Pengembangan Microcontent Untuk Pembelajaran Matematika Pada Muhammadiyah Boarding School Daarul Ilmi Tarakan

Authors

  • Jero Budi Darmayasa Universitas Borneo Tarakan, Indonesia http://orcid.org/0000-0002-7037-461X
  • Irianto Aras Universitas Borneo Tarakan, Indonesia
  • Aswar Amiruddin Universitas Borneo Tarakan, Indonesia
  • Ramli Ramli Universitas Borneo Tarakan
  • Bayu Kurniawan SMA Muhammadiyah Boarding School Darul Ilmi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31100/matappa.v5i2.1782

Keywords:

Microcontent, Microlearning, media pembelajaran

Abstract

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini dilaksanakan bersama mitra dari Sekolah Menengah Atas (SMA). Mitra pada PKM ini adalah Bayu Kurniawan, S.Pd, wali kelas Xb SMA MBS Daarul Ilmi Tarakan. Permasalahan yang memungkinkan untuk dicarikan solusinya terkait situasi dan kondisi pembelajaran matematika di kelas Xb diantaranya: 1) video pembelajaran yang kurang variatif dan masih monoton pada satu bentuk yaitu screen dan audio, 2) penilaian pembelajaran yang masih terbatas pada soal Pilihan Ganda dan Essay (belum menyentuh project dan penilaian kinerja), 3) waktu guru terlalu banyak habis dalam penyusunan video pembelajaran, 4) kedekatan (komunikasi) belum terbangun dengan baik antara mitra dengan siswa kelas Xb. Memperhatikan hal tersebut, salah satu solusi yang rencana digunakan adalah membuat Microcontent yang variatif, dikemas dalam video pembelajaran yang berkualitas dalam bentuk video. Adapun microcontent disematkan dalam google classroom atau Edpuzzle sehingga bisa memanfaatkan fitur penilaian test dan non-test (rubric penskoran) dengan mudah dan efektif. Setelah dilaksanakan kegiatan, terdapat beberapa manfaat yang diperoleh baik oleh mitra ataupun tim pelaksana, diantaranya: a) Peningkatan kemampuan mitra dalam merancang content pembelajran, b) Peningkatan kualitas media pembelajraan berupa video, c) terjalin komunikasi dan kerjasama yang bagus antara pendidik di SMA MBS Daarul Ilmi dengan tim Universitas Borneo Tarakan, d) tersebarluasnya konsep Microcontent dalam pembelajaran daring di Kaltara dan sekitarnya. 

References

Alqurashi, E. (2017). Microlearning: A pedagogical approach for technology integration. Turkish Online Journal of Educational Technology, 2017(November Special Issue IETC), 942–947.

Bruck, P. A., & Foerster, F. (2012). Mobile Learning with Micro-content : A Framework and Evaluation 1 Introduction. Turkish Online Journal of Distance Education, 527–543.

Buchem, I., & Hamelmann, H. (2010). Microlearning : a strategy for ongoing professional development Microcontent and Microlearning. ELearning Papers, 21(September 2010), 1–15. openeducationeuropa.eu/en/download/file/fid/19530

Gassler, G., Hug, T., & Glahn, C. (2004). Integrated Micro Learning - An outline of the basic method and first results. Interactive Computer Aided Learning, 1–7. http://www.ro.feri.uni-mb.si/razno/icl2004/pdf/gassler.pdf

Giurgiu, L. (2017). Microlearning an Evolving Elearning Trend. Scientific Bulletin, 22(1), 18–23. https://doi.org/10.1515/bsaft-2017-0003

Muhammadiyah Boarding School. 2017. Sambutan Kepala Sekolah. https://mbstarakan.sch.id/editorial/editorial-oleh-kepsek/

Rajkumar, R. (n.d.). TEACHING MATHEMATICAL CONCEPTS WITH E-LEARNING RESOURCES. 2017, 171–174.

Souza, M. I. F., & Amaral, S. F. do. (2014). Educational Microcontent for Mobile Learning Virtual Environments. Creative Education, 05(09), 672–681. https://doi.org/10.4236/ce.2014.59079

Downloads

Published

2022-06-02

Issue

Section

Articles

Citation Check