Pelatihan dan Pendampingan Pembuatan Media Berbasis ICT Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Flipped Classroom Bagi Guru PAUD

Authors

  • Febriyanti Utami Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Hasmalena Hasmalena Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Mahyumi Rantina Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Taruni Suningsih Universitas Sriwijaya, Indonesia
  • Windi Dwi Andika Universitas Sriwijaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/matappa.v5i1.1631

Keywords:

Media berbasis ICT, Flipped Classroom, Guru PAUD

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk memberikan pelatihan dan pendampingan dalam pembuatan media berbasis ICT dalam pelaksanaan pembelajaran flipped classroom bagi guru PAUD di Kota Lubuk Linggau. Metode pelaksanaan kegiatan dilaksanakan dengan taga tahapan, yaitu tahap persiapan, tahap. Data yang diperoleh dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini, yaitu pemahaman guru terhadap peenggunaan media berbasis ICT dalam pelaksanaan pembelajaran flipped classroom selama masa pandemic covid-19 dalam bentuk hasil pretest dan postest, dokumentasi kegiatan dan tugas peserta dalam membuat media berbasis ICT dalam bentuk video pembelajaran. Berdasarkan kegiatan yang dilaksanakan diperoleh bahwa ada peningkatan pemahaman guru terhadap penggunaan media berbasis ICT dalam pembelajaran flipped 

References

Apriani, A., Suwandi, I. K., Ariyani, Y. D., & Sari, I. P. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter pada Masa New Normal Covid-19 melalui Flipped Classroom Strengthening Character Education in New Normal Covid-19 Periode through Flipped Classroom. 14(2), 102–113.

Hamdan, N., McKnight, P., McKnight, K., & Arfstrom, K. M. (2013). A Review of Flipped Learning. c, 20.

Hastuti, W. D. (2020). Membangun Motivasi dan Kemandirian Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Melalui Flipped Classroom di Masa New Normal Covid-19. Prosiding Webinar Magister Pendidikan Nonformal UNG | 181, September, 181–192.

Ihmeideh, F., & Al-Maadadi, F. (2018). Towards Improving Kindergarten Teachers’ Practices Regarding the Integration of ICT into Early Years Settings. Asia-Pacific Education Researcher, 27(1), 65–78. https://doi.org/10.1007/s40299-017-0366-x

Johnson, G. B. (2013). Student Perceptions Of The Flipped Classroom. Educational Technology The University Of British Columbia.

Karlina, I., Kurniah, N., & Ardina, M. (2018). Media Berbasis Information and Communication Technoloy (Ict) Dalam Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Potensia, 3(1), 1689–1699.

Mariyana, R. (2020). Pengembangan Desain Model Pembelajaran Virtual Flipped Classroom. Jurnal Pembelajaran Inovatif, 3(2), 150–156. https://doi.org/10.21009/jpi.032.10

Papadakis, S., Kalogiannakis, M., & Zaranis, N. (2016). Comparing Tablets and PCs in teaching Mathematics: An attempt to improve Mathematics Competence in Early Childhood Education. Preschool and Primary Education, 4(2), 241. https://doi.org/10.12681/ppej.8779

Trisnadewi, K., & Muliani, N. M. (2020). Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. In Covid-19 Perspektif Pendidikan (pp. 35–54). Yayasan Kita Menulis.

Utami, F., & Andika, W. D. (2021). Pengembangan Media Flashcard Berbasis Augmented Reality pada Materi Mengenal Binatang Laut. 5(2), 1718–1728. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.933

Downloads

Published

2022-03-06

Issue

Section

Articles

Citation Check