Implementasi Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Literasi, Numerasi, dan Teknologi di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Nurhalinda Nurhalinda Universitas Islam Makassar
  • Jusmaniar Jusmaniar
  • Nur Syam
  • Erwin Nurdiansyah

DOI:

https://doi.org/10.31100/matappa.v4i1.1555

Abstract

Implementasi Program Kampus Mengajar Dalam Meningkatkan Literasi, Numerasi, dan Teknologi di Masa Pandemi Covid-19 di SD Inpres 12/79 Barebbo Kabupaten Bone. Program Kampus Mengajar merupakan salah satu bentuk pelaksanaan Merdeka-Belajar-Kampus-Merdeka (MBKM) berupa kegiatan mengajar, adaptasi teknologi, dan Administrasi dengan memberdayakan mahasiswa dalam membantu proses pembelajaran di Sekolah Dasar di berbagai Desa/Kota. Salah satunya di SD Inpres 12/79 Barebbo yang bertempat di Desa Barebbo, Kecamatan Barebbo, Kabupaten Bone. Tujuan Program Kampus Mengajar adalah untuk memberikan solusi bagi sekolah yang terdampak pandemi dengan memberdayakan para mahaisiswa yang berdomisili di sekitar wilayah sekolah tersebut untuk membantu sekolah  memberikan pelayanan pendidikan yang optimal terhadap semua peserta didik pada jenjang SD dalam kondisi terbatas dan kritis selama pandemi serta membantu dalam pelaksanaan pembelajaran yang berfokus pada pembelajaran literasi dan numerasi baik secara luring maupun daring. Program ini memberikan dampak positif bagi peserta didik seperti meningkatnya motivasi dan minat belajar, meningkatkan kemampuan literasi terpadu dan numerasi serta efektivitas proses pembelajaran. Adapun manfaat bagi peserta kampus mengajar yaitu dapat mengembangkan diri melalui aktivitas di luar kelas perkuliahan dan mendapatkan pengalaman dalam mengajar secara langsung sehingga dapat mengembangkan kemampuan interpersonal dan kepemimpinan yang dimiliki

Author Biography

Nurhalinda Nurhalinda, Universitas Islam Makassar

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Bafadal, I. 2003. Seri Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Dasmita. 2014. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Elkhafaifi, H. 2005. Listening Comprehension and Anxiety in the Arabic Language Classroom. The Modern Language Journal, 89(2).

Karwati, E. & Danni, J. P. 2013. Kinerja dan Profesionalsme Kepala Sekolah Membangun Sekolah yang Bermutu. Bandung: Alfabeta.

Kemendikbud. 2021, Buku Saku Utama Aktivitas Mahasiswa Kampus Mengajar. Jakarta: Kemendikbud.

Kemedikbud. 2021. Panduan Program Kampus Mengajar Angkatan I. Jakarta: Kemendikbud.

Mulyasa. 2006. Menjadi Guru Professional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenanggkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Additional Files

Published

2021-11-21

Issue

Section

Articles

Citation Check