi Question Answer Relationships (QAR) Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 4(4), 161–175. https://ejournal.upi.edu/index.php/ppd/article/download/6468/4411%0A
Mulyadi. (2016). Pengelolaan perpustakaan digital. Noerfikri: Palembang.
Niswaty, R., Darwis, M., M, D. A., Nasrullah, M., & Salam, R. (2020). Fasilitas Perpustakaan Sebagai Media dalam Meningkatkan Minat Baca Siswa. Khizanah Al-Hikmah : Jurnal Ilmu Perpustakaan, Informasi, Dan Kearsipan, 8(1), 66. https://doi.org/10.24252/kah.v8i1a7
Nurhayati, A. (2018). Perkembangan Perpustakaan dalam Pemenuhan Kebutuhan Informasi Masyarakat. UNILIB : Jurnal Perpustakaan, 9(1), 21–32. https://doi.org/10.20885/unilib.vol9.iss1.art3
Oktradiksa, A. (2012). Pengembangan Kualitas Kepribadian Guru. Nadwa UIN Walisongo, 6(2), 231–248. https://doi.org/10.21580/nw.2012.6.2.590
Oktradiksa, Bhakti, C. P., Kurniawan, S. J., Rahman, F. A., & Ani. (2021). Utilization artificial intelligence to improve creativity skills in society 5.0. Journal of Physics: Conference Series, 1760, 012032. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1760/1/012032
Rahman, M. M. (2015). Mengaktifkan Perpustakaan Sekolah. LIBRARIA: Jurnal Perpustakaan, 3(2), 181–199. https://doi.org/10.21043/libraria.v3i2.1590
Salim, S. F. M. Y. S., Mahmood, M. F., & Ahmad, A. B. (2018). The Importance of Information Literacy to Support Lifelong Learning in Convergence Era. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 7(3), 352–362. https://doi.org/10.6007/ijarped/v7-i3/4372
Saputro, A. N. (2014). Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Melalui Metode Kuis Menggunakan Media Artikel. Widyabastra, 2(1), 133–24. https://doi.org/10.25273/widyabastra.v2i1.2089
Sumardi, A., Lutfi, L., Farihen, F., & ... (2021). Meningkatkan Minat Baca Melalui Perpustakaan Mini pada Anak SD di Bekasi Utara. … Pengabdian Masyarakat …. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat/article/view/8060
Suryani, I. (2017). Pengelolaan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 2(2), 292–309. https://doi.org/10.22437/gentala.v2i2.6812
UU RI NO 43 TAHUN 2007. (2007). Undang-Undang RI Nomor 43 tahun 2007 Tentang Perpustakaan. In Materia Japan (Vol. 46, Issue 3). https://doi.org/10.2320/materia.46.171
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Jurnal ini memberikan akses terbuka langsung dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan dapat di Akses secara Terbuka atau Gratis untuk semua orang baik untuk dibaca maupun diunduh di bawah lisensi CC-BY.
Ppenulis mempertahankan kepemilikan hak cipta untuk artikel mereka, tetapi penulis memberikan izin kepada orang lain untuk menggunakan konten publikasi di Matappa secara keseluruhan atau sebagian asalkan karya aslinya dikutip dengan benar.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyampaikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahan. Reproduksi bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya dalam basis data dan transmisi dengan bentuk atau media apa pun, seperti elektronik, salinan elektrostatik dan mekanik, fotokopi, rekaman, media magnetik.
MATAPPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.