Pendampingan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid 19 Melalui Program Kampus Mengajar
DOI:
https://doi.org/10.31100/matappa.v4i4.1543Keywords:
Kampus Mengajar, Pembelajaran, Covid 19Abstract
pelaksanaan Pendampingan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid 19 Melalui Program Kampus Mengajar di UPT SD Negeri 14 Tanrutedong, Kecamatan Duapitue Kabupaten Sidenreng Rappang. Kegiatan tersebut dimulai tanggal 22 Maret – 26 Juni 2021. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kemendikbud melalui Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Latar belakang dari kegiatan ini adalah untuk membantu siswa sekolah dasar yang berada di daerah 3T agar tetap bisa melakukan proses pembelajaran di tengah Pandemi Covid-19 baik secara daring maupun luring. Ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan selama pendampingan pembelajaran adalah bimbingan belajar, penataan administrasi sekolah, adaptasi teknologi, kerja bhakti, pembenahan taman, pembenahan kelas, dan perbaikan papan nama sekolah. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa warga sekolah sangat mengalami perubahan dalam hal pelaksanaan pembelajaran maupun kondisi sekolah selama pandemi covid 19. Sehinnga kegiatan ini sangat berkesan bagi warga sekolah di UPT SDN 14 Tanru Tedong.Â
References
Fathurrohman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Modern Konsep Dasar, Inovasi dan Teori Pembelajaran. Yogyakarta: Garudhawaca
Hasibuan dan Moedjiono. 2010. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Lestari, Titik. 2020. Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar. Jakarta : PT Raja Grapindo Persada.
Munir.2014.Pengertian Media Pembelajaran.Multimedia Konsep dan Aplikasi Dalam Pendidikan,58.Retrived from. https/ /doi.org/10.1128/AAC.03728-14
Nasution. S, 1999. Kurikulum dan Pengajaran. PT. Bumi Aksara. Jakarta.
Nurhadi, dkk. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK.
Rachim, Elvania. 2020. Hubungan Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dengan Minat Belajar Siswa MI Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Krincing Secang Magelang Tahun 2020. Skripsi. Salatiga: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.
Rachmawati, Tutik dan Daryanto. 2015. Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang Mendidik. Jakarta: Gova Media.
TribunNews. 11 Februari 2021. Diakses pada hari Kamis, 1 Juli 2021 Pukul 18.22 WITA di https://www.tribunnews.com/nasional/2021/02/11/apa-itu-kampus-mengajar-dibuka-untuk-mahasiswa-berikut-syarat-hingga-cara-daftarnya.
Yayat Hendayana. 9 Februari 2021. Diakses pada Hari Rabu, 29 Juni 2021 pukul 20.21 WITA di https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/kampus-mengajar-angkatan-1-tahun-2021-upaya-kemendikbud-libatkan-mahasiswa-dalam-penguatan-pembelajaran-di-sekolah-dasar-pada-masa-pandemi/.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Jurnal ini memberikan akses terbuka langsung dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan dapat di Akses secara Terbuka atau Gratis untuk semua orang baik untuk dibaca maupun diunduh di bawah lisensi CC-BY.
Ppenulis mempertahankan kepemilikan hak cipta untuk artikel mereka, tetapi penulis memberikan izin kepada orang lain untuk menggunakan konten publikasi di Matappa secara keseluruhan atau sebagian asalkan karya aslinya dikutip dengan benar.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyampaikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahan. Reproduksi bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya dalam basis data dan transmisi dengan bentuk atau media apa pun, seperti elektronik, salinan elektrostatik dan mekanik, fotokopi, rekaman, media magnetik.
MATAPPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.