PKM Penguatan Literasi Digital bagi Masyarakat Lingkungan Sekolah di Kecamatan Ternate Utara Sebagai Upaya Mendukung Program Merdeka Belajar di Masa Pandemi Covid 19
DOI:
https://doi.org/10.31100/matappa.v4i4.1747Keywords:
Literasi digital, covid 19, merdeka belajar,Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan treatment kepada para mitra yakni masyarakat Lingkungan Sekolahdi wilayah Kecamatan Ternate Utara berupa kegiatan penguatan literasi digital agar bisa memahami literasi digital dan mengetahui perbedaan dampak negative dan positif dari media digital. Para mitra juga akan diberikan pemahaman terkait etika dan kompetensi dalam literasi digital serta pencerahan bagaimana cara meminimalisir pengaruh negative dari media digital tersebut melalui media sosial pendidikan.. Secara umum dapat disimpulkan bahwa kegiatan ini memberikan manfaat berupa (1) pemahaman terkait pentingnya literasi digital di masa pandemic sekaliguis era revolusi industri ini (2) Penguatan literasi digital bagi guru-guru untuk menambah pengetahuan para guru tentang literasi digital dan penerapan berbagai media pembelajaran berbasis online agar mampu mengimplementasikannya dalam kegiatan pembelajaran. (3) Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para guru tentang jenis-jenis media pembelajaran berbasis online. (4) Mendemonstrasikan penggunaan media pembelajaran berbasis online dalam proses belajar mengajar. (5) Melakukan penguatan literasi digital untuk para pelajar di lingkungan sekolah dalam rangka mengoptimalkan pembelajaran daring dan memaksimalkan teknologi untuk mendapatakan informasi berkualitas yang terhindar dari infromasi yang negative (hoax).
Â
References
Ade Tuti Turistiati, (2016), Fenomena Black Campaign Dalam Pemilihan Kepala Daerah 2015, Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi, Volume VIII, Nomor 02, 209.
Amalia, R. R. Literasi Digital Pelajar SMA: Kemampuan Berkomunikasi dan Berpartisipasi Pelajar SMA Negeri di Daerah Istimewa Yogyakarta Melalui Internet. Jurnal Studi Pemuda, 4(1), 224-240.)
Asari,Andi,dkk. (2019). Kompetensi Literasi Digital Bagi Guru dan Pelajar di Kabupaten Malang. BIBLIOTIKA : Jurnal Kajian Perpustakaan dan Informasi 3 (2), 98-104)
Fatmawati (2019). Literasi Digital, Mendidik Anak di Era Digital bagi Orang Tua Milenial. MADANI Jurnal Politik dan Sosial Kemasyarakatan, 11(2), 119-138)
Haryatmoko (2007). Etika Komunikasi: Manipulasi Media, Kekerasan dan Pornografi. Yogyakarta: Kanis-ius
Jatmiko, Mochamad Iqbal (2019). Post-Truth, Media Sosial, dan Misinformasi: Pergolakan Wacana Politik Pemilihan Presiden Indonesia Tahun 2019, Jurnal Tabligh Volume 20 No 1, Juni 2019 :21 – 39
Juliswara, Vibriza (2017). Mengembangkan Model Literasi Media yang Berkebhinnekaan dalam Menganalisis Informasi Palsu (Hoax) di Media Sosial. Jurnal Pemikiran Sosiologi, Volume 4 No. 2, pp. 142-164
Kapolkas, Ignas (2019). A Political Theory of Post-truth. Springer Nature Switzerland AG: McMillan Pal-grave
Kurnia, Novi dan Engelbertus Wendratama. (2017). Panduan Orangtua Mendampingi Anak Berinternet, Yuk Temani Anak Berinternet. Yogyakarta : Program Studi Magister Ilmu Komunikasi UGM.
Mulyana, Deddy, (2014), Metode Penelitian Kualitatif Paradigma baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial, Bandung, Remadja Rosdakarya.
Pooter dalam Kurniawati, J., & Baroroh, S. (2016). Literasi Media Digital Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Jurnal Komunikator, 8(2), 51-66.).
Rahmat, Stephanus Turibius. (2018). Pola Asuh Yang Efektif Untuk Mendidik Anak Di Era Digital. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, Volume 10, Nomor 2, Juni 2018, hlm. 137-273.
Riswandi (2009) Ilmu komunikasi, Jakarta, Graha Ilmu.
Sastropoetro. S. (1990), Komunikasi Sosial, Remaja Karya, Bandung : Remaja Karya.
Soerjono. S, (2009), Pengantar Penelitian Hukum, Jakarta, UI-Press.
Wicaksono, dkk. 2019. Demokrasi Damai Era Digital. Jakarta : Siberkreasi.
Winerda, Indah dan Intan Rawit Sapanti. (2019). Literasi Digital Bagi Millenial Moms. Yogyakarta : Samudra Biru.
Zaini, Muhammad dan Soenarto. (2019). Persepsi Orangtua Terhadap Hadirnya Era Teknologi Digital di Kalangan Anak Usian Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Vol. 3, No. 1 2019 (224-233).
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Jurnal ini memberikan akses terbuka langsung dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan dapat di Akses secara Terbuka atau Gratis untuk semua orang baik untuk dibaca maupun diunduh di bawah lisensi CC-BY.
Ppenulis mempertahankan kepemilikan hak cipta untuk artikel mereka, tetapi penulis memberikan izin kepada orang lain untuk menggunakan konten publikasi di Matappa secara keseluruhan atau sebagian asalkan karya aslinya dikutip dengan benar.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyampaikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahan. Reproduksi bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya dalam basis data dan transmisi dengan bentuk atau media apa pun, seperti elektronik, salinan elektrostatik dan mekanik, fotokopi, rekaman, media magnetik.
MATAPPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.