Pelatihan Praktik Bimbingan Dan Konseling Perkembangan Bagi Guru Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31100/matappa.v5i1.1654Keywords:
Pelatihan, Bimbingan dan Konseling, Sekolah DasarAbstract
Developmental guidance and counseling practice training activities for elementary school teachers aim to improve the competence of elementary school teachers to integrate BK service practices in elementary schools both by elementary school teachers with BK and PGSD graduate degrees so that they can assist teachers in identifying and alleviating student problems through counseling strategies. This training was carried out from 22 September 2021 to 04 October 2021 for 41 elementary school teachers through three stages of training, namely the preparation, implementation and evaluation stages. The results of the training showed an increase in the positive perception of elementary school teachers and teachers' understanding of the implementation of counseling services in elementary schools from 63% to 100%.
References
Haryatri. (2019). Urgensi bimbingan dan konseling di sekolah dasar. Jurnal at-taujih: bingkai bimbingan dan konseling islami, 5(1), 92–102. Https://doi.org/10.15548/atj.v5i1.758
Kurniawan, L. (2015). Pengembangan program layanan bimbingan dan konseling komprehensif di sma. Jurnal psikologi pendidikan dan konseling: jurnal kajian psikologi pendidikan dan bimbingan konseling, 1(1), 1. Https://doi.org/10.26858/jpkk.v1i1.1351
Permadin, M. L. P., & Herdi. (2021). Asesmen kebutuhan konseli dalam perencanaan program bimbingan dan konseling di sekolah menengah pertama 1 meiga latifah putri permadin & 2. Jurnal edukasi: jurnal bimbingan konseling, 7(1), 27–33. Https://doi.org/doi : 10.22373/je.v6i2. 7573
Rachman, T. (2013). Indonesia butuh 129 ribu guru bimbingan konseling. Https://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/13/05/30/mnkhvn-indonesia-butuh-129-ribu-guru-bimbingan-konseling
Rosita, T., Irmayanti, R., & Hendriana, H. (2020). Urgensi bimbingan karir di sekolah dasar. Abdimas siliwangi, 03(01), 199–205.
Sari, N. P., & setiawan, m. A. (2020). Bimbingan dan konseling perspektif indigenous: etnik banjar. Deepubish publisher. Https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=izoceaaaqbaj&oi=fnd&pg=pp1&dq=sari+2020+bimbingan+dan+konseling&ots=oy7fsv9owf&sig=vubjlslclgznxyrv3urs8l-zolk&redir_esc=y#v=onepage&q=sari 2020 bimbingan dan konseling&f=false
Sudibyo, H. (2019). Kinerja guru bk dalam perencanaan program bimbingan dan konseling komprehensif. Jcose jurnal bimbingan dan konseling, 1(2), 36–40. Https://doi.org/10.24905/jcose.v1i2.29
Sukadari. (2021). Guru bimbingan dan konseling di sekolah dasar sangat dibutuhkan. Analisis selementary school: jurnal pendidikan dan pembelajaran ke-sd-antandar pelayanan minimal pada instalasi rawat jalan di rsud kota semarang, 8(1), 67–74. Https://journal.upy.ac.id/index.php/es/article/view/1204
Sumiyati, Y., & Pamungkas, Wr. W. (2020). Peran guru dalam mengembangkan kemandirian siswa melalui layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar. Trihayu: jurnal pendidikan ke-sd-an, 7(1), 1058–1063. Https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pandawa
Wahyudi, I. (2012). Mengejar profesionalisme guru (Jakarta: Prestasi pustaka).
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Jurnal ini memberikan akses terbuka langsung dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan dapat di Akses secara Terbuka atau Gratis untuk semua orang baik untuk dibaca maupun diunduh di bawah lisensi CC-BY.
Ppenulis mempertahankan kepemilikan hak cipta untuk artikel mereka, tetapi penulis memberikan izin kepada orang lain untuk menggunakan konten publikasi di Matappa secara keseluruhan atau sebagian asalkan karya aslinya dikutip dengan benar.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyampaikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahan. Reproduksi bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya dalam basis data dan transmisi dengan bentuk atau media apa pun, seperti elektronik, salinan elektrostatik dan mekanik, fotokopi, rekaman, media magnetik.
MATAPPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.