Pembekalan Literasi Numerasi Bagi Guru Madrasah Ibtidaiyah
DOI:
https://doi.org/10.31100/matappa.v5i1.1745Keywords:
Literasi numerasi, Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia, Blended learning.Abstract
Tujuan umum pembekalan literasi numerasi bagi guru Madrasah Ibtidaiyah pada Bimbingan Teknis Tindak Lanjut Hasil Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia adalah  untuk perbaikan proses pembelajaran literasi numerasi di kelas. Sedangkan tujuan khusus dari kegiatan pengabdian  ini adalah untuk meningkatkan keterampilan guru Madrasah Ibtidaiyah dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran literasi numerasi menggunakan matematika sebagai wahananya. Kegiatan pembekalan literasi numerasi melibatkan  49 guru sebagai peserta dan 1 orang instruktur. Peserta berasal dari 25 Madrasah Ibtidaiyah  dari berbagai kabupaten/kota di provinsi Nusa Tenggara Timur. Dalam kegiatan ini, peserta dibagi menjadi 2 kelas, yaitu kelas 108 sebanyak 26 peserta dan kelas 109 sebanyak 23 peserta. Kegiatan pembekalan ini dilaksanakan selama 2 minggu, yaitu pada tanggal 22 November 2021 – 5 Desember 2021.  Metode pembelajaran dalam kegiatan ini adalah blended learning. Pembelajaran dilakukan dengan metode pembelajaran daring dan luring. Untuk pembelajaran daring terbagi lagi menjadi dua metode pembelajaran, yaitu sinkronus dan asinkronus. Sedangkan pembelajaran luring dilakukan tatap muka langsung yang diadakan di hotel Aston Kupang, Nusa Tenggara Timur. Kegiatan ini dapat meningkatkan kompetensi numerasi peserta yang dapat diterapkan dalam pembelajaran numerasi di kelas. Peserta dapat meningkatkan keterampilan mereka dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran  literasi numerasi di kelas.
References
Batubara, H. H. & Ariani, D. N. (2016). Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran Matematika SD/MI. Muallimuna Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 47-66. http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v2i1.741
Bradley, V. M. (2021). Learning Management System (LMS) use with online Instruction. International Journal of Technology in Education (IJTE), 4(1), 68-92. https://doi.org/10.46328/ijte.36
Fahmi, M. H. (2020). Komunikasi Synchronous dan Asynchronous dalam E-Learning pada Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Nomosleca, 6(2), 146-158. https://doi.org/10.26905/nomosleca.v6i2.4947
Hewi, L. & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 04(1), 30-41. https://doi.org/10.29408/goldenage.v4i01.2018
Jayanti, U., dkk. (2020). Profil Keterampilan Menyusun Skenario pembelajaran Mahasiswa Calon Guru Biologi Perguruan Tinggi Keagamaan. Jurnal Biolokus, 3(1), 265-279. http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v3i1.720
Direktorat Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama RI. (2020). Asesmen Komptensi Madrasah Indonesia. Jakarta :
Direktorat Pendidikan Agama Islam Kementerian Agama RI, https://akmi.kemenag.go.id/. Diakses pada tanggal 15 Desember 2021.
Mahoney, K. (2016). An Introduction to Learning Management Systems. Readings in Education and Technology: Proceedings of ICICTE 2008, 314-323.
Mulyati, T. (2009). Pendekatan Konstruktivisme dan Dampaknya bagi Hasil Belajar Matematika SD. EduHumaniora Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 532-552. https://doi.org/10.17509/eh.v1i2.2738
Narayana, I.W.G. (2016). Analisis Terhadap Hasil Penggunaan Metode Pembelajaran Synchronous Dan Asynchronous. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2016, 6-7 Februari 2016, 139-144. STMIK AMIKOM Yogyakarta.
Pakpahan, R., & Fitriani, Y. (2020). Analisa Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Researh, 4(2), 30-36
Pusat Penelitian Pendidikan BALITBANG KEMENDIKBUD. (2020). Pendidikan di Indonesia Belajar dari Hasil PISA 2018. Jakarta : Pusat Penelitian Pendidikan Badan Penelitian dan Pendidikan Kementerian Pendidikan dan kebudayaan.
Romadhon, G. (2016). LMS (Learning Management System) di BKTIK (Bimbingan Keterampilan Teknologi dan Informasi dan Komunikasi) dalam Penerapan Kurikulum 2013 (Studi di SMA Negeri 1 Salatiga). Salatiga: Universitas Kristen Satya Wacana.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi. 6(2), 214-224. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.975 9
Sulianto, J. (2008). Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Berpikir Kritis pada Siswa Sekolah Dasar. Phytagoras, 4(2), 14-25. https://doi.org/10.21831/pg.v4i2.555
Tim Instruktur Literasi Numerasi AKMI KEMENAG. (2021). Materi Pengetahuan Numerasi 2.
Tohir, M. (2019). Hasil PISA Indonesia Tahun 2018 Turun Dibanding Tahun 2015. http://dx.doi.org/10.17605/OSF.IO/8Q9VY.
Wahyuningsih, D., & Sungkono. (2017). Peningkatkan Interaktivitas Pembelajaran Melalui Penggunaan Komunikasi Asynchronous di Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(2), 227-237. https://doi.org/10.21831/jitp.v4i2.190 86
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Jurnal ini memberikan akses terbuka langsung dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan dapat di Akses secara Terbuka atau Gratis untuk semua orang baik untuk dibaca maupun diunduh di bawah lisensi CC-BY.
Ppenulis mempertahankan kepemilikan hak cipta untuk artikel mereka, tetapi penulis memberikan izin kepada orang lain untuk menggunakan konten publikasi di Matappa secara keseluruhan atau sebagian asalkan karya aslinya dikutip dengan benar.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyampaikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahan. Reproduksi bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya dalam basis data dan transmisi dengan bentuk atau media apa pun, seperti elektronik, salinan elektrostatik dan mekanik, fotokopi, rekaman, media magnetik.
MATAPPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.