Pelatihan Pemanfaatan Game Edukasi melalui Wordwall dan Educandy sebagai Kreasi Media Pembelajaran pada Guru MI As-Shibyan, Gresik, Jawa Timur
DOI:
https://doi.org/10.31100/matappa.v5i1.1683Keywords:
Edugame, Educandy, Kreasi Media Pembelajaran, WordwallAbstract
ABSTRAK
Selama masa pandemi Covid-19, pembelajaran jarak jauh memiliki berbagai dampak dan tantangan bagi guru maupun siswa. Guru dituntut untuk dapat beradaptasi dengan cepat dan dapat memanfaatkan berbagai media yang dapat digunakan dalam pembelajaran jarak jauh. Berdasarkan hal tersebut, pelatihan pemanfaatan game edukasi bertujuan untuk meningkatkan kreativitas guru dalam mengembangkan media pembelajaran, terutama di masa pandemi Covid-19. Metode yang diaplikasikan dalam pengabdian pada masyarakat ini adalah pelatihan pemanfaatan game edukasi berupa aplikasi Educandy dan Wordwall yang dapat diakses secara gratis. Sasaran kegiatan ini adalah guru-guru dari MI As-Shibyan, Kecamatan Cerme, Gresik. Pelatihan pemanfaatan Wordwall dilakukan secara luring, sedangkan pelatihan pemanfaatan Educandy dilakukan secara daring melalui media Grup WhatsApp dan Youtube. Hasil dari pengabdian pada masyarakat ini adalah guru-guru dapat mengembangkan kreasi media pembelajaran menggunakan Educandy dan Wordwall dalam memberikan latihan soal kepada siswa untuk meningkatkan minat belajar dan mengurangi kejenuhan siswa, terutama pembelajaran di masa pandemi. Ke depannya, diharapkan para guru juga dapat mengaplikasikan pemanfaatan Educandy dan Wordwall secara berkelanjutan baik secara daring maupun luring di kelas. Â
Â
ABSTRACT
During the Covid-19 pandemic, distance learning has various impacts and challenges for both teachers and students. Teachers are required to adapt quickly and be able to take advantage of various media that can use in distance learning. Based on this, training on the use of educational games aims to increase teacher creativity in developing learning media, especially during the Covid-19 pandemic. The method applied in this community service is training on educational games in the form of Educandy and Wordwall applications that can access for free. The target of this activity is teachers from MI As-Shibyan, Cerme District, Gresik. Training on the use of Wordwall is carried out offline, while training on Educandy is carried out online through WhatsApp Group and Youtube. This community service results in teachers developing learning media creations using Educandy and Wordwall in providing practice questions to students to increase interest in learning and reduce student boredom, especially learning during a pandemic. In the future, it is hoped that teachers will also be able to apply the sustainable use of Educandy and Wordwall both online and offline in the classroom.ÂReferences
Anggrawan, A. (2019). Analisis Deskriptif Hasil Belajar Pembelajaran Tatap Muka Dan Pembelajaran Online Menurut Gaya Belajar Mahasiswa. Matrik : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 18(2), 339–346. https://Doi.Org/10.30812/Matrik.V18i2.411
Bali, Muh. Mushfi. (2019). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Distance Learning. Jurnal TARBIYATUNA: Kajian Pendidikan Islam. 3 (1), 29-40.
Hae, Y., & Rezeki Patricia Tantu, Y. (2021). Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan Penerapan Media Pembelajaran Visual Dalam Membangun Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1177–1184. https://Doi.Org/10.31004/Edukatif.V3i4.522
Halwa, S. (2020). Pendampingan Guru dengan Model Pembelajaran Jarak Jauh dalam Penerapan E-Learning Berbasis Aplikasi di Kecamatan Bantargebang. MADDANA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 1 (1), 20-28.
Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. 8 (2), 1-10.
Nissa, S. F. & Retnoningtyas, N. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Skeolah Dasar. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan. 3 (5), 2854-2860. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.880
Pajarianto, D. (2020). Study from home in the middle of the COVID-19 pandemic: analysis of religiosity, teacher, and parents support against academic stress. Talent Development & Excellence, 12 (2), 1791—1807.
Patall, E.A., dkk. (2008). Parent Involvement in Homework: A Research Synthesis. Review of Educational Research. https://doi.org/10.3102/0034654308325185.
Pranata, I. P. W., Agung, A. A. G., & Jampel, I. N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas VII. Mimbar Ilmu, 4(1), 122–130. https://Ejournal.Undiksha.ac.id/Index.Php/MI/Article/View/31555
Putri, M. (2020). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall Dalam Pembelajaran Daring (Online) Matematika Pada Materi Bilangan Cacah. Journal UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, 1(1), 145–165.
Radja, Djoni. (2020). Pemanfaatan Gadget dalam Mendukung BDR (Belajar dari Rumah) di Masa Pandemi Covid-19. http://bppauddikmasntt.kemdikbud.go.id/index.php/11-artikel/183-pemanfaatan-gadget-dalam-mendukung-bdr-belajar-dari-rumah-dimasa-pandemi-covid-19.
Rohayani, F. (2020). Menjawab Problematika Yang Dihadapi Anak Usia Dini Di Masa. Qawwam: Journal For Gender Mainstreaming, 14(1), 29–50. https://Doi.Org/10.20414/Qawwam.V14i1.2310
Sari, Puspa & Sari, H. (2018). Pelatihan Penggunaan Metode Wordwall untuk Meningkatkan Kosa Kata Siswa di Desa Cenning Kecamatan Malangke Barat Kabupaten Luwu Utara. RESONA: Jurnal Ilmiah Pengabdian Masyarakat. 2 (1), 42-46.
Setuju & Mariah, S. (2021). Optimalisasi Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif bagi Guru-Guru se-DIY dan Jawa Tengah. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Masyarakat LPPM Universitas Sarjana Wiyata Taman Siswa. 1 (1), 89-96.
Ulya, M. (2021). Penggunaan Educandy dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia. Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 10 (1): 55—63.
Wijayanto, S., Wardana, A. E., & Purnanto, A. W. (2021). Keterlibatan Orang Tua Dalam Pembelajaran Daring Serta Menanamkan Disiplin di Sekolah Dasar. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 6 (1), 44-53. https://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JMK/article/view/5336/3137
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Jurnal ini memberikan akses terbuka langsung dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan dapat di Akses secara Terbuka atau Gratis untuk semua orang baik untuk dibaca maupun diunduh di bawah lisensi CC-BY.
Ppenulis mempertahankan kepemilikan hak cipta untuk artikel mereka, tetapi penulis memberikan izin kepada orang lain untuk menggunakan konten publikasi di Matappa secara keseluruhan atau sebagian asalkan karya aslinya dikutip dengan benar.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyampaikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahan. Reproduksi bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya dalam basis data dan transmisi dengan bentuk atau media apa pun, seperti elektronik, salinan elektrostatik dan mekanik, fotokopi, rekaman, media magnetik.
MATAPPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.