Pendampingan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid 19 Melalui Program Kampus Mengajar

Authors

  • Muhammad Amran Universitas Negei Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/matappa.v4i4.1543

Keywords:

Kampus Mengajar, Pembelajaran, Covid 19

Abstract

pelaksanaan Pendampingan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid 19 Melalui Program Kampus Mengajar di UPT SD Negeri 14 Tanrutedong, Kecamatan Duapitue Kabupaten Sidenreng Rappang. Kegiatan tersebut dimulai tanggal 22 Maret – 26 Juni 2021. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Kemendikbud melalui Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Latar belakang dari kegiatan ini adalah untuk membantu siswa sekolah dasar yang berada di daerah 3T agar tetap bisa melakukan proses pembelajaran di tengah Pandemi Covid-19 baik secara daring maupun luring. Ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan selama pendampingan pembelajaran adalah bimbingan belajar, penataan administrasi sekolah, adaptasi teknologi, kerja bhakti, pembenahan taman, pembenahan kelas, dan perbaikan papan nama sekolah. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa warga sekolah sangat mengalami perubahan dalam hal pelaksanaan pembelajaran maupun kondisi sekolah selama pandemi covid 19. Sehinnga kegiatan ini sangat berkesan bagi warga sekolah di UPT SDN 14 Tanru Tedong. 

Author Biography

Muhammad Amran, Universitas Negei Makassar

Dosen di Fakultas Ilmu Pendidikan

References

Fathurrohman. 2017. Belajar dan Pembelajaran Modern Konsep Dasar, Inovasi dan Teori Pembelajaran. Yogyakarta: Garudhawaca

Hasibuan dan Moedjiono. 2010. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Lestari, Titik. 2020. Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar. Jakarta : PT Raja Grapindo Persada.

Munir.2014.Pengertian Media Pembelajaran.Multimedia Konsep dan Aplikasi Dalam Pendidikan,58.Retrived from. https/ /doi.org/10.1128/AAC.03728-14

Nasution. S, 1999. Kurikulum dan Pengajaran. PT. Bumi Aksara. Jakarta.

Nurhadi, dkk. 2003. Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK.

Rachim, Elvania. 2020. Hubungan Pelaksanaan Pembelajaran Daring Dengan Minat Belajar Siswa MI Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Krincing Secang Magelang Tahun 2020. Skripsi. Salatiga: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga.

Rachmawati, Tutik dan Daryanto. 2015. Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang Mendidik. Jakarta: Gova Media.

TribunNews. 11 Februari 2021. Diakses pada hari Kamis, 1 Juli 2021 Pukul 18.22 WITA di https://www.tribunnews.com/nasional/2021/02/11/apa-itu-kampus-mengajar-dibuka-untuk-mahasiswa-berikut-syarat-hingga-cara-daftarnya.

Yayat Hendayana. 9 Februari 2021. Diakses pada Hari Rabu, 29 Juni 2021 pukul 20.21 WITA di https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/kampus-mengajar-angkatan-1-tahun-2021-upaya-kemendikbud-libatkan-mahasiswa-dalam-penguatan-pembelajaran-di-sekolah-dasar-pada-masa-pandemi/.

Downloads

Published

2021-11-27

Issue

Section

Articles

Citation Check