Pemberdayaan Orang Tua Dalam Pendampingan Belajar Anak Masa Pandemi Covid19 Upaya Penguatan Pendidikan Karakter
DOI:
https://doi.org/10.31100/matappa.v4i1.1632Keywords:
Pandemi Covid19, Pemberdayaan orang tua, Pendidikan Karakter,Abstract
Tujuan pengabdian kepada masyarakat adalah untuk memberikan pemahaman bagi orang tua siswa dalam pendampingan belajar anak masa pandemi Covid19 sebagai upaya penguatan pendidikan karakter dalam keluarga melalui keteladanan, pembiasaan, nasehat, semangat dan motivasi. Metode yang digunakan dalam pengabdian masayarakat adalah memberikan penyuluhan secara tatap muka dengan protokol kesehatan yang ketat melalui ceramah, tanya jawab, diskusi, dan tugas, dilaksanakan di Kecamatan Tarub Kabupaten Tegal. Hasil dari kegiatan pengabdian adalah orang tua siswa mendapatkan pembelajaran dan pemahaman tentang pendampingan belajar anak masa pandemi Covid19 melalui teori dan praktik (bermain peran) berupa contoh-contoh kegiatan yang dapat memperkuat pendidikan karakter di dalam keluarga.
References
Atriyanti, Y. (2020). Strategi Sekolah Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik Pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Unnes.
Eldaroini Yanuri, E. Y. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 2021: SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN 15-16 JANUARI 2021.
Hanifah, N., & Budiyono, A. (1970). Pendampingan Orang Tua Untuk Mendisiplinkan Anak Belajar Selama Masa Pandemi. Ghaidan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam Dan Kemasyarakatan, 5(1). https://doi.org/10.19109/ghaidan.v5i1.6458
Hartati, N. S., Thahir, A., & Fauzan, A. (2019). Manajemen Program Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Daring dan Luring di Masa Pandemi Covid 19-New Norma. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9).
Khasanah, B. L., & Dimyati, D. (2021). Pengenalan Pembelajaran Matematika oleh Orang Tua Anak Usia Dini di Masa Pandemi. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i2.1016
Kebijakan Mendikbud. (2018). lima nilai utama karakter.
Kemendiknas. (2010). Desain Induk Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemendiknas
Le, M. T. H. (2021). Examining factors that boost intention and loyalty to use Fintech post-COVID-19 lockdown as a new normal behavior. Heliyon, 7(8). https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2021.e07821
Purwanti, R. (2021). Peran Guru Dalam Penguatan Pendidikan Karakter Masa Pandemi Covid-19 Dari Segi Pemanfaatan Gawai. Prosiding Seminar Nasional ….
Peraturan Presiden No. 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter
Lickona, T. (2014). Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Siswa Menjadi Pintar dan Baik. (Edisi terjemahan). Bandung: Nusa Media.
Röhr, S., Reininghaus, U., & Riedel-Heller, S. G. (2020). Mental wellbeing in the German old age population largely unaltered during COVID-19 lockdown: results of a representative survey. BMC Geriatrics, 20(1). https://doi.org/10.1186/s12877-020-01889-x
Riduwan. (2015). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta
Su, Y., Xue, J., Liu, X., Wu, P., Chen, J., Chen, C., Liu, T., Gong, W., & Zhu, T. (2020). Examining the impact of covid-19 lockdown in Wuhan and Lombardy: A psycholinguistic analysis on weibo and twitter. International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(12). https://doi.org/10.3390/ijerph17124552
Samani, M. & Hariyanto. (2018). Konsep dan model pendidikan karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tahun 2003 tentang Sistem PendidikanNasional
Undang-undang Republik Indonesia No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
Wardhani, T. Z. Y., & Krisnani, H. (2020). Optimalisasi Peran Pengawasan Orang Tua Dalam Pelaksanaan Sekolah Online Di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(1), 48. https://doi.org/10.24198/jppm.v7i1.28256
Zulhijrah. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Tadrib: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 118–136.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Jurnal ini memberikan akses terbuka langsung dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan dapat di Akses secara Terbuka atau Gratis untuk semua orang baik untuk dibaca maupun diunduh di bawah lisensi CC-BY.
Ppenulis mempertahankan kepemilikan hak cipta untuk artikel mereka, tetapi penulis memberikan izin kepada orang lain untuk menggunakan konten publikasi di Matappa secara keseluruhan atau sebagian asalkan karya aslinya dikutip dengan benar.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyampaikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahan. Reproduksi bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya dalam basis data dan transmisi dengan bentuk atau media apa pun, seperti elektronik, salinan elektrostatik dan mekanik, fotokopi, rekaman, media magnetik.
MATAPPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.