Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Kelompok Guru Kecamatan Bua Meneliti

Authors

DOI:

https://doi.org/10.31100/matappa.v1i2.170

Keywords:

PTK, Penelitian Guru, Pendidikan

Abstract

Kegiatan ini bertujuan untuk membiasakan guru-guru untuk melakukan penelitian tindakan kelas, sehingga masalah-masalah yang terjadi di kelas bisa diselesaikan dengan penelitian. Subjek kegiatan ini adalah guru dari SMPN 2 Bua dan SMPN Satap Raja Bua. Kedua sekolah ini dipilih karena di Kecamatan Bua, sekolah ini yang masih berakreditasi B. Materi kegiatan ini ada 3 yaitu kebijakan pemerintah tentang penelitian, teknis pelaksanaan PTK, dan model pembelajaran inovatif. Hasil dari kegiatan ini adalah dari 31 peserta, dan semua peserta ingin melakukan PTK setelah kegiatan ini. Kebanyakan dari para guru belum melakukan PTK karena tidak mengetahui teknis pelaksaan PTK

References

Kemdikbud, 2016. Pencarian Sekolah. http://sekolah.data.kemdikbud.go.id/index.php/chome/ pencarian/. Diakses tanggal 1 Juni 2017.

Kemdikbud, 2017. Sekolah Per Jenjang dan Akreditasi. https://data.go.id/dataset/sekolah-per-jenjang-akreditasi. Diakses tanggal 1 Juni 2017

Maisaroh, & Rostrieningsih. (2010). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team Pada Mata Pelajaran Keterampilan Dasar Komunikasi Di SMK Negeri 1 Bogor – Maisaroh dan Rostrieningsih. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 157–172.

Poerwanto, Bobby (2015). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penggunaan Media Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Pada Siswa Kelas VIII6 SMP Negeri 17 Makassar. Jurnal D’Computare. Vol. 6 No.1, Hal. 12-34

Roza, P. (2007). Pendidikan dan Mutu Manusia. Jurnal Sosioteknologi, 6(12), 303–308.

Widodo, & Widayanti, L. (2013). Problem Based Learning Pada Siswa Kelas VIIA MTS Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012 / 2013. Fisika Indonesia, XVII(49), 32–35

Downloads

Published

2018-10-05

Issue

Section

Articles

Citation Check