PKM Penguatan Literasi Digital bagi Masyarakat Lingkungan Sekolah di Kecamatan Ternate Utara Sebagai Upaya Mendukung Program Merdeka Belajar di Masa Pandemi Covid 19

Authors

  • Sri Wahyuni Universitas Khairun Ternate, Indonesia
  • Sasmayunita Sasmayunita Universitas Khairun Ternate, Indonesia
  • Aswal Salewangeng Universitas Khairun Ternate, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/matappa.v4i4.1747

Keywords:

Literasi digital, covid 19, merdeka belajar,

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan treatment kepada para mitra yakni masyarakat Lingkungan Sekolahdi wilayah Kecamatan Ternate Utara berupa kegiatan penguatan literasi digital agar bisa memahami literasi digital dan mengetahui perbedaan dampak negative dan positif dari media digital. Para mitra juga akan diberikan pemahaman terkait etika dan kompetensi dalam literasi digital serta pencerahan bagaimana cara meminimalisir pengaruh negative dari media digital tersebut melalui media sosial pendidikan.. Secara umum dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini memberikan manfaat berupa (1) pemahaman terkait pentingnya literasi digital di masa pandemic sekaliguis era revolusi industri ini (2) Penguatan literasi digital bagi guru-guru untuk menambah pengetahuan para guru tentang literasi digital dan penerapan berbagai media pembelajaran berbasis online agar mampu mengimplementasikannya dalam kegiatan pembelajaran. (3) Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para guru tentang jenis-jenis media pembelajaran berbasis online. (4) Mendemonstrasikan penggunaan media pembelajaran berbasis online dalam proses belajar mengajar. (5) Melakukan penguatan literasi digital untuk para pelajar di lingkungan sekolah dalam rangka mengoptimalkan pembelajaran daring dan memaksimalkan teknologi untuk mendapatakan informasi berkualitas yang terhindar dari infromasi yang negative (hoax).

 

Author Biography

Sri Wahyuni, Universitas Khairun Ternate

Bahasa dan Sastra Indonesia

References

Ade Tuti Turistiati, (2016), Fenomena Black Campaign Dalam Pemilihan Kepala Daerah 2015, Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, Volume VIII, Nomor 02, 209.

Amalia, R. R. Literasi Digital Pelajar SMA: Kemampuan Berkomunikasi dan Berpartisipasi Pelajar SMA Negeri di Daerah Istimewa Yogyakarta Melalui Internet. Jurnal Studi Pemuda, 4(1), 224-240.)

Asari,Andi,dkk. (2019). Kompetensi Literasi Digital Bagi Guru dan Pelajar di Kabupaten Malang. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi 3 (2), 98-104)

Fatmawati (2019). Literasi Digital, Mendidik Anak di Era Digital bagi Orang Tua Milenial. MADANI Jurnal Politik dan Sosial Kemasyarakatan, 11(2), 119-138)

Haryatmoko (2007). Etika Komunikasi: Manipulasi Media, Kekerasan dan Pornografi. Yogyakarta: Kanis-ius

Jatmiko, Mochamad Iqbal (2019). Post-Truth, Media Sosial, dan Misinformasi: Pergolakan Wacana Politik Pemilihan Presiden Indonesia Tahun 2019, Jurnal Tabligh Volume 20 No 1, Juni 2019 :21 – 39

Juliswara, Vibriza (2017). Mengembangkan Model Literasi Media yang Berkebhinnekaan dalam Menganalisis Informasi Palsu (Hoax) di Media Sosial. Jurnal Pemikiran Sosiologi, Volume 4 No. 2, pp. 142-164

Kapolkas, Ignas (2019). A Political Theory of Post-truth. Springer Nature Switzerland AG: McMillan Pal-grave

Kurnia, Novi dan Engelbertus Wendratama. (2017). Panduan Orangtua Mendampingi Anak Berinternet, Yuk Temani Anak Berinternet. Yogyakarta : Program Studi Magister Ilmu Komunikasi UGM.

Mulyana, Deddy, (2014), Metode Penelitian Kualitatif Paradigma baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial, Bandung, Remadja Rosdakarya.

Pooter dalam Kurniawati, J., & Baroroh, S. (2016). Literasi Media Digital Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Komunikator, 8(2), 51-66.).

Rahmat, Stephanus Turibius. (2018). Pola Asuh Yang Efektif Untuk Mendidik Anak Di Era Digital. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, Volume 10, Nomor 2, Juni 2018, hlm. 137-273.

Riswandi (2009) Ilmu komunikasi, Jakarta, Graha Ilmu.

Sastropoetro. S. (1990), Komunikasi Sosial, Remaja Karya, Bandung : Remaja Karya.

Soerjono. S, (2009), Pengantar Penelitian Hukum, Jakarta, UI-Press.

Wicaksono, dkk. 2019. Demokrasi Damai Era Digital. Jakarta : Siberkreasi.

Winerda, Indah dan Intan Rawit Sapanti. (2019). Literasi Digital Bagi Millenial Moms. Yogyakarta : Samudra Biru.

Zaini, Muhammad dan Soenarto. (2019). Persepsi Orangtua Terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital di Kalangan Anak Usian Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 3, No. 1 2019 (224-233).

Downloads

Published

2021-12-30

Issue

Section

Articles

Citation Check