Pengembangan Microcontent Untuk Pembelajaran Matematika Pada Muhammadiyah Boarding School Daarul Ilmi Tarakan
DOI:
https://doi.org/10.31100/matappa.v5i2.1782Keywords:
Microcontent, Microlearning, media pembelajaranAbstract
Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini dilaksanakan bersama mitra dari Sekolah Menengah Atas (SMA). Mitra pada PKM ini adalah Bayu Kurniawan, S.Pd, wali kelas Xb SMA MBS Daarul Ilmi Tarakan. Permasalahan yang memungkinkan untuk dicarikan solusinya terkait situasi dan kondisi pembelajaran matematika di kelas Xb diantaranya: 1) video pembelajaran yang kurang variatif dan masih monoton pada satu bentuk yaitu screen dan audio, 2) penilaian pembelajaran yang masih terbatas pada soal Pilihan Ganda dan Essay (belum menyentuh project dan penilaian kinerja), 3) waktu guru terlalu banyak habis dalam penyusunan video pembelajaran, 4) kedekatan (komunikasi) belum terbangun dengan baik antara mitra dengan siswa kelas Xb. Memperhatikan hal tersebut, salah satu solusi yang rencana digunakan adalah membuat Microcontent yang variatif, dikemas dalam video pembelajaran yang berkualitas dalam bentuk video. Adapun microcontent disematkan dalam google classroom atau Edpuzzle sehingga bisa memanfaatkan fitur penilaian test dan non-test (rubric penskoran) dengan mudah dan efektif. Setelah dilaksanakan kegiatan, terdapat beberapa manfaat yang diperoleh baik oleh mitra ataupun tim pelaksana, diantaranya: a) Peningkatan kemampuan mitra dalam merancang content pembelajran, b) Peningkatan kualitas media pembelajraan berupa video, c) terjalin komunikasi dan kerjasama yang bagus antara pendidik di SMA MBS Daarul Ilmi dengan tim Universitas Borneo Tarakan, d) tersebarluasnya konsep Microcontent dalam pembelajaran daring di Kaltara dan sekitarnya.Â
References
Alqurashi, E. (2017). Microlearning: A pedagogical approach for technology integration. Turkish Online Journal of Educational Technology, 2017(November Special Issue IETC), 942–947.
Bruck, P. A., & Foerster, F. (2012). Mobile Learning with Micro-content : A Framework and Evaluation 1 Introduction. Turkish Online Journal of Distance Education, 527–543.
Buchem, I., & Hamelmann, H. (2010). Microlearning : a strategy for ongoing professional development Microcontent and Microlearning. ELearning Papers, 21(September 2010), 1–15. openeducationeuropa.eu/en/download/file/fid/19530
Gassler, G., Hug, T., & Glahn, C. (2004). Integrated Micro Learning - An outline of the basic method and first results. Interactive Computer Aided Learning, 1–7. http://www.ro.feri.uni-mb.si/razno/icl2004/pdf/gassler.pdf
Giurgiu, L. (2017). Microlearning an Evolving Elearning Trend. Scientific Bulletin, 22(1), 18–23. https://doi.org/10.1515/bsaft-2017-0003
Muhammadiyah Boarding School. 2017. Sambutan Kepala Sekolah. https://mbstarakan.sch.id/editorial/editorial-oleh-kepsek/
Rajkumar, R. (n.d.). TEACHING MATHEMATICAL CONCEPTS WITH E-LEARNING RESOURCES. 2017, 171–174.
Souza, M. I. F., & Amaral, S. F. do. (2014). Educational Microcontent for Mobile Learning Virtual Environments. Creative Education, 05(09), 672–681. https://doi.org/10.4236/ce.2014.59079
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Jurnal ini memberikan akses terbuka langsung dengan prinsip bahwa membuat penelitian tersedia secara bebas untuk publik mendukung pertukaran pengetahuan global yang lebih besar.
Semua artikel yang diterbitkan dapat di Akses secara Terbuka atau Gratis untuk semua orang baik untuk dibaca maupun diunduh di bawah lisensi CC-BY.
Ppenulis mempertahankan kepemilikan hak cipta untuk artikel mereka, tetapi penulis memberikan izin kepada orang lain untuk menggunakan konten publikasi di Matappa secara keseluruhan atau sebagian asalkan karya aslinya dikutip dengan benar.
Hak cipta mencakup hak eksklusif untuk mereproduksi dan menyampaikan artikel dalam semua bentuk dan media, termasuk cetak ulang, foto, mikrofilm dan reproduksi serupa lainnya, serta terjemahan. Reproduksi bagian manapun dari jurnal ini, penyimpanannya dalam basis data dan transmisi dengan bentuk atau media apa pun, seperti elektronik, salinan elektrostatik dan mekanik, fotokopi, rekaman, media magnetik.
MATAPPA is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.